Minggu, 15 Februari 2015

Berbagi Untuk Berbagi


Beberapa waktu yang lalu saya di telepon oleh adik saya yang di Bekasi, dia menanyakan apakah saya mau membimbing beberapa pengajar di sebuah Sekolah Komunitas di Jember. Tentu saja dengan senang hati, saya mau banget. Akan tetapi kemudian terkendala jarak, waktu dan tempat. 

Sempat saya tawarkan untuk datang kesana dan mereka menyambut baik, tapi saya belum bisa memastikan kapan bisanya ( tapi saya berjanji dalam hati, suatu hari bila ada waktu, saya akan kesana, berbagi ilmu dengan anak-anak yang penuh semangat )

Alhasil saya hanya bisa meminta mereka belajar craft dari tutorial yang sudah saya buat di blog. Tapi saya rasa itu belum cukup, harusnya saya berbagi ilmu kesana. Semoga Allah memudahkan dan memberi jalan ya...

Perlu diketahui sekolah komunitas yang biasa disebut komunitas Berbagi Happy ini, dibentuk oleh bapak baik hati yang bernama Riyadi Riyanto. Sekolah ini dibentuk sebagai wadah anak-anak yang putus sekolah mulai SD sampai SMU, yang mana mereka dibekali ilmu sekolah dan ilmu ketrampilan agar bisa mandiri. 

Dari status dan dari Blog beliau bahwa keinginannya begitu besar untuk mencerdaskan dan membimbing anak-anak ini menjadi generasi mandiri, Bagaimana usaha beliau yang begitu gigih untuk tetap memberi ilmu kepada anak-anak ini walaupun terkendala biaya ataupun mindset para orang tua bahwa mencari uang lebih penting dari sekolah. Dimana mereka lebih suka anaknya berhenti sekolah dan kemudian membantu mereka bekerja di sawah daripada harus bersekolah menuntut ilmu. 

Bapak ini mengajarkan sekolah itu perlu, walaupun hanya S3 ( SD - SMP - SMU ), makanya metode pembelajarannya pun berbeda dengan sekolah pada umumnya. Anak-anak ini diajak terjun langsung ke alam dan lingkungan sekitar untuk memahami ilmu yang diajarkan. Tak lupa diajarkan pula cara berwirausaha dan banyak dari mereka diberi pinjaman untuk modal yang kemudian modal itu dikembalikan secara bertahap setelah mendapat keuntungan.

Nah untuk itu, setelah mbak Susi Ernawati mau membagi-bagikan tutorial gratis, saya langsung teringat sekolah ini. Betapa bermanfaatnya video tutorial ini bila diserahkan kepada para pengajar disana dan kemudian diajarkan kepada anak-anak didiknya. 

Jadi alasan saya sangat menginginkan video tutorial ini tak lain dan tak bukan adalah untuk diserahkan kepada sekolah berbagi happy. Karena saya menyadari saya belum bisa membuat video tutorial seperti yang mbak Susi buat ( emak katrok pwollll... hehe ).

Sekiranya mbak Susi bersedia memberinya... saya bisa guling-guling kegirangan, karena paling tidak hati saya agak lega sedikit, karena anak-anak itu mendapat ilmu ngecraft walaupun bukan dari saya, tapi malah dari mbak Susi yang ilmunya sangat mumpuni, yang hasil karyanya bikin mata kedip-kedip ingin memiliki.... hihi... , jadi boleh ya mbak videonya untuk mereka * kedip-kedip mesra.... Ceritanya berbagi untuk berbagi mbak....  *peluk mbak Susi ahhh.....muehehehe.....

Barrakallahufikum...


14 komentar:

  1. Semoga mbak Susi mengiyakan ya mak Iro, sukses buat mak Iro yg selalu memberikan hal positif kepada kita2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... terimakasih mbak atas do'anya...

      Hapus
  2. Amin... semoga terwujud ya Mak iro. Giving is always bring happiness

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mak... terimakasih...

      Hapus
  3. semoga dapat video tutorialnya :)

    BalasHapus
  4. Waah... tentu saja aku mau mbak.... bisikin alamatnya di inbox ya....
    Tentu saja, tak mengurangi jumlah bagi2 tutorial yang ini. Jumlahnya tetap 3. Kebetulan nih aku siapin tutorial 3 bunga flanel pesenan. bisa kutambahin juga nanti. (balasin kedip2nya).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh terimakasih mbak... peluk hangat... ^_^

      Hapus
  5. Semoga dikasih ya mbak video tutorialnya. Lumayan, selain utk belajar sendiri. Bisa juga berbagi ilmut sama yg lain

    BalasHapus
  6. Berbagi memang seringkali lebih membuat yang berbagi merasa lebih bahagia daripada yang menerima. Semoga semangat berbagi ini menular pada yang lain.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah sudah terwujud mas Ganteng... terimakasih

    BalasHapus