Senin, 09 Juni 2014

Ramuan Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Beberapa hari yang lalu, aku berkunjung ke rumah seorang sahabat. Seperti biasa hampir setiap orang yang bertemu denganku akan menanyakan kesehatanku. Alhamdulillah...senang punya sodara, sahabat, teman, dan tetangga yang selalu perhatian. Luv you all...

Kemudian sahabatku bercerita bahwa waktu di Sekolah anaknya ( anaknya masih TK ), bertemu dengan Neneknya teman anaknya. Si Nenek bercerita bahwa usianya sudah 60 tahun, tapi temanku heran karena si Nenek masih begitu sehat. Kemudian si Nenek bercerita bahwa dulu waktu usianya 40 tahun, beliau mengidap kista di rahimnya dan kista itu sudah besar sehingga perutnyapun kelihatan membesar dan harus segera dioperasi. Dan waktu itu kadar gula darahnya juga menunjukkan adanya gejala ke arah diabet.

Si Nenek takut untuk operasi, kemudian setelah tanya sana-sini tentang pengobatan alternatif. Dapatlah si Nenek sebuah resep ramuan yang menurut beliau mudah dan patut dicoba. Setelah diminum secara teratur alhamdulillah atas izin Allah, penyakitnya bisa sembuh tanpa operasi.

Tapi si Nenek masih saja tetap mengkonsumsi resep ramuan itu tanpa henti, hingga beberapa waktu lalu si Nenek melakukan general check-up. Dan hasilnya sangat memuaskan, kolesterol tidak ada, asam urat tidak ada, diabetes tidak ada. Pokoknya Ok kata Dokter, sampai-sampai Dokternya bertanya apa resepnya kok sudah sepuh begitu masih begitu sehat. Dan berceritalah si Nenek tentang resep ramuan tersebut.

Dan resepnya dibagikan juga kepadaku oleh sahabatku karena saat ini masih ada mioma di rahimku, semoga Allah memberi kesembuhan lewat ramuan ini. Karena sehebat apapun obat yang kita minum bila tanpa izin dari Allah untuk sembuh kan percuma saja. Jadi tetap berdoa dan berusaha. 

Dan inilah dia resepnya "Sari Wortel dan Labu Siam"...

Sari wortel dan Labu siam
Bahan :
  • 1/4 kg wortel kupas, cuci bersih
  • 1 bh Labu siam uk. besar sedang, belah menjadi 4, buang isinya, cuci bersih
seperti ini :

wortel dan labu yang sudah aku kukus kira-kira 5-10 menit
Cara membuat :
  • Setelah semua bahan dicuci rebus kurang lebih 5-10 menit, jangan lebih ya...angkat dan dinginkan.
  • Masukkan dalam Juicer sampai habis ( bila tidak ada juicer,  bisa diparut dan diperas )
  • Sajikan.
Satu resep ini menghasilkan satu gelas, untuk 1 orang. Minum setiap pagi sebelum sarapan. Rasanya manis walaupun tanpa gula dan mengenyangkan !...

Mengapa harus dikukus ? Karena menurut penelitian kandungan anti oksidan dalam wortel akan meningkat 34, 3% bila dikukus dalam waktu cepat terlebih dahulu. Dan untuk labu siam proses pengukukusan berguna untuk menghilangkan getahnya yang lengket. 

Kasiat Wortel antara lain :
  • Mengobati dan mencegah kanker ( karena kandungan anti oksidannya yang tinggi )
  • Menurunkan Kolesterol
  • Menyehatkan dan mencerahkan kulit
  • Mengurangi resiko terkena serangan jantung dan stroke
  • Sangat baik untuk kesehatan mata dan paru-paru.
  • Menyuburkan rambut dan masih banyak lagi kasiat lainnya.
Kasiat Labu siam antara lain :
  • Karena kandungan asam folatnya tinggi maka sangat baik untuk Ibu hamil, untuk mencegah bayi di kandungan mengalami kecacatan atau gangguan pada otak.
  • Menurunkan Kolesterol sehingga menurunkan juga resiko terkena penyakit jantung.
  • Mengeluarkan kadar asam urat dalam darah lewat air seni.
  • Untuk terapi Hipertensi
  • Sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes, mengingat kadar karbohidrat didalamnya cukup tinggi.
  • Baik untuk ginjal, karena labu siam juga banyak mengandung air.
  • Untuk mencegah sariawan
Kedua serat sayuran tersebut sangat baik untuk pencernaan, maka dari itu seratnya saya buat campuran puding atau saya buat untuk campuran pepes tahu. Dan hasilnya enak lho....mak glender-glender....Mungkin anda ingin membuat variasi lain dari serat sayuran ini....silahkan.

