Minggu, 10 Agustus 2014

Ayam Jahe, Sambal Hijau lalap Pepino

Pagi - pagi ke pasar sambil mikir mau masak apa yang kira-kira beda hari ini ya.... hemmm jadi ingat beberapa waktu lalu, seorang teman cerita tentang membuat sambel hijau. Akhirnya terpikir untuk bikin ayam goreng bumbu jahe disajikan dengan sambel hijau dengan lalapan pepino yang rasanya perpaduan mentimun, melon dan terong, so pasti mantappp nih... hihi.

Dan belanjalah ayam plus cabe rawit hijau, setelah sampai rumah dan srang sring srong, jadilah hidangan ayam yang mak nyus, dengan sambal yang mak nyos dan lalapan pepino yang mak kres....
sambelnya sukses bikin bibir meleleh.....
pepino beli di pasar Pujon - Batu - Malang cuma Rp.10.000,-/kg
masih fres karena baru dipetik..
Ayam Jahe 
Bahan :
  • 1/2 kg Ayam, potong sesuai selera dan bersihkan
  • 2 gelas Air untuk mengungkep ayam
  • Minyak goreng secukupnya untuk mengoreng 
Bumbu halus :
  • 3 siung Bawang putih
  • 1 sdt Merica 
  • 1 sdt Ketumbar
  • 4 ruas Jahe
  • 2 ruas Kunyit
  • 3 butir Kemiri
  • 1-2 sdm Garam ( secukupnya sesuai selera ) 
Cara memasak :
  1. Ungkep ayam bersama bumbu halus dan air kurang lebih 20 - 30 menit ( sampai ayam empuk dan air bumbu menyusut )
  2. Matikan api, goreng ayam dengan api sedang sampai kuning keemasan, angkat.
Sambal Hijau 
Bahan :
  • 1 genggam cabe hijau besar
  • 1 genggam cabe rawit hijau
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm Minyak goreng untuk menumis
  • 2 sdm Kuah ungkepan ayam
Cara memasak :
  1. Rebus cabe dan bawang merah kurang lebih 5 menit, angkat tiriskan
  2. Ulek kasar cabe dan bawang dan tambahkan garam
  3. Tumis sebentar sampai beraroma masukkan kuah ungkepan ayam,aduk- aduk sebentar, angkat.

Sajikan bersama nasi hangat dan lalapan potongan pepino, bila tidak ada pepino bisa diganti dengan yang lain yang anda suka.

Note :

  • Jangan kuatir aroma jahe tidak akan begitu terasa ( bila anda tidak suka jahe), dengan memakai jahe dan kemiri ayam terasa lebih lembut dan tidak cepat kering / keras bila sudah dingin setelah ayam digoreng. 
  • Pepino bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan darah tinggi, terbukti saat saya yang tensinya rendah ,setelah menyantap beberapa potong pepino jadi agak kelinyengan tanda tensi darah saya semakin rendah. Akibat tergoda rasa pepino yang segar, apalagi anakku tadi mengupas si pepino, dipotong kecil-kecil dan ditaburi gula...hemmm nikmat banget...
  • Ungkep ayamnya sampai bumbu hampir kering dan kental, karena bumbunya bisa digoreng sp kuning keemasan dan bisa ditaburkan diatas nasi, rasanya gurih enak ( sayang kelupaan difoto ...hihi )

Semoga bermanfaat....

Barrakallahufikum...



20 komentar:

  1. aduh,pas banget.....mbk satu ya buat saya,satu piring maksudnya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... boleh boleh mbak....asal mbak Hanna mampir ke Sidoarjo yah...? hihi

      Hapus
  2. pepino??? baru dengar mak,,,spt biji pala itu ya mak,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti terong mbak ....rasa perpaduan terong, mentimun dan melon...enak kres kres....buahnya besar sebesar labu siam ( manisa )...

      Hapus
  3. Baru tahu yang anmanya pepino di sini ... thanks sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak...disupermarket / toko buah banyak dijual kok...trimakasih sdh berkunjung...

      Hapus
  4. asyiiik dapat buah (apa sayur) baru!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...sdh lama lho mbak buah / sayur ini....tp mgkn jarang yg jual di pasaran....

      Hapus
  5. Naksir sambel hijaunya.. Itu sepertin d masakan padang bukan mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...cm gak dikasih teri saja, klo yg masakan padang biasanya ditambah teri, dan rasanya memang lbh enak lg...sayang sy g punya teri kmrn...hehe

      Hapus
  6. Pengen nyoba bikin neh, dan sambel hijaunya menggiurkan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak...semoga sukses....

      Hapus
  7. Mba, saya baru dengar nama Pepino. Penampakan memang mirip mentimun, ya. Segaar pastinya. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mbak segernya...waktu diiris selalu bunyi kres kres... seger....

      Hapus
  8. hmmmmmm .... gulung2 lidah nih ,,,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak dilipat2 sj mas Fiu....biar rapi...hihi

      Hapus
  9. Aduh mak, aku belum pernah tuh nyoba pepino... lucu ya namanya... :P.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak Tina... katanya sih asalnya dari Amerika Selatan sono...hihi...
      Dicoba mak...enak kok...

      Hapus
  10. Jika ingin sukses usaha ayam goreng crispy dengan sangat mudah silahkan Klik Disini salam sukses. :)

    BalasHapus
  11. Bagi yang bingung untuk memulai usaha ayam goreng silahkan klik Sukses Usaha Ayam Goreng Crispy salam sukses :)

    BalasHapus