Rabu, 05 Agustus 2015

Bobonkar, Si Manis Yang Gurih


Jika membuat kue ini, saya pasti terkenang akan Ibu mertua saya. Karena beliau sangat menyukai abon, selain penyuka abon, beliau juga suka banget dengan kue bolu mekar manis buatan saya, yang resepnya bisa dilihat disini

Nah, karena beliau suka dua-duanya, saya akhirnya menggabungkan keduanya, kalau biasanya bolu mekar manisnya saya isi meisis maka saya ganti dengan abon. Ukuran gulanya saya ubah agar rasa manis dan gurihnya seimbang. 

Dan hasilnya... hemmm nyummy..., kata almarhumah ibu mertua saya waktu itu, " Enak jeng, manis gurih... jeng ini memang bisaaa saja... Ibu suka.." . Alhamdulillah... seneng banget dipuji Ibu mertua... qiqiqi

Bobonkar "Bolu Abon Mekar"

Bahan-bahan yang kita butuhkan sangat mudah didapat, dan pengerjaannya sangat cepat, kurang lebih 1 jam sudah selesai. Karena waktu pengukusannya hanya 10 menit saja, dan yang lebih menyenangkan 1 resep kue ini bisa menjadi 25-30 buah kue. Hemmm bisa untuk dimakan rame-rame kan...

Bisa dinikmati bersama keluarga besar ^_^

Nah yuks kita mulai...

Bahan - bahan :

  • 300 gr Tepung terigu protein rendah 
  • 250 gr Gula Pasir
  • 3 btr Telur
  • 1 sachet Susu bubuk ( 3 sdm makan susu bubuk )
  • 200 ml Sprite ( jangan yang dingin yaa... yang suhu ruang saja )
  • 1 sdm SP 
  • 100 gr Abon ( secukupnya )

Cara memasak :

  1. Masukkan gula, telur, SP, susu bubuk, tepung dan terakhir sprite dalam wadah ( mangkok besar ) 
    Campur semuaa bahan menjadi satu
  2. Mixer dengan kecepatan tinggi sampai adonan mengembang kurang lebih 10 menit ( tandanya adonan tampak putih, halus dan apabila di ambil dengan jari telunjuk, adonan tidak jatuh )
    Adonan yang mengembang tandanya tidak jatuh bila diambil dengan jari
  3. Isi cetakan dengan adonan setinggi 3/4 cetakan bolu mekar yang sudah dilapisi kertas roti ( cetakannya berlubang-lubang ) 
    Bentuk cetakannya seperti ini, mumer kok kurleb 5rb dapat selusin, ada jg yg alumunium tp lebih mahal
  4. Taburi abon kurang lebih 1 sendok makan ( sesuai selera )
    isi dengan abon sesuai selera lalu tutup lagi dengan adonan sampai agak penuh ( lupa gak difoto )
  5. Tutup dengan adonan lagi sampai cup agak penuh.
  6. Kukus 10 menit saja dalam panci pengukus ( dandang ) yang sudah mendidih airnya.
  7. Angkat dan sajikan.

Penting :
  • Saat mengukus, pastikan air dalam panci pengukus sudah mendidih ( tandanya asap sudah banyak keluar dari dandang )
  • Bungkus tutup dandang dengan serbet/kain bersih agar uap air tidak jatuh dalam adonan, ini bisa menyebabkan kue basah bahkan tidak mekar.
  • Waktu mengukus hanya 10 menit saja, agar kue tidak terlalu kenyal dan matang sempurna.
  • Pastikan wadah untuk mengaduk adonan, kering dan tidak berminyak, karena bila masih terdapat air / minyak kue bisa menjadi bantat.
  • Pilih abon yang kering dan tidak mengandung minyak. 

Semoga PakDhe dan Budhe juga para pembaca menyukainya,  seperti halnya  almarhumah Ibu Mertua saya... Barrakallahufikum












40 komentar:

  1. waah... inovasi niih, bolu kukusnya pake abon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak... hayuk dicoba ... gurih gurih manis... yummi..

      Hapus
  2. wah,kreatif banget mbak hehehe...saya penyuka abon dan roti yang ada abonnya,enak aja,gurih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk di coba bkin mba Hanna... gurih manis... nom nom.. hihi

      Hapus
  3. sepertinya enak sekali ini mak..aku incip donk mak iro :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk mampir ke Sidoarjo mba Dwi... mumpung masih sepiring nih...hehe

      Hapus
  4. Balasan
    1. Abon memang enak ya mak... dari anak-anak sampai aki-aki insyaallah suka... hihi

      Hapus
  5. Wiiiih mba Iro emang kreatif dalam segala hal. Salut deh, nyontek resepnya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mba... semoga bermanfaat

      Hapus
  6. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam GA Mini: Sepotong Kue Untuk Pakde
    Segera dicatat sebagai peserta
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  7. Kenapa aku merasa dah lama banget nggak pernah mampir ke sini ya? Pa kabar? Asyik nih resepnya..keknya gampang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak... sy beberapa bulan ini jg gak posting... apalagi bw..
      Insyaallah gampang mak... silahkan dicoba yaa..

      Hapus
  8. Balasan
    1. Sdh lama sih mak resepnya ... tp br diposting skrg.....

      Hapus
  9. Wah, tampak enak, simple, cocok buat semua usia

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba... dr anak2 sp aki2...hihi

      Hapus
  10. Bolu kukusnya pakai abon jadinya yah.

    Inovasi nih

    BalasHapus
  11. Mbaa.. Resep yg ga pake mixer adakah? *balada ga punya mixer*

    BalasHapus
    Balasan
    1. donat, kue mangkok kan g pkai mixer mba... ada kok resepnya... ubek2 sj blog ini di label dapurku... hehe

      Hapus
  12. Resepnya gampang sepertinya, mari kita cobaaa

    BalasHapus
  13. Keren namanya. Kapan2 mau nyoba, ah.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. qiqi... makasih mba... silahkan dicoba...

      Hapus
  14. nadia paling suka bolu kukus .. yg ini juga pasti suka deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuks dibuatin mak... mudah kok.. :-)

      Hapus
  15. kalau aku selalu gatot bikin bolkus. lihat resep ini, jadi pengen nyoba lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mmg gampang susah bkin bolu spt ini, yg penting sp nya bagus, jgn kena minyak & air insyaallah jd mba..

      Hapus
  16. aku mau bikin ah kpn kapaan, bolu kukus tu harum ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. harum susu mak... kr g pkai vanili...

      Hapus
  17. Ada gurihnya jadi lebih mantab ya mak. Kapan2 kalau ada acara bikin begini aja biar ga bosen sama bolu kukus yang itu aja :).

    BalasHapus
  18. waaahh, belum pernah nyicipin yg pake abon
    rasanya pasti unik ya :)

    BalasHapus
  19. Boleh juga neh... ada abonnya.
    Bolu Abon Mekar :)

    BalasHapus