Jumat, 10 Juli 2015

Tips Agar Bisa Bersabar Dalam Ujian Dan Cobaan


Beberapa waktu lalu waktu saya taklim, Ustadz membahas tentang sabar dan kebaikan yang diperoleh oleh orang yang sabar. Hal itu sangat berkesan untuk saya, semua kajian berkesan sih, tapi mungkin pas saja momentnya dengan hati saya malam itu jadi terasa lebih berkesan. 

Walaupun sering sekali dibahas tentang bab sabar, akan tetapi sebagai manusia kita sering lupa, mungkin malah banyak lupanya kan daripada ingatnya. Untuk itu gunanya kita mengkaji ilmu agama lewat pengajian di majelis taklim. Sehingga tidak sering lupa dan "ngelupa"... hihi.

Setiap manusia pasti mengalami yang namanya fase di uji atau diberi sedikit cobaan, tapi banyak dari mereka yang sering mengeluh dan tidak lulus dalam bersabar menghadapi ujian tersebut. Padahal orang-orang yang sabar sangar dicintai oleh Allah dan Allah akan selalu bersamanya. 

Tapi namanya manusia yang tidak bisa lepas dari bisikan-bisikan syetan yang menyuruhnya untuk mengeluh dan marah, maka sering sekali banyak yang gagal dalam hal ujian satu ini.

Akan tetapi jangan berputus asa asalkan kita mau menguatkan iman, menyerahkan semuanya kepada Allah dan mengingat bagaimana besar manfaat / kebaikan yang bisa kita peroleh dari bersabar, maka insyaallah kita akan bisa menjalani semua ujian dengan sabar dan ikhlas. Karena sesugguhnya sabar adalah merupakan perintah dari Allah, sebagaimana Firman-Nya sebagai berikut :

"Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu." ( Ali Imran : 200 )

Ada beberapa beberapa tips bagaimana cara agar kita bersabar yang bisa saya sampaikan berdasarkan kajian ilmu yang saya dapat, yaitu :

Meyakini bahwa yang terjadi adalah kehendak dari Allah Ta'ala, dan sudah dituliskan oleh-Nya, semenjak 50.000 tahun sebelum seluruh alam ini diciptakan. 
"Dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Allah telah menulis seluruh takdir seluruh makhluk sejak 50.000 tahun sebelum Allah menciptakan langit dan bumi" ( HR. Muslim dan At-Tirmidzi ) 

Nah bila memang semua sudah ditetapkan seperti itu mengapa kita harus marah dan susah hati ?. karena Allah telah menetapkan semuanya dalam ukuran yang sesuai tidak kurang tidak lebih.

"Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran" ( Qs. Al-Qomar ;49 ) 
"Dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya." ( QS. Al-Furqon : 2 )  
"Dan tidak ada sesuatupun melainkan pada sisi Kami-lah khazanahnya, dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran tertentu." ( Qs. Al-Hijr : 21 )

Menyakini bahwa setiap apa yang menimpa kita adalah ujian karena Allah menyayangi dan menginginkan kebaikan untuk kita, sebagaimana hadist berikut : 

"Dari Anas Radhiallahu'anhu, dia berkata bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Apabila Allah menghendaki kebaikan pada seorang hamba-Nya, Dia menyegerakan hukuman untuknya di dunia. Dan apabila Allah menghendaki keburukan Dia menahannya darinya (hukuman) karena dosanya hingga dia menunaikannya pada hari kiamat" 
"Dari Abu Hurairah Radhiallahu'anhu, dia berkata :"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : Bala itu selalu ada pada orang mukmin dan mukminah dalam dirinya, anaknya dan hartanya, hingga dia bertemu dengan Allah Ta'ala tanpa membawa dosa." ( HR. At-Tirmidzi )

Jadi ingatlah bahwa itu semua musibah / cobaan / ujian atau apapun itu namanya yang menimpa kita, itu semua karena Allah mengharap kebaikan untuk kita, entah itu untuk mengingatkan kita akan kesalahan kita ataupun menghapuskan dan mengugurkan dosa-dosa yang telah kita perbuat, sehingga kelak saat kita menghadap-Nya, kita dalam keadaan bersih tanpa membawa dosa, insyaallaah. Bukankah itu adalah impian setiap manusia ?

Menyakini bahwa setiap kesabaran mendapatkan kemuliaan dan tempat yang terbaik dari Allah. 

Dari Mu'adz Ibn Anas Radhiallahu'anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Barangsiapa meredam amarah padahal dia mampu melampiaskannya, maka Allah memanggilnya di hadapan para makhluk di hari kiamat, Dia menyuruhnya memilih dari para bidadari apa yang dia kehendaki." ( HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi )

Allah berfirman :

"Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwaa dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar." (Al-Baqarah :155) 
"Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas." ( Az-Zumar :10 ) 
"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." ( Al-Baqarah :153 )

Masyaallah,  jika kita mau bersabar kemuliaan dari Allah yang kita dapat sungguh tidak terkira hingga tanpa batas. Tentu sangat luar biasa bukan bila pahala ang kita dapat itu TANPA BATAS karena kesabaran kita ?.

Allah Maha Baik dan Adil, setiap apa yang menimpa kita dan bagaimana kita menyingkapinya Allah juga akan memperhitungkannya. Sungguh tidak ada yang sia-sia.

" Dan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Sesungguhnya besarnya balasan ( pahala ) ikut pada besarnya bala ( cobaan ). Dan sesungguhnya Alla Ta'ala, apabila Dia mencintai satu kaum pasti Dia menguji mereka, maka barang siapa ridho, baginya adalah ridho Allah, dan barang siapa murka baginyaa adalah murka Allah." ( HR. At-Tirmidzi )

Jadi akankah kita akan terus menerus bermuram durja, mengeluh tanpa henti saat kita di uji ?, tidakkah kita mau bersabar dan tetap menjalani kehidupan ini dengan hati yang lapang ?, itu terserah anda dan pilihan anda.

Sebenarnya sangat banyak ayat-ayat Allah dan hadist - hadist yang menjelaskan tentang bab sabar, akan tetapi hanya ini yang bisa saya tuliskan dari kajian ilmu yang saya dapat, wallahu'allam bi shawab.

Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum...



















7 komentar:

  1. TFS mak, jadi pengingat buat diriku ini..

    BalasHapus
  2. Ujian sudah sesuai ukuran ya, Mbak. :)

    BalasHapus
  3. your article is this very helpful thanks for sharing...:)

    BalasHapus
  4. ujian sebagai pengingat dan semoga kita selalu sabar dalam menghadapi ujian ya mbak :)

    BalasHapus
  5. ini nich artikel yang bisa buat pelajaran kita semua.. makasih gan..

    BalasHapus