Senin, 28 April 2014

Tutorial Topi Cantik dari Tutup Botol Bekas

Tutup botol, benda yang biasanya dibuang begitu saja tanpa perasaan...hiahhh...karena kasian saya pungutlah setiap ada tutup botol menampakan wujudnya didepan mata, dan sayapun berpesan kepada teman dan tetangga bila punya tutup botol jangan dibuang, berikan ke saya saja...hihi...modus.com.
Hingga terkumpul lumayan banyak, tapi baru bisa dieksekusi hari ini, jadi sekalian saja jepret sini, jepret sana seperti paparazi....hehe....jadilah sebuah tutorial ini. Hasil eksekusinya seperti ini pemirsa....cantik bukan?...secantik yang bikin...cieee.....




Yuk langsung saja merapattttt......

Bahan dan alat :

  • Tutup botol bekas
  • Kain satin / kain perca
  • Kertas karton 
  • Lem tembak
  • Benang dan jarum
  • Manik-manik
  • Kancing bentuk bunga 
  • Pita
  • Flanel 
  • Peniti / Jepit / Bandana
( untuk manik-manik, kancing, pita dan flanel bisa disesuaikan dengan keinginan ) 

Cara membuat :

siapkan tutup botol bekas
gunting kertas karton bulat dilebihi 1 cm dari tutup botolnya ya...
seperti ini pemirsa...
kemudian gunting kain berbentuk lingkaran yang cukup untuk
membukus tutup botol dan yang satu cukup untuk membungkus kertas kartonnya
kemudian jahit jelujur seluruh tepian kain yang sudah dipotong berbentuk lingkaran tadi..
masukkan tutup botol, dan tarik benang, rapatkan...
rapatkan benang dengan ditarik dan dimasukkan secara zig-zag seperti ini ya..
tujuannya agar rapi dan kencang...
lakukan yang sama pada kertas kartonnya...jadi seperti ini ....
beri lem tembak diteripannya dan tengah juga ya ...
( lem tembaknya sampai belepot gitu keseringan dipkai...hihi)
rekatkan pas ditengah-tengah karton yang sudah dibungkus...seperti ini..
siapkan kancing berbentuk bunga, pita uk. 0,5 cm bentuk ikatan pita seperti diatas
dan satu lagi potong sepanjang diameter tutup botol yang sudah dibungkus
ditambah 1-1,5 cm
beri lem seluruh bagian bawah tutup botol
rekatkan pita berkeliling seperti ini pemirsa...
kemudian beri lem pita yang sudah dilipat, tempel..
terakhir beri lem kancing dan rekatkan ditengahnya...
Taraaaaa....jadi imutttt banget kan...tinggal diberi peniti dibelakangnya atau
jepit atau ditempel saja di bandana...pasti cakep..kep deh....
Bagaimana pemirsa..? mudah dan menarik pastinya....produk daur ulang yang cantik ...membuat kreasi cantik sembari menyelamatkan dunia dari tumpukan sampah plastik kan??, Selamat mencoba

Semoga bermanfaat...

Barraakallahufikum...



38 komentar:

  1. Cute banget Mak. Langsung kebayang gadis-gadis pakai gaun mekar plus topi macam ini hi hi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak...sy suka bgt spt itu makanya ide hiasnya jg dr situ....jadul2 gmn gt...hihi...

      Hapus
  2. Cantiknyaaa. Selalu kagum sama teman-teman yang jago bikin macam-macam craft. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak susah kok mak Haya....mungkin kalau anak2 ada tugas bikin ketrampilan dari barang bekas, bisa dibikin seperti ini mak....terimakasih sdh berkunjung...

      Hapus
  3. Waah sukaa...kreatif mak ;)
    engga kepikiran kalo tutup botol bisa dibikin gituan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya banyak mak kreatifitas2 gni di internet kalau mau cr referensi, tp mgkn caranya ada yg beda2 bahan jg beda2....dr kecil sy suka bkin2 dr bhn2 ( brg bekas ) seadanya jd keterusan mak....hehe...

      Hapus
  4. telaten banget sih Mak... :) aku contek ilmunya boleh Mak??? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan...contek yang bermanfaat dariku Makkk....hihi

      Hapus
  5. Bagus sekali kreasinya, Mbak. Maaf nanya, lem tembak itu apa sih? Hihiii saya meninggalkan prakarya sejak lulus sekolah. Makanya sekarang prakarya anak-anak minimalis gara-gara emaknya nggak kreatif :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lem tembak disebut jg lem bakar, lemnya bentuknya stick panjang dan padat,warnaa putih bening, cr mengunakannya memakai alat yg namanya glue gun, ini pkai listrik mbak spt solder gt cr kerjanya...atau dibakar biasa pkai lem klo g punya alatnya, cm hasilnya agar hitam klo pkai dibakar biasa pkai lilin...byk dijual ditoko bangunan atau toko alat2 ketrampilan/ditoko alat tulis biasanya jg ada...

      Hapus
  6. Ahhh.... besokk mau nyobaa aahhh... lucu dan gampang yaa mbak kayaknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...insyaallah gampang banget...tinggal lem dan tempel...hehe...selamat mencoba...

      Hapus
  7. Mbak gampang banget, asyik...bross-nya aja belum buat ini sudah ada ilmu baru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...buat stock ilmu mbak Ika...hehe

      Hapus
  8. Lucuuu! Mau bikin ah...
    #mungutin tutup botol dari sampah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak silahkannn....semangat mungut!!!....hihi...

      Hapus
  9. Waaah kreatif, mak.....pengen coba aah....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak silahkan...semoga sukses....!

      Hapus
  10. Balasan
    1. Iya...seperti yang berkunjung....cantikkk...

      Hapus
  11. keren mak, kreatif. Kalo ditambahin jepitan sepertinya akan lebih keren lagi ya... pengen nyoba ah... makasih sharing nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak bisa untuk jepit, bandana, tempelan kulkas, bros.....Sama2 mak...

      Hapus
  12. cantiknya.. ijin dowload/copas ya, mbak Irowati. Saya mau cobain ah nanti kalo ada bahan2nya..

    postingannya bermanfaat banget.. So kreatif !!

    -Ayunda Slamet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak copas saja.....semoga sukses ya....

      Hapus
  13. tambah lagi ide nih buat main carft bareng anak-anak. mbak Irowati eamng telaten dan kreatif deh. kalau saya bikin, tak secantik dan serapih mbak. jadi ngiler nih lihat hasil-hasil yang mbak buat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mak...mgkn karena sering bikin jd lebih teliti mak...Ayo mak bikin...happy crafting always....!

      Hapus
  14. aaw.. aaw.. aaw.. makasih maak sharenya! Besok langsung praktek!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama makkk...silahkan...semoga sukses ya...

      Hapus
  15. cantik banget, deh hasilnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mak myra...dicoba bikin yah...

      Hapus
  16. Cantikk... Pengen nyobain... Nyontek ah... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak....mulai kumpulin tutup botol ya...hihi...

      Hapus
  17. wih,,bagus banget mbak,,kapan2 aku mau coba juga,,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak Dwi...terimakasih ya sdh mampir ....

      Hapus
  18. Cakep sekali...pengen nyoba juga...makasi sdh menginspirasi ;)

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. Terimakasih...hayuk bikin mbak... ^_^

      Hapus