Kamis, 19 Juni 2014

Membuat Boneka Siput yang Imut

Dari saya kecil, saya suka sekali yang namanya Prakarya atau Kerajinan tangan. Dulu di lemari kaca ruang tamu rumah di desa penuh hasil karyaku, mulai bunga-bunga dari kertas, dari tissue warna warni, dari benang, bunga kering, batok kelapa untuk asbak, dan masih banyak lagi.

Sayapun bisa menjahit dan pernah menerima jahitan di rumah, berhubung setiap kali menjahit mata saya bintitan, maka saya berhenti, padahal pelanggan saya lumayan banyak lho. Dan anehnya mata saya juga tidak bintitan lagi...aneh ya...?.

Setelah menikahpun saya masih suka melakukan hobby yang satu ini, sampai akhirnya banyak yang suka dan banyak yang pesan, mulai dari kain flanel sampai benang rajut. Alhamdulillah, hobby yang menghasilkan...sebagian dari karya saya  : 

sebagian karya-karyaku...
Nah... kali ini saya akan berbagi ilmu dan akan bersama-sama membuat prakarya yaitu membuat Boneka Siput yang imut seperti ini......



Nah...Imut banget kan...yuksss kita mulai....

Bahan :
  • Kain perca / kain lain, lebih baik yang berbahan katun bermotif dan polos  ( kebetulan dirumah banyak kain perca )
  • Dacron 
  • Renda
  • Benang dan jarum
  • Lem UHU
  • Mata mainan / manik manik kecil untuk mata
Cara membuat :

buat pola siput seperti gambar, letakkan diatas kain rangkap dua saling berhadapan,
kemudian gunting dan lebihi 1cm seperti gambar
balik kedua kain, jahit pada pinggir yang saya beri garis putus-putus hitam,
sedang garis merah sisakan biarkan terbuka, nantinya untuk lubang memasukkan dacron


setelah dijahit, gunting seluruh pinggiran yang sudah dijahit,  berjarak 1 - 2 cm,
tapi jangan sampai menggunting jahitan ya, tujuannya apabila nanti dibalik,
dan diisi dacron, lekukan tidak berkerut
balik kainnya kemudian masukkan dacron sampai padat ya...seperti gambar..
kemudian beri pita pinggiran rumah siputnya, caranya lipat pinggiran kain masuk ke dalam,
dan tempelkan renda di atasnya, kemudian jahit, pemasangan renda diawali dari jahitan
bagian belakang siput ya agar tampak rapi

pasang rumah siput dan badannya seperti gambar menggunakan bantuan jarum pentul
jahit rumah siput dan badannya, caranya singkap renda, akan terlihat sisa kain,
jahit diatasnya dimulai dari leher depan ke belakang dan sisi berikutnya.
jika jahitan akan mencapai kurang lebih 5 cm menuju jahitan pertama, berhentilah
kemudian masukkan dacron untuk memadatkan boneka, jika sudah padat, lanjutkan
menjahit sampai selesai.
lanjutkan memberi mata pada kepalanya dan beri hiasan pita atau yang
lainnya agar tampak cantik
dan taraaa...cantik juga yang untuk menghias kursi....sayang fotonya silau karena
dah malam kena sinar lampu... ( maklum hp jadul )
anak-anakpun suka...kebetulan tadi anak temanku lagi main kerumah,
dan aku buatkan, wahhh dia senang sekali bermain dengan si siput
yang dia beri nama Naily, katanya dari kata snail ( siput )
hehehe.....
Nah membuat prakarya atau crafting itu menyenangkan diri sendiri dan orang lain bukan..?, jadi yang sedang menyukai dan belajar tentang crafting saat ini jangan menyerah ya....Semangat..!!!
Happy Crafting always....






34 komentar:

  1. nah ini berbagi buat anak ala mak irowati , siplah mak, semoga semakin semangat crating ya!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak Tira...terimakasiiiiiih....

      Hapus
  2. Yang tubuhnya itu dari kain satin ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...tapi lebih baik pkai kain katun saja...yg biru itu pkai kain katun...sdg yg sy bkin tutorial itu kain satin krn gak ada kain yg warna senada yg katun...maklum kan kain-kain sisa mbak....hehe

      Hapus
  3. lucunyaaaaaaaa....siput emas ya mak,,,ups, siput perak namanya hihihi.. semoga menang mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...terimakasih mbak Aida....

      Hapus
  4. Waaa siputnya lucuu...
    Gut lak buat GA-nya ya, mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mak Riana....bikin yuks....

      Hapus
  5. wah mak,,,sepertinya aku perlu berguru padamu nih,,,cantik2 nih prakaryanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mbak Dwi...ayo main ke Sidoarjo...hehe

      Hapus
  6. Bagus banget...saya dari dulu kagak bs je bikin ginian...sukses GA nya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang kok dicoba dulu yuks.....terimakasih mbak...

      Hapus
  7. Wah, hobi yang bisa menghasilkan mbak. Ikutan pesan boleh ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mas silahkan...dengan senang hati....

      Hapus
  8. wah... sangat menginspirasi sekali nih, apapun yang dilakukan dengan tekun pasti menghasilkan yia bos, tinggal kita mau atau tidak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups betul bangetttt.....!...

      Hapus
  9. Ohmg,,, imuuuttt banget maaak boneka siputnya.. cius lucu bangeeet. Mak irowati emang kreaatif banget deh... (2 jempol ya mak)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mak Tinaa....ayo bikin makk utk hiasan di kursi ruang tamu lucu lho....

      Hapus
  10. Balasan
    1. hehe...ayo bikin mbak....gampang kok...

      Hapus
  11. Bagusss..... jadi pengen nyobain tutorialnya nih mbak. Cocok banget buat kado ultah atau kado bayi. Saking amaze-nya sampai bingung mo komentar apalagi. hihi....
    Sukses selalu dengan usaha craftnya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Susi...hayo dicoba bikin pasti bisa...mbak Susi kan sudah mahir banget...karya-karyanya juga luar biasa lho...Happy crafting always mbakkkk...

      Hapus
  12. Ternyata hasilnya gedhe ya mbk kupikir krucil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau dibikin besar atau kecil juga bisa kok mbak...tergantung selera dan polanya saja...hehe...jd bisa liliput atau raksasa....hehe

      Hapus
  13. Melipir aku, Mak...

    Buat kelopak aja aku sudah susah payah...
    Batal ikutan keknya saya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Rahma...bkin prakarya lain sj gak usah ngrajut dl....hehe...
      Semangat Mbakkkkk...!!

      Hapus
  14. salam kenal mba. wah dari kecil sudah membuat prakarya, hebat. Tutorialnya sangat rinci, terimakasih atas sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak Dina...sama-sama mbak...semoga bermanfaat...

      Hapus
  15. Bintitan, Mba? Qiqiqiqi
    Hasilnya mirip siput. Kalau saya yang buat pasti pletat pletot gak jelas. :D


    Oya, Mba. Nitip informasi di sini, yes.

    Ngajak Mba Iro juga untuk ikut Giveaway di blog saya, ya. Enggak harus mempunyai Nokia Lumia. Yg pnting ceritanya dikaitkan dg fitur nokia yg bernama Live Tiles.

    http://idahceris.com/informasi/honestly-giveaway-jangan-kudet-dong-2/

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Idah anek kan klo keseringan jahit matanya bintitan....aneh ya...hihi...
      Ok mbak insyaallah....cari info-info dulu nih....soalnya emak satu ini salah satu yang bisa dibilang "kudet" je mbak.....hihi...thankyu

      Hapus
  16. Mak boleh pesan bantalnya satu ? Lucu bangetttt...

    Sukses GAnya nih Mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dong mak...dengan senang hati...saya ada yang 1 paket 100rb, isi 3, kecil, sedang dan besar.....yg saya buat itu ukuran kecil mak....
      Bisa untuk mempercantik kursi tamu jg...atau untuk bantalan pipi wkt tdr jg sangat nyaman....hehe

      Hapus
  17. pasti ini mengikuti Giveaway mbak Susi Ernawati blogger asal jepara itu buka? yang hobi buat flanel-flanel itu beliau juga pernah bergelut dengan dunia mebel itu kan?

    moga-moga aja sih sukses acaranya. saya cuma bisa mengucapkan doa terindah buat blog mbak irowati ini aja kok

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali Mas....terimakasih atas doanya ya Mas....Barrakallahufikum...

      Hapus