Jumat, 21 Maret 2014

Satu Resep Untuk Aneka Kue

Kemaren seorang teman menagih janji....
"Te kapan bikin?...tante sudah janji ngajari...!?" kata teman sekaligus tetangga saya, kami biasa memanggil didepan nama kami Tante, agar anak kami memanggil Tante juga.
"Ya sudahlah sekarang saja...bahan sudah ada kok...siap?" jawab saya...
"Iya lah, bahan isiannya kan sudah dibikin dari kapan hari, sekarang aku panasin dulu, karena masih beku.." katanya lagi.

Hihi...beberapa hari yang lalu saya janji akan mengajari teman saya ini membuat BakPao yang praktis, biasa kan, resepku pasti yang praktis-praktis, gak susah, gak ribet...

Teman saya ini sedang kangen dengan almarhum Bapaknya, ceritanya dulu waktu masih kecil sering beli bakpao isi kelapa ( unti / kalau bahasa jawa enten-enten ) bersama sang Bapak tercinta. Kalau beli dia tidak tahu dimana dan mungkin rasanya gak seperti yang dia inginkan. Kata dia sih saya ini kan resep-resepnya banyak ala Ndeso, siapa tahu nanti bakpaonya rasanya seperti yang dia inginkan. Ya sudahlah kita mulai, eeeee sebelum dimulai, saya beritahukan kepada pemirsaa semua, resep ini adalah resep AJAIB, walah bisa-bisa saja.....hehe...ya karena resep ini bisa untuk Bakpao, Donut, Donut Rogurt, Pizza, dan Roti isi / Roti Unyil. Hanya beda prosesnya saja.

Bakpao

Donut

Donut rogurt

Pizza

Roti isi atau roti unyil ( semua gambar ilustrasi pinjam dr google )

Bahan :

  • 1 kg Tepung Terigu protein tinggi
  • 4 btr Telur Ayam
  • 1 bks Saft Instans / Fermipan
  • 4 sdm Susu bubuk putih (saya memakai susu Dancow )
  • 2 gelas Air ( gelas uk. kurang lebih 180 ml )
  • 100 gr Shortening / Mentega putih (bila untuk donut saya ganti margarin)
  • 150 gr Gula pasir
  • 2 jumput Garam

Cara memasak :
  1. Campur bahan kering, yaitu tepung terigu, saft instans / fermipan, susu, gulaa, garam. aduk rata sisihkan.
  2. Campur bahan basah, yaitu telur, air, dan shortening, aduk rata ( asal rata saja ), kemudian masukkan bahan kering uleni sampai kalis ( tidak lengket ditangan ), bentuk bulat besar. Istirahatkan selama kurang lebih 15 menit - 30 menit.
  3. Setealah diistirahatkan, bentuk bulat- bulat, pipihkan, isi dengan isian ( suka-suka isinya, bisa seperti teman saya tadi atau bisa juga dengan isian yang lain ), bulatkan lagi,alasi bawahnya dengan daun atau kertas roti, ulangi sampai habis. Istirahatkan lagi kurang lebih 15 menit.
  4. Kukus 10 menit saja (jangan lupa dandang pengukus harus dalam keadaan airnya sudah mendidih dan tutup dandang dibungkus dengan lap / kain agar air tidak mengenai adonan )
  5. Angkat , sajikan hangat -hangat.

Resep ini apabila untuk roti isi / roti unyil, prosesnya hanya sampai no. 2 saja, proses selanjutnya :
Bentuk bulat-bulat adonan, isi dengan bahan isi, biasanya bisa selai, coklat, pisang, sosis, keju atau yang lainya, kemudian bulatkan lagi, olesi dengan campuran susu cair dan kuning telur yang sudah diaduk sebelumnya, kemudian oven selama 10-15 menit dengan suhu 200 derajat celcius. Angkat sajikan.

Untuk Kulit pizza, juga sampai proses no 2, kemudian ambil secukupnya adonan bentuk bulat, kemudian pipihkan diloyang, membentuk lingkaran tipis adonanya, beri topping, Oven selama 10-15 menit seperti roti isi. Atau bisa juga mengunakan wajan teflon seperti resep saya terdahulu disini. Angkat dan sajikan.  

Untuk Donut, biasanya shorteningnya saya ganti margarin karena cenderung lebih gurih rasanya. Prosesnya sama sampai no. 2, kemudian bentuk bulat-bulat, lubangi, biarkan 10-15 menit, goreng dengan minyak banyak dan panas dengan api sedang. Angkat, dinginkan, beri topping sesuai selera, sajikan.
Jika menginginkan donut kentang, kurangi tepung kurang lebih 200 gr, dan ganti dengan kentang kukus yang sudah dihaluskan dengan ukuran yang sama pula.

Untuk Donut yang berisi rogurt, sama dengan donut, shortening saya ganti dengan margarin, proses sampai no.2, kemudian bentuk bulat-bulat isi dengan rogurt ( bisa memakai resep isian resoles disini, tetapi tepung untuk pengentalnya saya kurangi ), bulatkan kembali, celupkan dalam air yang sudah dipersiapkan dalam mangkuk, gulingkan diatas tepung panir, sisihkan, istirahatkan selama 10-15 menit, goreng dengan minyak panas dan banyak dengan api sedang. Angkat dan sajikan.
Disini saya mengunakan air untuk pencelupnya bukan putih telur, karena dengan memakai air rasanya lebih enak dan empuk, sedang memakai putih telur cenderung agak alot dan ada rasa getirnya.

Bagaimana mudah, praktis dan cepat kan?...satu adonan bisa untuk membuat 40-45 bakpao / roti / donut dengan ukuran sedang lho. Nah dengan satu resep ini anda bisa membuat aneka kue  tersebut kan?....

Dan akhirnyaa teman saya bisa tersenyum bahagia, dengan terharu dia memakan Bakpao tersebut, katanya "Rasanya persis seperti bakpao yang aku makan dulu, makan ini rasanya seperti diajak jalan-jalan Bapakku seperti waktu kecil te..." Duh senengnya hati saya mendengarnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat....

Barrakallahufikum..




4 komentar:

  1. gmbarnya mestinya motret hasil punya sndiri aja, biar tahu bentuknya kyk gimana???

    #kaburrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentuknya sih sm sj Mas....berhub lagi gak bkin tapi ingin posting ya pinjem sj dl...bkin bakpaonya sdh kmrn dirmh teman, jg g kepikiran motret segala....hehe...thx kritikannya....

      Hapus
  2. Naaahh ini niih.... resep komplit.hemat serbaguna dan simple kesukaan saya... kapan2 eksekusi ya... pengen bikin roti unyil isi sosis xixixi makasih mak irowati... kangeeeen bgt bw. Ditinggal mudil seminggu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dieksekusi mak tina....wah senengnya mudik...oleh2nya mana..? hihi ngarep...

      Hapus