Selasa, 19 Agustus 2014

Tutorial Tas Kain Cantik

Hai hai...setelah beberapa waktu lalu saya memposting tutorial membuat Bunga dari kulit jagung Kali ini saya akan membuat tutorial membuat Tas Cantik dari kain. Sebenarnya ide ini sudah lama, tapi baru kali ini bisa mempostingnya...maklumlah saya kan Pengacara, alias pengangguran banyak acara... Hihi..

Tas ini mirip kerang, jadi sebenarnya saya lebih senang menyebutnya Tas kerang dari kain, nah lho... kerang kok dari kain ?, yah suka-suka yang bikin kan...#sombongdikit.com.., Nah seperti ini tasnya ...

Cantik lho...??
Baiklah langsung action pemirsa...

Bahan :
  • Kain ( apa saja, tapi lebih baik memakai kain katun ) kurang lebih 0,75 mtr
  • Benang dan jarum
  • Gelang rotan / plastik / besi untuk tas, diameter 12cm ( sesuai keinginan )
  • Busa sedikit
  • Resleting jaket uk. 40 cm
Cara membuat :


1. Buat pola seperti gambar uk. panjang 25 cm lebar 35 cm (sesuai keinginan )
2. Letakkan kain saling berhadapan
3. Gunting pola sesuai pola lebihi 1.5 cm ( untuk kain pelapis/ bag. dalam tas ) 
1. Pecah pola bagian atas pola seperti gambar, buka dan beri jarak krg lbh 5 cm
letakkan diatas kain yg berhadapan spt pola pertama, gunting.
2. Jelujur bagian tengahnya dan kerut sehingga membentuk rimple seperti gambar.
( untuk bagian luar tas )
1. Letakkan resleting disalah satu kain pelapis, posisi seperti gambar.
2. Letakkan kain yg berkerut/ luar diatasnya dengan posisi bagian luar kain berhadapan dg
kain pelapis, dengan bantuan jarum pentul, jahit pinggiran kain seperti gambar
3.  Bila dibalik akan tampak seperti gambar 3
4. Lakukan hal sama pada sisi satunya, dan bila sdh selesai akan terlihat seperti gambar 4
1. Satukan pelapis dg pelapis, bagian luar dg bagian luar ( yg berimple ),
Utk yg berimple jahit seluruh pinggirnya.
2. Sedang pelapisnya jahit seperti garis dalam gambar, sisakan sedikit
krg lbh  10 - 12 cm di ujungnya fungsinya utk lubang membalik tas.
3. Bila sudah dijahit semua lubang tersebut akan terlihat seperti gambar
4. Balik tas, lewat lubang tadi.
1. Buat pola oval uk.15 x 8 cm , gunting busa / kain keras seukuran pola,
letakkan diatas kain, beri sisa 1,5 cm utk jahitan, gunting.
2. Jahit ke arah dalam bagian kain, maka akan tampak seperti gambar
3. Tampak bila kain yg sudah dipasang busa dibalik.
1. Tampak tas setelah dibalik
2. Masukkan pelapis ke dalam, maka akan tampak seperti gambar.
3. Satukan jahitan luar kain dan pelapis dari ujung resleting satu ke ujung satunya lagi
dg bantuan jarum pentul,
4. Letakkan kain yg sudah diberi busa ( dlm langkah sebelumnya ) pas ditengah-tengah
dalam tas, satukan dg bantuan jarum pentul.
5. Jahit sekelilingnya, bila kesulitan bisa dg dijelujur dl, baru dijahit, atau tidak usah dipasang
( kain yg sdh diberi busa ini bertujuan agar tas bs berdiri )
1. Proses berikutnya adalah membuat kain antara tas dan gelang rotan, potong kain
uk. 16 x 20 cm sebanyak 2 lembar
2. Lipat menjadi 2, uk. menjadi 16 x 8 cm kemudian jahit seperti gambar,
sisakan sedikit utk lubang membalik.
3. Setelah dibalik akan tampak seperti gambar
5.  Beri tanda dg kapur kain/ pensil pingiran tengahnya.
1. Satukan dg bantuan jarum pentul, kain pengait tadi  pas ditengah-tengah
pingiran resleting, kemudian jahit.
2. Letakkan Gelang rotan diatasnya kemudian satukan ujung kain pengait,
dengan ujung yang sudah dijahit, jahit jangan terlalu mepet, beri jarak 0,5 cm
seperti gambar, jahit pula disisi resleting satunya.
3. Dan taraaaa.... sudah jadi....tinggal pasang bros/ pita  yg senada, agar
akan tampak lebih cantik.
Alhamdulillah selesai juga tutorial yang terumit yang pernah saya buat nih... hihi, tapi ada kebahagiaan tersendiri bila bisa berbagi ilmu dengan anda. Nah bagaimana mau mencoba ?, dicoba dong ya,  mungkin bagi yang belum bisa menjahit dengan mesin bisa dengan jahit tangan dulu, asal yang rapat ya.... Supaya tidak mudah robek/ terbuka jahitannya. 