Sumber kandungan gizi Wortel dan Labu siam bisa dilihat di :

Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum...


25 komentar:

  1. Saya juga beberapa kali dbuatkan jus wortel
    Jus labu siyem belum pernah nyoba
    Ternyata banyak manfaat nya ya Jeng
    Terima kasih info dan tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya PakDhe...sama-sama...semoga bermanfaat ...Salam hangat juga dari Sidoarjo

      Hapus
  2. Maak ...ini aman ya buat penderita diabet? Aku mau coba. Sekalian buat ibuku yg diabet juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak...kan tdk pkai gula...mnrt yg sy baca jg begitu dan tetangga sy jg menderita diabet tp biasa konsumsi labu siam utk menurunkan kadar gula dan jg ini sgt mengenyangkan mak kr mengandung karbohidrat...sy mnm pagi sampai agak siang sj msh kenyang....semoga Ibunya suka ya mak...

      Hapus
    2. Wah gitu ya, mak? Baiklah. Segera praktek. Makasih ya buat resepnya :)

      Hapus
    3. Sama-sama Mak Riana...

      Hapus
  3. sy suka makan keduanya tuh mba ... apalg wortel mash segar ... langsung santap aja tanpa direbus .... hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...makanan sehat ya mas Fiu...mmg boleh mentah boleh direbus...tp konsumsi pling baik direbus cepat...semoga selalu sehat dg mknan sehat ini ya...

      Hapus
    2. aamiin ......... aamiiin .,.... :)

      Hapus
  4. Baru tahu jus labu siam...pnasaran jadinya mbk.. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba mbak Hanna...manis kok walaupun gak pkai gula...kata suami rasanya kok spt Milo ya....hehe...selamat mencoba...

      Hapus
  5. hemm mbayangin rasanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak kok mbak...manis walopun tanpa gula....hehe

      Hapus
  6. Trnyata proses mmpengaruhi juga ya, Mba. Proses merebus itu.

    Semoga kita semua sehat selalu ya, Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...begitu yg saya tahu, baik dari buku atau dari ahli gizi, klo terlalu lama masaknya jg zat2 yg diperlukan menghilang...Amiiin....terimakasih mbak Idah

      Hapus
  7. Kalau diblender aja sama sama seratnya dimakan gimana mak? sayang nih cuma diminum airnya aja :p Mudah-mudahan ini manjur buat menghilangkan miom di rahim Mak Iro ya, aamiin ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya gpp Mak...cm agak serek krn kebanyakan serat...makanya seratnya biasanya sy buat puding atau dibikin pepes dicampur tahu mak Arifah...Amiiin,,,terimakasih do'anya..

      Hapus
  8. oh,,,itu namanya labu siam,,baru tau mak aku namanya,,itu sering aku buat lodeh mak,,ternyata bisa buat jus juga ya,,makasih mak Iro,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak ada yg menyebutnya manisah, labu jipang, atau ketimun jepang....enak memang mbak kalau dilodeh atau dioseng....kalau di Surabaya, dimsk lodeh, diberi opor ayam, telur rebus, sambal petis + lontong biasanya disebut Lontong cap gomek kan...huenak....
      Sama-sama mbak Dwi...

      Hapus
  9. Subhanallah..ijin kopas ya mbaa, nuhun...semoga dirimu cepet sembuh yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Mbak Dewi...Amiiin,.,terimakasih,,,

      Hapus
  10. Saya suka banget mak sama juice wortel, tapi kalau labu siam waahh saya belum pernah nyoba tuh. Btw semoga lekas sembuh ya mak,

    BalasHapus
  11. makasih sharingnya mbak,kebetulan suami sy kolestrol,siap dipraktekan nih mdh2n suami bebas kolestrol juga...

    BalasHapus
  12. Makasih ya mba, kok sama dg kasus ku, usia 40 mulai ada gejala diabet, ada miom juga. Tp Alhamdulillah jd semangat dg mmbc tulisan ini , insya Allah ditelateni mnm jus labusiam wortel smg smua masalah bs normal sehat.

    BalasHapus