Senin, 02 Februari 2015

Tutorial Gantungan Kunci Dari Tutup Botol


Hai...hai, lama saya tidak membuat tutorial, maklum emak pengacara. Nah kapan hari, waktu saya membuka botol minuman sprite yang botolnya dari kaca. Terpikir untuk menjadikannya sesuatu, tapi kok cuma satu. Cap cus deh ke toko teman, "'Punya tutup botol bekas tee?, "Buanyak..". Nah dituanglah tempat pembuka tutup botol dari showcasenya. Dan dalam sekejap beralih ke kantong plastik dan saya bawa pulang. 

Saatnya eksekusi, maka taraaaa.... 

Ganci yang cantik
Tanpa dihiasi bunga pun masih cantik bin imut...
Yuk segera beraksi...

Bahan :
  • Tutup botol minuman
  • Kain katun ( boleh motif/polos )
  • Renda 
  • Tali kur satin
  • Tali silver ( boleh pkai benang rajut /yang lain )
  • Manik-manik
  • Jarum dan benang
  • Lem Bakar / Lem UHU ( saya sarankan lem Bakar karena lebih melekat )


Bahan dan peralatannya.. eh lem bakarnya gak ikut mejeng... hihi
Cara membuat :

Gunting kain seperti diatas, ukurannya kira-kira untuk bisa menutup tutup botol saja
Jahit jelujur pinggirannya, jangan dipotong dulu benangnya ya...
letakkan tutup botol seperti posisi di gambar..
Tarik kedua ujung benang, kemudian tali yang rapat dan akan menjadi
seperti gambar
Gunting renda kurang lebih 13 cm
jahit jelujur  pinggirnya...
Tarik kedua ujung benang lalu ikat, tapi jangan sampai rapat, seperti gambar saja.
Rekatkan di tutup botol, sambil dirapikan merata pinggirnya
1. Potonng tali kur kurang lebih 20-35 cm, kemudian tali ujungnya rekatkan dan letakkan seperti gambar
3. Ambil tali silver ( benang rajut ), tali ujungnya disisakan sedikit untuk rumbai, kemudian ronce manik-manik, sesuai keinginan atau seperti gambar, rekatkan diatas tutup botol
Rekatkan tutup botol satunya dengan lem, tekan-tekan agar kuat lengketnya
Nah gantungan kunci sudah siap dipakai, bila anda suka bisa ditambah hiasan bunga, kancing karakter, atau stiker kain. 

Saya gunakan untuk menghias tas saya, yang baru jadi.... hihi..
Saat dihias tampak lebih cantik, seperti rangkaian bunga yang mengantung ya... ^_^
Sesuatu yang tampak tak berharga bila kita sedikit merawatnya pasti akan menjadi lebih berharga bukan. So happy crafting always. Selamat mencoba....


Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum...




32 komentar:

  1. Balasan
    1. Lucu seperti akyu... hiaahhhh...hihi

      Hapus
  2. aaah mak Iro selalu bikin gemes sama karyanyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... asal gak gemes sama saya sj mbak...
      Semoga bermanfaat...

      Hapus
  3. Rajin dan telaten mbak. Gantungannya lucuuu

    BalasHapus
  4. Mak irooooo, daku padamuuuuu

    BalasHapus
  5. Mak irooooo, daku padamuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Indaaa aku juga padamuuuu... hiaaahhhh... hihi

      Hapus
  6. Whahaha keren mbak, keren banget. Saya sampai gak kepikiran. Tutup botol itu hanya mengingatkan saya waktu kecil yang masih nakal-nakalnya., dikumpulkan, digepengkan dan di dipaku pada sebuah kayu. Jadilah saya pengamen jalanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah klo dlu lihat postingan ini, jadi pedagang gantungan kunci ya... hihi

      Hapus
  7. mak iro, bener2 kreatif banget ya....

    BalasHapus
  8. keren...
    ternyata simpel yah... makasih tutorialnya mak :)

    BalasHapus
  9. boleh boleeeh... apalagi banyak toko di sini ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.... ini mah mulung dari tokonya tetangga kita....qiqiqi

      Hapus
  10. Wah, keren mbak... unik.... boleh dicontek nih... B)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mak.. silahkan...semoga sukses ...

      Hapus
  11. wah...cantik ya mbak gantungan kuncinya, bahan dan cara membuatnya simple tapi hasilnya menarik...TFS ya mbak:D

    BalasHapus
  12. Telatennya mbak buat gantungan kunci. Kalau aku jujur aja, kurang telaten.. Hehe

    BalasHapus
  13. ini tangan terbuat dari apa sih mbk ? hehehe :D
    apa jadi klo dh dipeang ama mbk iro ....:P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... diberi bakat yg bermanfaat dari Allah mas...
      Yg pasti bkn dari pisang lho... hihi

      Hapus