Jumat, 18 Juli 2014

Bola - Bola Singkong Warna Warni

Rencana semua ingin membuat singkong keju, resepnya bisa dilihat disini, tapi aku lihat singkongnya kurang bagus kalau digoreng, jadi singkongnya aku parut saja. Teringat dengan kue jajanan dari singkong beberapa tahun lalu yang pernah aku jual dan banyak yang suka.

Maka jadi kangen dengan rasanya, dan dengan tenaga yang tersisa ( lebay.com ), aku parut deh si singkong...srik srik srik dan di proses tang klontang klonteng .... ( wah kucing didapur kali itu ya ...hihi )...dan jadilah 2 jenis jajanan yang cocok untuk berbuka denga bahan yang sama tapi dengan tampilan berbeda....

bola-bola singkong yang diberi kuah santan... hemmm
bola-bola singkong yang di beri kelapa parut.....nyam nyam..
Bahan :

  • 1 kg Singkong , kupas, cuci dan parut.
  • 150-200 gr Gula ( sesuai selera )
  • 1 sdt garam
  • Pewarna kuning, merah dan hijau secukupnya
  • Air untuk merebus


Bahan tambahan :

  • 1/4 bh Kelapa muda ( biasa yang untuk urap ) parut memanjang
  • 1 sachet Santan instan 
  • 50 gr Gula 
  • 1 helai daun pandan
  • 1,5 gelas Air
  • 1 sdm tepung maizena / tepung beras ( sesuai selera )


Cara memasak :

  1. Peras sedikit - sedikit parutan singkong sampai airnya keluar, buang airnya.
  2. Campur dengan gula dan garam, aduk rata
  3. Bagi adonan parutan singkong menjadi 3, beri masing-masing pewarna merah, hijau dan kuning sisihkan
  4. Masak air sebanyak setengah lebih isi panci, didihkan.
  5. Setelah air mendidih, ambil sedikit adonan bulat kecil kecil ( sesuai selera ), masukkan dalam panci satu persatu, bila sudah mengapung tanda sudah matang, angkat dan tiriskan.

nah seperti ini bila sudah matang....cantikkk

Kuah santan :

  1. Masak air, tambahkan gula, daun pandan dan santan instant
  2. Bila sudah mendidih masukkan tepung maizena / tepung beras yang sudah dicampur air sedikit 
  3. Aduk sampai mendidih dan kental, angkat. 

Penyajian :

  • Untuk sate bola-bola singkong  : campur dengan parutan kelapa, kemudian ditusuk satu persatu dengan tusuk sate yang sudah dicuci sebelumnya. ( jangan lupa potong bagian lancip tusuk satennya agar tidak membahayakan stabilitas keamanan proses memakannya... hihi )
  • Untuk bola-bola singkong berkuah : masukkan beberapa bola-bola didalam mangkok, siram dengan santan dan siap dihidangkan, boleh ditambah es batu atau dimakan hangat-hangat.
Nah mudah bukan..? cocok sekali untuk menu buka puasa....yuks bikin, murah meriah dan sedappp...

Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum...

18 komentar:

  1. warnanya ciamik banget, Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak Novia...biar menarik...tapi aman kok, krn pkai pewarna makanan...silahkan dicoba... hehe

      Hapus
  2. aku suka banget sama bola2 singkong apalagi ini warna warninya menggoda banget, ternyata ga susah2 amat ya buatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas...dah warnanya menggoda rasanya mak nyus, bikinnya gampang... jd klop...hehe...
      Terimakasih kunjungannya...

      Hapus
  3. mau yang tabur kelapa paruttt ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak mbak kenyel kenyel empuk dan manis...

      Hapus
  4. enak tuh ,,,,
    dh pinter bikin kerajinan ...
    pinter pula bikin aneka makanan ,,,hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...dari belajar mas...
      Terimakasih pujiannya bikin mbak pegangin kepala nih...

      Hapus
    2. hehehe, kepalanya mw copot tah mba dipegangin ? :)

      Hapus
    3. Kegedean kepala mas..kr dipuji...hehe

      Hapus
  5. Kayanya enak banget itu:9 Warnanya juga sangat menggoda.
    Salam dari Galassia del Sogno

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dek...kenyel kenyel...hehe....salam balik dr Sidoarjo

      Hapus
  6. klepon singkong,,,ternyata singkong bisa juga ya dibuat seperti ini,,nggak kalah sehat nih dgan tepung terigu,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Dwi...singkong bisa dibuat macam2 lho...tergantung kreatifitas kita sj... hehe

      Hapus
  7. bola2 singkongnya bikin ngiler :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuks bikin mbak Santi... biar gak ngiler ...hehe

      Hapus
  8. Cocok banget ni buat buka puasa hhe...

    BalasHapus