Rabu, 12 November 2014

Tips Laundry Sendiri Dengan Mudah

Setiap yang berhubungan dengan pencucian, setahu saya disebut laundry. Tapi saya disini bukan mau membahas arti laundry, laundry pada judul hanya untuk memudahkan saya menjabarkan tips - tips yang berhubungan dengan dunia cuci-mencuci baju ini, berdasarkan pengalaman saya.

Kalau soal cuci-mencuci ini kan pasti emak-emak seluruh dunia bisa. Tapi ada juga sih yang tidak suka bahkan tidak bisa, takut kulit tangannya rusaklah, kuku-kuku cantiknya patahlah, dan sebagainya. Tapi ada juga yang benar-benar karena alergi, kalau yang begini ya harus menghindari mencuci, daripada tangannya rusak kan.

Tapi jangan khawatir teman semua, saya punya beberapa tips yang memudahkan anda mencuci, bahkan tidak memerlukan tenaga yang kuat untuk mengucek ataupun menyikatnya dengan keras-keras. Bagaimana itu ? gampang, hanya memakai bahan-bahan murah dan mudah, bahkan mungkin yang hendak kita buang. Apa itu ? yuks kita intip satu-satu.

Sisa sabun mandi batangan 

Jika anda memakai sabun batangan dan sudah mulai tipis atau mungkin sudah mulai lembek, jangan dibuang. Anda bisa menggunakannya untuk :
  • Mencuci kerah baju dan ujung lengan yang kotor karena daki, biasanya anda merendam dan menyikatnya kan?. Jangan lakukan itu lagi, cukup gosokkan pada kerah baju kotor yang sudah dibasahi, kucek-kucek sebentar, nah anda akan melihat kotoran itu akan cepat hilang. Bila masih ada yang menempel beri lagi sisa sabun batangan, kucek lagi. Celupkan ke dalam air, maka anda akan melihat kerah itu menjadi bersih walaupun tanpa direndam / disikat. Agar wangi cuci lagi sebentar dengan sabun cuci.
  • Mencuci kaos kaki yang dekil, caranya sama dengan mencuci kerah, basahi kaos kaki, gosok-gosok sabunnya. Kucek-kucek, celupin ke air, bil masih ada kotoran ulangi lagi.
  • Mencuci darah haid, kalau yang ini pasti ibu-ibu sudah banyak yang tahu. Caranya juga sama seperti diatas.
  • Mencuci handuk yang dekil, caranya sama, tapi mungkin sedikit tenaga karena biasanya handuk lebih lekat kotoran dakinya. Apalagi handuk yang jarang dicuci... hiiii... hehe..

Sabun cuci piring cair
  • Bila baju anda tersiram minyak goreng/ terperciki minyak goreng, segera basahi baju, beri sabun cuci piring, kucek-kucek, bilas dan ulangi sampai berbusa. Karena diawal pengucekan tidak akan keluar busa, mungkin karena masih mengandung minyak yang banyak. Setelah berbusa barulah bilas dan cuci dengan sabun cuci biasa.
  • Serbet yang kotor, caranya sama dengan cara membersihkan noda minyak.
  • Membersihkan noda karena kunyit, tapi ini tergantung dari jenis kain, dan lama waktu terkena nodanya, biasanya saya juga bantu dengan perasan jeruk nipis. Baru setelah itu dicuci dengan sabun cuci dan cepat dikeringkan. Bila noda kunyit tadi saat anda beri jeruk nipis berubah warna menjadi agak orange, insyaallah noda itu saat dijemur akan hilang. Tapi bila dengan warna yang sama kemungkinan noda itu sulit untuk hilang.

Shampoo ( gunakan yang murah-murah saja )
  • Mencuci boneka, basahi boneka, ambil air diember secukupnya beri shamphoo secukupnya ( bisa berbuih), rendam boneka kurang lebih 1/2 - 1 jam. Kemudian gosok-gosok dengan sikat yang halus, bilas dan keringkan.
  • Mencuci flanel atau barang yang terbuat dari benang rajut, caranya sama, tapi jangan disikat, cukup digosok-gosok dengan tangan saja.

Citrit Acid / Garam asam
  • Menghilangkan noda kuning akibat kualitas air yang buruk. Biasanya pada baju-baju dan handuk yang berwarna cerah akan tampak nodanya. Caranya, ambil air, tuang 1 bungkus Citrid Acid, tambahkan segenggam sabun cuci, Rendam baju selama kurang lebih 1 jam. Kucek sampai bersih dengan sabun lagi, bilas dan keringkan. 
Mungkin itu dulu tips tentang laundry yang bisa saya bagikan, mungkin anda mau menambahkan. Silahkan....

Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum...

 




19 komentar:

  1. wah jka aja semua produk mencuci itua da emng bener" made in Indonesia product lokal wahs aya bakal jadi agen paling semangat buat jualnya mbak hahaha...soalnya semua product hampir di kuasai merek U hadeehh ya sudah deh yg penting cucian kita bersih bisa siap buat sholat hehehe mantap mbak or Ibu irowati buat tips dahsayatnya kerenn absi euy ^-^ mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo mas Angki sj yg bikin pabrik sabun.... yg muda yg berkarya...
      Yang tua gini bantu memasarkan sj ya.... hehe...

      Hapus
  2. Balasan
    1. Silahkan mbak.... dicatet yg rapi ya.... hihi

      Hapus
  3. Makasih mak tipsnya...air di rumah juga kuning...pakaian cepet kusam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mak... klo airnya kuning memang bkin baju jd kusam... direndam sj dg citrid acid...

      Hapus
  4. Aku pakai citrid acid untuk rendam baju yang putih. :)
    Tapi sering lupa kelamaan ngerendamnya alhasil banyak kaos putih yan cepet robek ara-gara keteledoranku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak klo kelamaan rendamnya kain jd memet...
      Di alarm saja mbak.... hehehe

      Hapus
  5. sip ... yang pake sabun mandi batangan, saya juga sering, mbak. Tapi yang pake sbun cuci piring belum pernah. Nanti dicoba deh. Trmkasih tips nya yaa

    BalasHapus
  6. sabun mandi untun uderwear selaluuuu... xixixixi emang bermanfaat banget deh mak sabun batangan sisa,yang sudah tipis itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak Tina.... biar tipis tp banyak manfaat....
      Itung-itung ngirittt... hihi

      Hapus
  7. bagus banget tipsnya Mba. Baru tau saya. Sebelomnya selalu pake deterjen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobalah....anda akan merasakannya... halah halah kyk iklan saja... qiqiqiqi

      Hapus
  8. pernah baca juga yang soal nyuci pakai sisa sabun mandi batangan bisa lebih bersih, sayangnya sekarang nggak pernah pakai sabun batangan lagi :( pakai sabun cair dari pabrik U hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu ya mbak... beli sj yg murah-murah, utk nyuci saja... hehe

      Hapus
  9. Ternyata sabun piring cair bisa buat nyuci. Hihihi Part yg dekil2 itu udah sering dipraktekkin pakai sabun batang, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sippp... skrg praktekin yg pkai sabun cuci ya... hehe

      Hapus
  10. Start your day with a morning full of joy? Thank you for the information and we will wait for more information

    BalasHapus