Senin, 11 November 2013

Resoles Mak Nyuss...


Kali ini akan aku bagi resep kreasiku yang menjadi  favorit para pelanggan dan para saudara - saudaraku..
Katanya Luar Mak Kress...dalam Mak Nyusss...dan ketika si cabe rawit ikut jadi Mak Nyoss...








Langsung  kita mulai ....

Bahan kulit :
  • 250 gr Tepung terigu ( yang biasa saja gpp...yang penting diayak dulu )
  • 2 btr Telur
  • 2 gelas Air 
  • 2-3 sdm Susu kental manis putih
  • 2 jumput garam
  • Minyak untuk olesan wajan
Bahan isi :
  • 100 gr Ayam filet ( rebus dan suwir - suwir )
  • 2 bh Wortel ukuran besar potong dadu kecil - kecil
  • 3 siung Bawang putih cincang halus
  • 3 siung Bawang merah cincang halus
  • 1 sdm Merica bubuk
  • Garam dan gula secukupnya ( diseimbangkan antara manis dan asinnya )
  • 1/2 gelas Air
  • 3- 4 sdm tepung terigu
  • Minyak untuk menumis secukupnya 
Bahan pelapis I:
  • 3 btr Telur kocok biasa
  • 1-1,5 sdm Tepung terigu
  • 2-3 sdm Air untuk mencairkan tepung terigu
  • 3 jumput garam
Bahan pelapis II :
  • 250 gr Tepung Pangko ( tepung Nugged )
  • 50 gr Tepung Panir 
Bahan Pelengkap :
  • Minyak untuk mengoreng Resoles
  • Cabe rawit hijau untuk pelengkap
Cara memasak isi :
  1. Tumis Bawang putih, bawang merah sampai harum, masukkan lada, kemudian wortel, aduk sampai wortel berubah warna lebih cerah, masukkan ayam, garam dan gula..
  2. Kemudian tuang air, biarkan sampai wortel matang ( jangan terlalu matang karena rasanya kurang enak dan vitaminnya tentunya sudah berkurang, tanda kalau sayur terlalu matang akan tercium dari bau masakan yang berbau langu )
  3. Aduk sampai rata...terakhir taburi dengan tepung terigu sampai bahan isi menjadi mengumpal...bila dirasa terlalu kering bila ditambah air sedikit dan sebaliknya bila terlalu lembek bisa ditaburi tepung terigu sedikit lagi. Kemudian angkat dinginkan
Cara membuat kulit :
  1. Kocok telur sampai rata ( kocok biasa ) tambahkan air, susu, garam aduk rata
  2. Masukkan tepung terigu sampai tidak berbintil ( bila ingin cepat saring saja ), bila adonan dirasa terlalu kental bisa ditambahkan air sedikit saja.
  3. Panaskan wajan teflon diameter 20cm, olesi sedikit minyak dengan kuah...tuangkan 2 sendok sayur adonan kulit...sampai melebar seperti membuat telur dadar.
  4. bila adonan telah berubah warna berarti adonan sudah matang, tuang dipiring isi dengan 1 sendok adonan...lipat dan gulung...begitu seterusnya sampai adonan habis  
Adonan pelapis I :
Campur air, garam, dan terigu sampai rata, masukkan telur aduk lagi sampai rata.

Adonan pelapis II :
Campur kedua tepung sampai rata.

Finishing :
  1. Ambil satu resoles yang sudah digulung masukkan dalam pelapis I kemudia pelapis II. sisihkan, begitu ulangi sampai habis
  2. Panaskan minyak dengan api besar, bila sudah panas masukkan Resoles, bolak balik sampai berwarna kuning keemasan
  3. Sajikan dengan Cabe rawit hijau nan pedasss.
Note :
  • 1 resep bisa menjadi 15 - 20 buah resoles
  • Pemakaian tepung terigu sebagai bahan campuran isi akan lebih mengharumkan aroma adonan dan adonan tidak mudah basi
  • Resoles ini bisa bertahan sehari semalam tanpa dimasukkan dalam kulkas dalam kondisi sudah digoreng
  • Apabila ingin digoreng untuk besok masukkan saja dalam lemari es / kulkas jangan di fresher..bisa bertahan sampai 1 minggu didalam kulkas.
Selamat mencoba, Semoga sukses dan bermanfaat...

Barrakallahufikum...

10 komentar:

  1. ibu saya dulu sering dapet pesanan bikin risoles,jadinya sekarang saya juga sering buat risoles.enak,apalagi kalo dingin2...heummm,maknyussss tenan ^^

    BalasHapus
  2. iya mak...dingin2 pasti laper....jd enak u ngemil...trims dah ngincip ( liat resepnya doang hihi...)

    BalasHapus
  3. Pengen deh nyobain bikin risoles, tp suka males duluan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mak dicoba bkin...pasti ketagihan...hehe...makasih dah mo incip2...( gambarnya doang hihi )

      Hapus
  4. Balasan
    1. yaps...bener sekali...thanks dah mampir

      Hapus
  5. maknyuuuuss.....bikin ngiler nih ;) enak ya yg pinter masak gini hihihii... aku dadah2 sama kamera aja deh :D

    BalasHapus
  6. Wah, aku doyan bangeeettt ini mak :) Tapi gak bisa buat sendiri, paling beli :p Lumayan sekarang harga satuannya minimal 1000, yang enak malah bisa sampe 3000 an.. Lumayan mahal ya, kalau bisa bikin kaya mak gini pasti jauh lebih hemat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mak Arifah...hemat banget....satu resep bisa jadi 15-20 resoles, itupun dah ukuran besar....hihi

      Hapus