Kamis, 14 Agustus 2014

Tutorial Bunga dari Kulit Jagung

Sudah sebulan lebih anak gadisku liburan sekolah, sudah banyak waktu kami habiskan bersama. Dan kemarin saat si Emak ini lagi sibuk jahit baju, si anak gadis tidak mau kalah. Dengan memanfaatkan kulit jagung manis, sisa si Emak bikin bakwan jagung. Anak gadisku mulai sibuk beraksi, dari memilah-milah kulitnya, merebus dengan air yang sudah diberi warna, menjemur, menseterika sampai...exsekusi akhir..

Emaknya jadi ikut tergoda untuk nimbrung, ngerayu-rayu minta dikasih dikit untuk bikin bros. Dan jadilah seperti ini...taraaa....

Brosnya karya emaknya...bunganya karya anaknnya, mempercantik bonsai dari
botol bekasku... Hehe...buah jatuh tak jauh dari pohonnya ya...
Anakku mewarisi bakatku...!! Alhamdulillah...
Nah tadi malem, si gadisku Yasmine Hanuunku sibuk utek-utek lepi bikin tutorial, katanya " Tak editin bu, ntar di posting di blognya Ibu saja ya...",..beyes boss....Nah ini dia hasilnya, bagus banget....Emaknya kalah kalau masalah edit mengedit....hehe..

Nah ..nah...pinter tenan anakku.... hehe...
Bahan :
  • Kulit jagung 
  • Pewarna makanan/ textil
  • Kancing untuk hiasan bros
  • Manik-manik untuk benang sari bunga 
  • Lem Tembak
  • Benang untuk mengikat
  • Kertas krep untuk membalut kelopak dan tangkai bunga
  • Kawat /lidi untuk tangkai 

Langkah - langkahnya :
  1. Pilih kulit jagung yang bagus ( tidak robek )
  2. Rebus kulit jagung dengan air yang sudah diberi warna sampai mendidih, angkat biarkan sampai air dingin dan warna meresap
  3. Jemur di terik matahari.
  4. Seterika kulit jagung agar lurus dan rapi
  5. Gunting sesuai keperluan
  6. Untuk membuat kelopak agar berlekuk, serut jagung dengan sisi gunting yang tumpul
  7. Bila ingin membuat bros, rekatkan per kelopak bunga di belakang kancing hias dengan lem tembak
  8. Bila ingin membuat bunga, gunakan benang untuk mengikat kelopak bunga pada kawat / lidi, kemudian lilit dengan kertas krep.
  9. Gunakan manik - manik / benang sari imitasi ( bisa dibeli di toko bahan craft ) untuk benang sari bunganya.
Bagaimana pemirsa mau mencoba ? Mau dong, gampang banget kok. Bahannya murah meriah pula...


Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum...

28 komentar:

  1. Huaaaa....cantiknyaaaa :D
    Mau-mau mau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk mbak Ika bikin yg banyak...kyknya lagi musim jagung pula sekarang.... hehe

      Hapus
    2. Wah seru sekali,. Memang sih saya pernah menonton sebuah acara di TV SwaSTA aneka kerajinan tangan bunga bunga dengan menggunakan bahan dasar dasar Kulit Jagung. Kalau di Pontianak sendiri banyak beredar Sirup dari Jagung. Heiheie. Apa hubungannya ya. Just kidding. Bagus bagus sekali Bunganya, Thanks atas tutorialnya. Boleh juga nih di coba di rumah

      Hapus
    3. Sirup jagung pasti enak ya pak Asep...jd pingin nyobain juga...
      Sama-sama pak Asep....Selamat mencoba....

      Hapus
  2. Inget dulu wkt sekolah sering bikin prakarya kayak gini.. Asyik deh..apalagi bila berhasil membuat karya rasanya senang banget Mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak Rita....membuat sesuatu dan berhasil itu sangat menyenangkan... ^_^

      Hapus
  3. Uwaaa cantiknya,cocok ditaruh divas meja tamu ya mbk ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...pasti cantik banget...hehe

      Hapus
  4. Mben nek mbah e panen jagung kulit e tak klumpukne yo haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sippp...jo lali yo.... hehe...

      Hapus
  5. Masya Allah Mak .. kreatif sekali ... cantik brosnya :)

    BalasHapus
  6. wah,,keren mak,,,niru ah,,,boleh ya mak Iro,,,pinter deh si anak gadisnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget mbak Dwi...silahkan....
      Pinter kyk emaknya....*dilempar bapaknya pkai lirikan....hihihi...

      Hapus
  7. saya pernah buat tapi hrs tealten, mengeringakn , menyetrika, aduh benar hrs telaten, btw mak selamet anaknya suka juag dg craft, anak perempuanku tidak suka dg craft, dia suka menulis dan satu lagi dia suka masak dan ibunya gak doyan masak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak...terimakasih mak Tira....wah seneng dong mak klo anaknya suka masak... Mamanya tinggal makan sj...hehe...

      Hapus
  8. jempol2 kreatifnya juga ikutan nampang tuh ,,,hehehe :D

    BalasHapus
  9. Ibu dan anak mempunyai hobo sama. Hasilnya manis banget, Mba.

    BalasHapus
  10. mohon ijin di kopi yah tutorial bunga dari kulit jagung nya, disini berlimpah kulit jagung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan...semoga bermanfaat....

      Hapus
  11. Waktu sekolah, ada tugas aku buat kliping tentang kerajinan kreasi baru, termasuk bunga dari kulit jagung. Tapi gak pernah di ajari buatnya..

    Eh.. Disini uda ketemu tutorialnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu dy jg sering bikin kliping...menyenangkan saat membuatnya walo hrs berburu koran bekas... hihi...
      Dicoba bikin ya....terimakasih

      Hapus
  12. Wah menarik sekali mbak Irowati jadi pengen cobain serunya buat gituan hehe tapi sebelumnya mau bakar jagung dulu ahh kira" ada postingan mbak ira ttg buat jagung bakar juga gak ya?? hehe mksih y mbak sudah mampir tempat saya ^-^ boleh tuh di buat bisnis handmadenya heheh ^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas Angki....blm ada postingan ttg jagung bakarnya mas...
      Insyaallah kapan2 sy bikin ya....sdh buat bisnis handmadenya mas cm blm ada yg sy jual dr kulit jagung...maklum di kota gni kan sulit cr kulitnya....hihi

      Hapus
  13. cantik banget....ide baru nie.maksih ya mba...
    ^_~

    BalasHapus