Semoga tutorial ini bisa anda mengerti ya, karena pada awalnya saya bingung menyusunnya. Karena banyak step-stepnya, walaupun sebenarnya bila dipraktekin langsung tidak rumit-rumit banget. Selamat berkarya...
Happy blogging and crafting always...!

Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum...

34 komentar:

  1. Balasan
    1. Sama-sama... iya mak, editnya sdh dicicil dr kemarin...

      Hapus
  2. Kerajinan seperti ini mengasyikkan dan juga sebagai sarana untuk menjemput rezeki ya Jeng.
    Matur nuwun tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul PakDhe...
      Sama-sama ...terimakasih sdh berkunjung.,.

      Hapus
  3. Cantik Mak tasnya. Sepertinya mudah membuatnya, sepertinya lho ya.... kalo dipraktekin sama saya belum tentu. Secara bisa jahit juga nggak :) Kalau saya sudah berani pakai mesin jahit, pasti saya coba tutorial ini Mak Iro... TFS ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sippp deh mbak Indah....semoga cepat bisa jahit ya...
      Semangatt...!!!

      Hapus
  4. Balasan
    1. Terimakasih mbak Melly...dicoba bikin ya...

      Hapus
  5. Tasnya cantik Mak.. Mantap nih...kreatif banget bikin2 yg kayak gini.. Semoga menjadi lahan utk menjemput rejeki.. Sukses ya Mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbak Rita....Aamiinn...

      Hapus
  6. Kece badai nih mbak. Saya suka nih karena ada resletingnya, saya punya (hadiah) itu nggak ada reslitingnya jadi kalau lagi lemgah bisa2 isi tas bisa numplek. Hihihi.
    Makasih lho mbak tutorialnya. Saya juga pengen buat nih, tapi yg simpel dulu yang kotak2 gitu.
    Sukses ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Ika....semoga sukses bikinnya ya...

      Hapus
  7. Kreatif bgt. Pingin bisa bikin2 tas cantik kaya ginj.. mudah2an nanti kelakon :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...mudah2an kelakon mbak....hihi

      Hapus
  8. keren tasnya, tapi aku ngga telaten bikin ginian :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba dulu makkk... hehe.. *maksa.com

      Hapus
  9. Wah meanrik bagus mbak temen" saya yang suka bikin ginian mau saya kasih tahu ahhhh mksih mbak ^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoke...silahkan mas...semoga bermanfaat...

      Hapus
  10. Cantik tapi panjang juga langkah-langkahnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi klo dipraktekin cepet kok mbak,,,, itu kata saya....hihi

      Hapus
  11. pengen praktekin nih mak,bagus deh tas'y.... sayang'y mesin jahit sy macet kaya'y hrs diservis dlu stlh skian lama teronggok digudang :D.btw,makasih ilmu'y...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga mesin jahitnya cepet ok ya mbak....Semangatt...!!

      Hapus
  12. Alhamdulillah sdh di tag, makasi ya mak, insya Allah akan segera saya praktekin,, mau nyiapin bahannya dulu. ditunggu kreasi lainnya mak :D hehehhe peluuuuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiipppp mbak Aida....
      Pelukkkk jugaa...

      Hapus
  13. keren banget mak,,,kreatif sekali ya,,

    BalasHapus
  14. Izin berkunjung mbak? Semoga kunjungan saya kali ini bisa membawa berkah AMIIIN !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya...
      Aamiinn

      Hapus
  15. Uwaaaaa...cantik bgttt..mauuuu #eh hehe

    BalasHapus
  16. keren mak...jadi pengen bikin....kalo nyari gelang rotannya dimana mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan di coba bikin ya...
      Di toko bahan craft atau toko yg jual keperluan jahit menjahit ada mak...

      Hapus
  17. Tasnya cantiiik, keceee banget mak. Lumayan buat dibawa ke arisan kumpul2 bareng temans,,:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. terimakasih...
      Betul banget mak Tina....Yuks bikin... ^_^

      Hapus