Selasa, 17 Desember 2013

Singkong Keju

Hujan-hujan begini memang paling enak makan cemilan, apalagi cemilan bikinan sendiri...

Pas tadi pagi pas beli singkong dipasar, oce lah kita buat singkong keju, gak tau kenapa harus dinamakan singkong keju padahal tidak pakai keju, aku dapat resepnya waktu bapak penjual singkong keju dipinggir jalan lagi bikin, tapi sudah aku modif sendiri agar lebih higienis dan....dijamin mak nyus dan gurihhhh...

Singkongnya rasanya crispy...and mak nyusss...

Bahan :
  • 1 kg Singkong yang masih segar ( tandanya apabila ujungnya dipotong bunyi krek )
  • 6 sdm Margarin
  • 0,5 ltr minyak goreng

Bumbu perendam:
  • 4 siung Bawang putih geprak
  • 3 sdm Garam ( sesuai selera )
  • 1 ltr Air Es

Cara memasak :
  1. Kupas singkong dan potong potong sesuai selera boleh kecil atau besar, cuci sampai bersih
  2. Kukus singkong selama kurang lebih 1/2 jam
  3. Sementara itu masukkan air es, bawang putih dan garam dalam baskom, aduk rata sisihkan
  4. Bila singkong telah masak, masukkan singkong kukus dalam keadaan panas-panas kedalam baskom bumbu perendam, biarkan kurang lebih 5-10 menit sampai meresap, tiriskan
  5. Siapkan wajan dan minyak goreng, panaskan dengan api besar, tunggu sampai minyak benar-benar panas,baru masukkan singkong,bila setengah matang, masukkan 2-3 sdm margarin, biarkan sampai berwarna kekuningan, angkat tiriskan.
  6. Singkong siap dinikmati ( bisa ditaburi keju atau gula aren bubuk diatasnya agar lebih nikmat )
  7. Selamat mencoba...
Note : Bila minyak kurang panas singkong akan lembek dan kurang kress

Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum...


20 komentar:

  1. Sayaaa suka saya sukaaa sekalia ini mak... kapan2 bikin aaah... pas bgt teman ngeteh pas lgi hujan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan mak...insyaallah siiipp bgt...td mlm sj suami hbs 1 piring, pagi ini aku gorengin lg habis lg...klo yg blm digoreng bs disimpan dlm kulkas mak...trims sdh mampir..

      Hapus
    2. saya juga suka buat cemilan ini pas lagi panen singkong tapi pake topping keju beneran supaya lebih nikmat dan sesuai namanya "singkong keju". kok jadi inget lagu ya "ku suka singkong..., kau suka keju..." mungkin dari lagu itu ya inspirasi cemilan ini dinamai singkong keju? *ngawur* hehehehe

      Hapus
    3. Iya mgkn....tp mgkn krn rasax lbh gurih & lbh empuk drpd digoreng biasa jd dinmkan singkong keju...hehe....trimakasih dah mampir

      Hapus
  2. hemmm singkong kejunya enak banget. Apalagi yang crispy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget....thanks sdh mampir

      Hapus
  3. kalau aku lebih suka ceriping singkong. Awet dan tahan lama soalnya.

    BalasHapus
  4. layak dicoba nih mak, simple dan mudah *_*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mak...enak dan murah lagi....trimakasih

      Hapus
    2. Silahkan mak...enak dan murah lagi....trimakasih

      Hapus
  5. mba, dicatet... kebetulan di rumah lg ada singkong... tinggal mampir ntr beli keju n gula aren bubuk... makasi resep jitunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Rika...semoga sukses ya acara bkin singkongnya...insyaallah sukses ya....

      Hapus
  6. Wah, saya lagi punya singkong nih mak, direbus aja tapi :) berhubung saya ga doyan masak, jadi cuma bisa ngebayangin aja singkong kejunya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...direbus juga enak mak diberi parutan kelapa muda....jd inget wkt kecil ibu sy suka rebus singkong dipotong kcl2 diberi parutan kelapa muda + garam sdkt...enakkk...

      Hapus
  7. terima kasih atas informasinya
    dan jangan lupa kunjungi juga saya di obat stroke ringan

    BalasHapus
  8. bawangnya diuleg gpp to mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp mak...malah lebih enak... sy geprek soalnya yg bkin emak males ngulek....hihi

      Hapus
  9. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata kuliner Indonesia. Indonesia yang terdiri dari berbagai daerah yang memiliki ke khasan wisata kulinernya masing-masing. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    BalasHapus