Jumat, 13 Juni 2014

Lodeh Jantung Pisang ( Onthong )

Tiga hari lalu waktu belanja di Pak Sayur langganan, nemu Jantung pisang ( onthong dalam bahasa jawa ). Jadi kebayang kalau dilodeh atau di urap pasti enak. Hemmm....kalau bikin urap harus beli kelapa muda dulu, jauh. Yah lebih baik di lodeh saja, kebetulan lagi pingin sayur yang berkuah.... 

Tahu tidak, jantung pisang ini juga mempunyai khasiat yang oke punya lho. Karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, maka sangat bagus untuk penderita diabetes karena sangat mengenyangkan. 

Makanya aku sarapan jam 07.00, perutku berasa kenyang terus sampai jam 02.00 siang padahal biasanya kan dah berteriak-teriak minta diisi....hihi.. ternyata banyak mengandung karbohidrat..!, bisa untuk program diet nih... 

Selain itu jantung pisang mempunyai zat yang berguna untuk mencegah pengumpalan darah, jadi bisa mencegah penyakit jantung dan stroke. Dan juga bagus untuk pencernaan karena kandungan seratnya yang top markotop.

Jantung pisangnya seperti ini pemirsa :

Jantung pisang hanya Rp. 3.000,- ( kalau didesa gratisss)

Setelah dikupas tinggallah segini...siap di eksekusi...
Bahan :
  • 1 Buah Jantung pisang 
Bumbu halus :
  • 3 siung Bawang merah
  • 4 siung Bawang putih
  • 1 sdt Ketumbar
  • 5 bh Cabe rawit ( sesuai selera )
  • Garam secukupnya
  • 1/2 ruas jari Kencur
  • 1 potong tempe kecil ( uk. 4x4 )
Bahan tambahan :
  • 2 ruas jari Laos
  • 2 lbr Daun salam
  • 3 lbr Daun jeruk purut
  • 1/2 sdt Kaldu bubuk ( bila suka / lebih baik menggunakan air kaldu buatan sendiri bila ada )
  • 1 gelas Santan kental ( atau bisa diganti santan instant 1 bungkus saja )
  • Air secukupnya.
Cara memasak :
  1. Setelah jantung pisang disiangi, belah dan potong-potong sesuai selera, cuci 
  2. Masak air secukupnya ( sesuaikan dengan banyaknya jantung pisang ), biarkan sampai mendidih baru masukkan jantung pisang, bila sudah empuk angkat, buang airnya.
  3. Masukkan bumbu halus, laos, daun salam, daun jeruk purut dan air sedikit. biarkan mendidih dan bumbu meresap.
  4. Terakhir masukkan kaldu dan santan, tambahkan sedikit air lagi hingga banyak kuahnya sesuai selera.
  5. Biarkan mendidih. Angkat sajikan...

Sayur jantung pisang sederhana rasa luar biasa....hiahahaha..

Nah kebetulan ada teman yang kepingin sekali lodeh jantung pisang, sekalianlah dibagi untuknya. Dan olalaa...dia bahagia sekali. Wah sungguh bahagia hidup ini bila diisi dengan berbagi walaupun terkadang dengan sesuatu yang tidak berarti, tapi bila kita berbagi dengan iklas dan suka cita, pasti kenikmatannya sangat luar biasa, betul kan ? ....

 Tentang Jantung pisang ini bisa ada baca diantaranya di sini :

Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum...

13 komentar:

  1. sy belum pernah makan masakan dri jantung pisang nih mbak ....

    rasanya gmn yah ? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya enak seperti sayur lainnya...mungkin seperti sayur nangka muda tapi lebih kres....hihi
      Di tempat mas Fiu tidak pernah ada yang memasak gini ya...

      Hapus
    2. ow ... lbh kres kres yah mba ....

      seinget sy di kampung ibu saya tdk pernah masak jantung mba .... heheh

      Hapus
  2. Seumur2 saya belum pernah lho mak makan jantung pisang (dan g berani coba) g tau kenapa, belum pernah coba sekalipun, saya bisa bilang saya g suka sama jantung pisang,,, kalau pisangnya saya sukkaaa banget ehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum nyoba kenapa bilang gak suka makkk?...rasa spt sayur nangka muda...direndangpun enak lho...
      Jangan2 nanti nyoba sekali trus jd ketagihan....hehe...

      Hapus
  3. aku cuma pernah ngerasain yang diolah jadi 'bothok', biasanya sih dicampur sama lamtoro (kalo daerah lain nyebutnya lamtoro itu apa ya?) Enak . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul betul...dibothok jg enakkk... ayuk nyoba yg dilodeh...enak juga kok...hihi
      Terimakasih atas kunjungannya...

      Hapus
  4. Mbak onthong pisang makanan kesukaanku ini, tapi enggak bisa masak, suka kalap kalau dimasakin ibu mertua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu sudah ada resepnya dicoba hayukkkk....gantian Ibu mertua yg dimasakin....hehe

      Hapus
  5. sepertinya enak banget nih mak,,,belum pernah maem jantung pisang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba mbak Dwi...enak kok....hehe...

      Hapus
  6. Dulu aku suka makan sayur jantung pisang... biasanya dimasak kek lodeh gitu, itu waktu aku masih keciiil..hihiii sekarang enggak pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang jarang yg jual Mak Astin...tp klo didesa banyak ya malah gak usah beli....hihi

      Hapus