Jumat, 25 April 2014

Tutorial Membuat Dompet Tempat Pensil

Ketemu lagi kita pemirsa....dengan saya, pemilik blog gado-gado, kali ini saya akan memberikan tutorial membuat dompet untuk tempat pensil.....xixixi...seperti host di tv saja. Tidak usah berpanjang-panjang, yuk mari kita mulai...

Bahan dan alat :
Kain flanel / Kain biasa ( kain percapun bisa, yang penting kain ya bukan daun...xixixi )
Kain furring ( kain yang tipis )
Benang dan jarum
Dacron / kapas
Resleting uk. disesuaikan dengan uk dompet

Caranya :

potong kain flanel uk.20 x 25 cm dan kain furring uk. 20 x 24 cm
letakkan resleting dg posisi menelungkup ( berhadapan dengan kain flanel)
letakkan kain furring diatasnya, beri jarum pentul agar tidak berubah letak,
kemudian jahit ditempat yg saya beri tanda merah ( boleh dengan mesin jahit / dg tangan )
seperti ini hasil jahitannya....

Bila dibuka seperti ini, 
kemudian lipat pinggiran kain flanel dan kain furring menempel pinggiran resleting yang
belum dijahit ( berhadap-hadapan, posisi resleting ditengah )...dibantu dg jarum pentul...
setelah dijahit, bila direntangkan akan terlihat seperti ini...
setelah dibalik akan terlihat seperti ini...
rapikan kain flanel dan furing, beri jarum pentul agar tidak bergeser,
tindas dg jahitan di pinggir yg sy beri tanda garis kuning....
jika kedua sisi sudah dijahit akan tampak rapi seperti ini...
balik dompet kemudian atur  dan rapikan posisi resleting seperti ini...
Dijahit seperti ini...

potong pinggirnya agar rapi....

tampak seperti ini

jahit dengan tusuk feston agar rapi dan tidak terburai
jadi rapi kan....lakukan hal sama disisi satunya ya...
balik dan taraaa... jadi kan tinggal tambah hiasan saja...

kebetulan ini pesanan yang minta diberi nama, jadi saya gunting dulu
kain flanel berbentuk huruf dan pola strawberry plus dacron utk isi agar tampak timbul
tempel dan jahit pola huruf dengan tusuk feston, masukkan dacron sedikit, jahit berputar sp melekat semua...
bila kesulitan ya dilem saja gak apa-apa...dibawa mudah saja....ok???
nah seperti ini jadinya pemirsa...tinggal kelopak buahnya ya...

dijahit dengan tusuk daun, seperti ini...

beri totol -totol pada buahnya dan taraaaaa....
lucuuuu kan...pasti anak-anak suka.....

kalau yang saya buat dari kain seperti ini pemirsa....cantik ya...
caranya sama, cuma diberi kain busa saja......

Nah bagaimana pemirsa gampang bin mudah kan....Selamat mencoba

Semoga bermanfaat...

Barrallahufikum...


25 komentar:

  1. Kapan ya bisa belajar njahit lagi he he, sudah lama sekali deh nggak megang jarum benang apalagi mesin

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah yuk dimulai lg....semangat nge-craft!....hehe...

      Hapus
    2. Kan udh lama nih ga jahit, gimana klo ngerjain jahitan gua aja

      Hapus
  2. rajiiin dan telateen...makasih mak tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mak Ida...semoga manfaat...

      Hapus
  3. cantik banget hasilnya, mak. jadi pengen bikin. di rumah ada sisa flanel, tapi dakronnya abis. huhu :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. dacronya diganti kapas saja gpp Mbak Ila....sama sj kok....selamat mencoba ya...

      Hapus
  4. di rumah gak ada mesin jahit mk, kayaknya main tusuk balik aja ya ...
    Kbetulan ini Cici, anak say sdg ingin bikin anek kerajinan dari bahan bekas. Meski yang ini bukan dari bahan ekas, tapi bisa dicoba. Makasih ya, mbak Irowati

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ani...bisa pakai tusuk balik...tempat pensil yg bawah itu dari kain perca lo...sama2 mbak...

      Hapus
  5. Resmi sudah blog ini aku bookmark. Abisnya tutorialnya keren-keren. Ceritanya aku lagi belajar ngecraft nih, Mak. Hehehehe... TFS, Mak. Postinganmu selalu kunanti. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah klo suka mak Nia...sp ketemu lg dipostingan berikutnya...terimakasih jg sdh sering mampir kesni...

      Hapus
  6. Manis banget hasilany, Mba.
    Boleh dong kirim satu buat saya. Kan saya gak punya mesin jahit. Hahahah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh sj asal mau ke rmh saya...hihi....dijahit pkai tangan saja bisa kok...dibikin enak sj...hehe

      Hapus
  7. cantikkk,,coba bikin ini juga ah..makasih ya mak iro :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Dwi...semoga sukses ya...

      Hapus
  8. Senangnya membaca blog ini sehingga meningkatkan daya kreatifitas..

    BalasHapus
  9. mampir ke blog saya yaa..jual kotak pensil kain flanel >.<

    BalasHapus
  10. Saya punya kain perca sisa bahan sprei, katun lokal berkualitas. Bila berminat hubungi saya. Gratis.

    BalasHapus
  11. Makasih ilmunya berguna banget nih hehe
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com yaa

    BalasHapus
  12. bagus banget mbakkkk.... mau buat juga ahhh kreatif banget ^^

    Sukabumi|| Solo ||Malang

    BalasHapus
  13. wahhh kereenn. sangat kreatif..
    terima kasih untuk infonya, kunjungi juga www.smartkiosku.com yaa

    BalasHapus
  14. wahh keren sekali Kerajinan dompet nya, sangat kreatif

    BalasHapus
  15. Baru mau belajar jahit menjahit...makasih sekali informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. Baru mau belajar jahit menjahit...makasih sekali informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus