Senin, 07 Juli 2014

Martabak Praktis

Tadi pagi pas saya ke Pasar, lihat ada kulit pangsit, beli ah rencana mau buat siomay atau apa lah. Yang penting di stock dulu saja. Tapi tadi sore pas telpon suami, katanya anak buahnya mau buka di rumah. Bingung mau di buatan kue apa nih. Buka kulkas hanya ada tape, kulit pangsit, sisa daging ayam sedikit dan telur. 

Dan taraaa... emak geper nemu ide, gimana kalau dibuat martabak saja ya.... dan klontang klunting sreng-sreng... jadilah dia Martabak praktis yang crispy nan nyummiiii...

crispy and yummiii....
Bahan :
  • 20-30 lmbr kulit Pangsit siap pakai ( saya beli dipasar dengan harga Rp. 2.500,- dapat 30 lmbr )
  • 50 gr Daging ayam yang sudah direbus, cincang kasar ( bisa diganti udang atau daging sapi )
  • 1 ikat kecil Daun bawang / kucai potong kecil-kecil ( saya beli Rp. 500,- saya pakai separuhnya saja )
  • 3 sdm Tepung terigu
  • 3-4 btr Telur 
  • 1 sdt Merica bubuk
  • 1/2 sdt Kaldu bubuk ( bila suka )
  • Garam secukupnya

Cara memasak :
  1. Campur dalam mangkok, ayam, daun bawang, tepung terigu, telur, merica bubuk, kaldu bubuk, garam, aduk sampai rata.
  2. Panaskan wajan teflon beri minyak sedikit, letakkan satu lembar kulit pangsit diatasnya, beri 1 sendok penuh adonan telur tadi, tutup dengan 1 kulit pangsit diatasnya, biarkan sebentar kemudian balik.
  3. Sementara itu siapkan 1 wajan lagi dengan minyak sedang, ambil kulit pangsit yang sudah diisi di teflon pertama tadi, goreng diwajan ini sampai kekuningan dan angkat.
  4. Ulangi sampai adonan habis. 
  5. Sajikan dengan cabe rawit.

tampak kulit pangsit yang sudah diberi adonan telur, diatas wajan,..
maaf fotonya goyang, karena yang foto juga sedang mengoreng
diwajan yang satunya... hihi.. * ngelessss apa gak enthos foto ya...
kemudian tutup dengan kulit pangsit lain, balik kemudian goreng
di wajan yang satunya yang berisi minyak sedang ya...agar crispy...

Note : Tujuan kulit pangsit di masak diteflon pertama agar kulit tetap utuh lurus mulus tidak berlekuk-lekuk dan kedua agar bisa menempel rapi dengan kulit pangsit satunya.

Nah gimana guampang pwoll kan... yuks cobain, masaknya juga gak pkai lama kok paling setengah jam sudah siap saji. Happy Cooking Always.

Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum...

28 komentar:

  1. aku sukanya martabak mie mbak, tapi enggak bisa bikin sendiri :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah mudah kok bikin martabak mie itu.... kapan2 aku posting ya resepnya....

      Hapus
  2. gampang banget ya...kulitnya tinggal beli aja ...isinya yg buat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Dwi... isinya seperti bikin telur dadar... dicobain ya...

      Hapus
  3. Owalah maak..kirain kulit pangsitnya buat ngebungkus. Ngebayangin betapa imut martabaknya. Ternyata ga dilipet n ditemplokin ke adonan pas digorengnya, ya. Kreatip euy!
    Kalo aku seringnya bikin martabak mie pake kulit lumpia yg siap pake itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak...hihi...kres diluar lembut didalam mak....
      Martabak mie jg enak... tp sy seringnya beli mak, krn suami krg suka, jd drpd bkin tp cm sy yg mkn...mending beli sj barang 1 atau 2 biji... hihi..
      Terimakasih...

      Hapus
  4. nah, mak ini aku bisa makanya suka buat juga, kalau ada resep yg praktis lagi ya, jangan lupa diposting, biar aku bisa dipuji dikit deh soal masak memasak, he, he, he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sippp mak Tira... insyaallah....
      Happy Cooking always mak....

      Hapus
  5. Saya biasanya melipat kulitnya seperti amplop gitu Mak tapi ya jadi imut dan kecil sih. Saya pindah haluan deh. Mau coba cara ini. TFS Mak,. besok share cara bikin siomay dong tapi versi yang paling gampang dan pasti enak ya Mak *minta dikeplak* :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip mak... insyaallah... hbs pilpres sj ya... mo mudik dl nih nyoblos dikampung... hehe..

      Hapus
  6. wahhhh ,,,,, asik asik asiiiiiik ...... :) makan martabok ...... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo Mas Fiu...silahkan utk buka puasa ya...boleh dibungkus kok... hihi

      Hapus
    2. brp satu bungkusnya mbak ,,,, :)

      Hapus
    3. hehehehe, dpt pahala bnyk nih mbak irowati klo gratis ... :)

      Hapus
    4. Mudah-mudahan... Aamiiin

      Hapus
  7. duh mbk,maghrib tinggal beraja lagi sih??elus2 lidah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih lamaaa... masih ada kesempatan bikin kok mbak... ayuks...bentar doang kok... hihi

      Hapus
  8. berkunjung kemari sambil menyimak, selamat menunaikan ibadah puasa, salam. ditunggu kunjungan baliknya ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama...insyaallah segera berkunjung balik...

      Hapus
  9. ngomongin makanan dibulan puasa itu sesuatu banget, apalagi di siang bolong.. wuihhhhh... muantaapppp dan pastinya mengundang selera, mau dong. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh...silahkan...hehe..
      Terimakasih kunjunganya..

      Hapus
  10. Duh, andaikan gue jadi anak buah suami, Mbak....pasti gue merasakan nikmatnya martabak itu T,T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah jd anak buah suami sy...bs kok menikmati....asal mau mampir sni...
      Tp klo pas lg bikin ya...hihi...

      Hapus
  11. Kalau udah ada julitnya jadi praktis buat martabaknya ya, Bu.
    Kan part buat kulitnya yang syusaah. :D

    Kremes martabaknya, Bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...tp sbnrnya bikin kulitnya sih mudah tp nguletnya bikin bahu kemeng...puasa gni.. yah pilih yg praktis sj ya... hihi
      Kremes bgt mbak...kres kres...

      Hapus
  12. Sambil memasak gak ketinggalan di foto juga..
    Cara memasak yang keren.. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih...memanfaatkan moment.. hihi

      Hapus