Jumat, 18 September 2015

Kare Terong Nan Laziz


Hari ini pingin banget merasakan kuah yang pedes dan kental, tapi pingin juga makan sayur terong. Di kulkas ada terong ada ayam juga tahu tempe. Tik tik tik tok...ngebayangi tempe goreng, sambel plus terong bakar...wauuuuu enak sekali, tapi eh tapi kan pingin yang berkuah-kuah kental gimana gitu.

Semedi di pojokan sambil berfikir masak apa ya... berfikir dan terus berfikir.... *emak kurang gesit, dan treng treng, ada lintasan - lintasan liar berkelebat di otak saya, gimana kalau terongnya di masak kare saja ya, pasti enak tuh. 

Oke segera potong-potong terong, trak trak trak, ulek bumbu, usrek usrek dan tumis sreng- sreng, tralala trilili jadilah terong masak kare ala saya....pedes - pedes seger... mak nyus krenyus - krenyus. 

Hemm laziz 
saya makan dengan lontong... mak nyusss
Bahan yang diperlukan :
  • 2 bh Terong putih potong-potong sesuai selera
  • 200 gr Fillet daging ayam, rebus sampai empuk kemudian potong kotak-kotak/ sesuai selera
  • 2 gelas Santan ( sesuai selera )
  • 1 gelas Air
  • Bawang merah goreng (untuk taburan)
  • 2 btg Daun bawang potong sepanjang korek api (untuk taburan)

Bumbu halus :
  • 5 siung Bawang putih
  • 4 siung Bawang merah
  • 2 ruas jari Kunyit 
  • 4 btr Kemiri
  • 1/2 sdt Merica / lada bubuk
  • 8 bh Cabe kecil
  • 1 ruas jari Kencur
  • 1/2 sdt Ketumbar
  • 1 sdt teh Gula 
  • Garam secukupnya

Bahan tambahan :
  • 2 ruas jari Laos di keprak
  • 2 ruas jari Jahe di keprak
  • 4 lbr Daun jeruk purut
  • 4 lbr Daun salam
  • 1 bh Sere kupas dan di keprak
  • 2 sdm Minyak goreng untuk menumis

Cara memasak :
  1. Tumis bumbu halus bersama laos, jahe, daun jeruk purut, salam dan sereh dengan minyak goreng.
  2. Bila sudah berbau harum masukkan potongan cabe hijau, aduk sebentar lalu masukkan terung dan ayam, aduk-aduk sebentar sampai bumbu tercampur dengan terung.
  3. Masukkan air, biarkan sampai mendidih dan terung matang.
  4. Terakhir masukkan santan, tunggu sampai mendidih, angkat
  5. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng dan potongan daun bawang.

Rasannya ternyata laziz banget teman, suami dan adek saya sarapan dengan lahap tadi pagi. Senang sekali rasannya. Mau mencoba silahkan dan rasakan sensasinya... wkwkwk... *lebay dhot kom.


Semoga bermanfaat,

Barrakallahufikum...

9 komentar:

  1. ah ... si mbk yg atu ini sllu bkin aku ngiler .,,,, tanggung jawab nih ,,, hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaaah...cuma disodorin tissue ? aku laprin ama pak polisi ? :D

      Hapus
  2. enaknya..mau donk mak...mau buat juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh..hayuk bkin mba...enak banget lho..

      Hapus
    2. ayo pada bkin ntr aku yg bgian makan deh gpp ...

      Hapus
  3. hahaha seru banget acara masaknya pake bunyi bunyian, trak trak trak, usreg, usreg, usreg... akhirnyaaaaa slurrrrrppppp lezatttt *jadi laper* haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehh ada tamu jauh... iya mba Naya...sengaja dibikin rame acara masaknya biar rumah gak sepi... siapa tahu tetangga denger trus pingin lihat semua...wah jd acara demo masak nih... *modus pingin terkenal... hahaha...

      Hapus