Jumat, 07 Maret 2014

Bolu Kukus Serba "3"

Pagi yang cerah, kicauan burung riuh di atas pohon yang tumbuh dijalan depan rumah....sekali-kali hinggap dipagar teras atas sambil terus berdendang nyanyian. Matahari bersinar dengan hangat hari ini, alampun cerah.....Jadi terbayang-bayang wajah anak gadisku...Biasanya kalau jam-jam begini, dia meminta dibuatkan makanan kecil atau apalah. Dan dia suka banget dengan Bolu Kukus buatanku. Katanya lembut dan Mak nyuss...ya iyalah kan membuatnya dengan "Cinta"...hehe...

Bolu kukusnya aku beri nama "Bolu Kukus Serba "3".....lah kok aneh namanya?...Angka "3" karena semua bahan nyaris mengunakan ukuran dengan angka "3".....Seperti apa sih.?...yuk yuk segera dieksekusi..

Bolunya aku kasih misis jadi polkadot gitu hihi

Bahan :

  • 300 gr Tepung terigu
  • 300 gr Gula pasir
  • 3 btr Telur
  • 3 sdm Susu bubuk putih ( karena anakku suka coklat, jadi saya ganti dengan susu bubuk coklat/ovaltine )
  • 3 sdt SP ( sama dg 1 sdm agk munjung )
  • 1 btl Sprite uk 200/250 ml ( pernah aku coba memakai 300ml, tapi adonan menjadi keenceran, hehe maunya serba 3 semua )
  • Coklat meises secukupnya.

Cara membuat :

  1. Masukkan semua bahan kecuali Coklat meises, blender dengan kecepatan tinggi kurang lebih 10 menit atau sampai adonan mengembang sempurna ( bila dicolek dengan tangan adonan lengket dan tidak menetes )
  2. Panaskan dandang yang sudah diisi air.
  3. Sambil menunggu air dalam dandang mendidih ( keluar asap yang banyak ), siapkan cetakan bolu kukus, lapisi kertas cup.
  4. Ambil adonan dalam mangkok tuang coklat meises aduk- aduk, tuang dalam cetakan yang sudah dilapisi kertas cup sampai penuh, ulangi sampai adonan habis.
  5. Bila dandang sudah panas, masukkan cetakan yang sudah berisi adonan, kukus selama kurang lebih 10 menit ( ingat tutup dandang harus dibungkus dengan kain, agar airnya tidak jatuh dalam adonan, sehingga Bolu bisa mekar sempurna.)
  6. Bila sudah sepuluh menit angkat Bolu, dan sajikan.


Untuk variasi warna bisa disesuaikan dengan selera, karena anakku suka banget yang polkadot/ bintik bintik coklat jadi aku memakai coklat meisis, tapi bila anda ingin yang berwarna-warni ya silahkan boleh-boleh saja. Tetapi susu bubuknya diganti susu bubuk putih ya, jadi bila adonan diberi warna apa saja bisa. Susu bubuk disini berfungsi untuk menghilangkan bau amis telur dan membuat tekstur bolu lebih lembut.


Nah mudah, cepat dan praktis kan? dan insyaallah dijamin pasti jadi deh Bolunya. selama semua bahan benar timbangannya dan tidak dalam keadaan dingin ( keluar dari lemari es).


Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat..

Barrakallahufikum...







23 komentar:

  1. Asyik nemu resep baru n sepertinya mudah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak...mudah buanget kok...semoga berhasil ya...selamat mencoba...

      Hapus
  2. Aku kalo coba pake spite kok hasilnya ngga maksimal malah ya Mak. Lebih bagus pake susu cair. Resep ini keknya menarik banget utk dicoba. Harus dieksekusi secepatnya nih, makasih ya Mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mgkn spritenya kebayakan mak...hayo mak cpt dieksekusi...sama2 mak...

      Hapus
  3. mauuuuuuuuu,,,sluurpptttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo mak Hanna buat utk kakang Arjunanya....hehe...

      Hapus
  4. besok nyoba aahhh... Makasih mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan....Sama2 mbak Wening...

      Hapus
  5. Duuuh bahannya praktis nih mak,,, kapan2 coba aaah,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mak tina... praktis banget...silahkana dieksekusi mak tina....

      Hapus
  6. Ternyata gampang tenan ya mbak,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mbak Nunu...gampal polll....hehe...

      Hapus
  7. Balasan
    1. Monggo mbak Ani...resep ini hasil dr kegatotan sy, dpt resep dr bbrp teman tp sring gatot alias gagal total...akhirnya sy gabung2kan agr bs sepraktis mgkn & kegagalannya mendekati 0%...hehe...

      Hapus
  8. Wah, praktis banget...mudah2an segera berkumpul lagi dengan anak gadisnya ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...Amiin....kumpulnya insyaallah msh 3 th lagi...krn msh sekul di Pesantren mbak...makasih sdh mampir ya...

      Hapus
  9. Salam kenal mba :)
    pertamanya berkunjung ke sini
    anak saya seneng banget bolu kukus.
    coba-coba ah resepnya, simple banget bahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jg mbak....Silahkan dicoba mbak, g ribet jg kok...anak sy jg suka bgt....terimakasih sdh berkunjung...

      Hapus
  10. wah, mau dong bolunya hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh...silahkan...hehe...tp resepnya sj ya....

      Hapus