Sabtu, 26 April 2014

Tutorial Membuat Tempat Pensil dari Paralon

Hallooo....kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat tempat pensil dari pipa paralon, akan tetapi bila tidak punya bisa kok dengan apasaja yang penting berbentuk tabung pemirsa, seperti isolasi lak ban yang sudah habis, bambu dan sebagainya.


Yuks kita mulai...bismillah...

Bahan dan alat :

  • Pipa paralon  ( atau yang sudah saya sebutkan diatas )
  • Kain flanel
  • Lem UHU
  • Benang dan jarum

Cara membuat :
Siapkan potongan pipa paralon uk. 2,5 (sesuai selera ), setinggi 10 cm atau isolasi lak ban yang
sudah habis 2 buah ( nanti di susun dan diisolasi sambungannya, kebetulan isolasi saya masih, jd sayang kan...xixixi
untuk bagian luar  : potong kain flanel sepanjang diameter luar paralon + 2 cm
sedang untuk dalamnya : potong kain sepanjang diameter luar paralon  + 1 cm
untuk lebarnya : ukuran tinggi paralon + 1 cm
masukkan kain flanel yang untuk dalam seperti ini...
buka bagian pinggir flanel, beri lem dari ujung lubang ke ujung satunya...
kemudian ratakan kain menutup seluruh bagian dalam paralon
beri lem pada pinggir kain dan rekatkan...
tempelkan bagian luar seperti gambar, posisikan sejajar dengan bagian dalam yang diberi lem...
jahit sambungan luar agar rapat dengan tusuk feston atau dilem saja juga boleh
* saya lebih senang dijahit karena lebih kuat dan awet *
akan jadi seperti ini...
jahit pinggiran kain flanel dengan tusuk feston lagi sampai selesai...
jadi seperti ini dan lakukan hal yang sama pada sisi lainnya...
gunting kertas karton / kardus bekas seukuran diameter dalam paralon,
gunting juga kain flanel ukuran yang sama dilebihi 0,3 cm dipinggirnya...tampak seperti diatas
guntung dua buah ya, dan letakkan kertas karton diantara keduanya
kemudian jahit sisinya dengan tusuk feston...
menjadi seperti ini....
letakkan diujung salah satu paraon dan jahit dengan tusuk andalan saya...
tusuk feston....tapi bila anda kesulitan lem saja dengan lem tembak...agar praktis..
tapi lagi-lagi saya lebih suka dijahit karena lebih kuat...
seperti ini pemirsa....
siapkan hiasan atau aplikasi untuk menambah sempurna tampilannya ya pemirsa...
rekatkan dengan lem UHU...dan taraaaaaaa inilah hasilnya.....lucuuu banget kan...

Bagaimana pemirsa ? murah meriah bukan ?....memang sebuah kreatifitas butuh ketelitian dan kesabaran, jadi jangan putus asa ya.....Selamat mencoba

Semoga bermanfaat...

Barrakallaahufikum....

27 komentar:

  1. Bisa bikin tempat bros nih. Makasih mba :) Bermanfaat banget...nget nget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mba...alhamdulillah....

      Hapus
  2. iiiyy...bagus banget Mak Irowati, kapan2 mau ajak putriku bikin ini aaah. Terima kasih utk sharenya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. okey mak Uniek...pasti seneng putrinya....sama2...

      Hapus
  3. kreatif pisan euy ,,,,heheheh ,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah euy...heheheh...

      Hapus
    2. yah, ikut2n bilang euy juga deh ,,,,, hehehehe :P

      Hapus
  4. Balasan
    1. yuk mbak Aida bikin....lumayan lho bs dijual....hehehe...

      Hapus
  5. cantiiik, pgn bikin jugaaak, tp biasanya klo d tanganku jd mletat-mletot :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...dicoba terus jangan putus asa ya Miss...happy craftting...

      Hapus
  6. Wah... postingan keren lagi nih. Tar mo nyobaiiiiin.
    Makasih banyak, Mak. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 ...silahkan mak Nia....

      Hapus
  7. pernah nyoba bikin tapi dari tempat gulungan tisu, mak. dan ternyata.. saya tidak pandai membuat pola hiasnya, heuheu..
    mau dong belajar flanel mak.. andai kita jaraknya deket, :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, digambar sj dl dikertas mak hiasannya, baru dipakai u pola di kain flanelnya....wah kalau deket sy jg seneng banget bs berbagi ilmu....^_^

      Hapus
  8. Wah, bisa jadi bahan untuk anak-anak bikin-bikin nih, Mak. TFS ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak Sary, anak pasti suka diajak bikin-bikin gini......Sama-sama mak....

      Hapus
  9. wow dari paralon bisa jd tempat pensil cantik yah.. kreatif :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh dipraktekin mbak...hihi...siapa tahu dirmh ada paralon atau lak ban yg sdh habis...hihi

      Hapus
  10. asiiik ada tutorial ini. kebetulan Cici sedang keranjingan bikin kerajinan dari kain flanel dan barang bekas. Trmkasih, ya, mbak Irowati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Ani...semoga sukses ya,,,,

      Hapus
  11. kunjungan perdana, salam perkenalan, silahkan berkunjung balik ketempat saya, barangkali berminat saya punya banyak vcd pembelajaran untuk anak2, siapa tau anda mempunyai adik,keponakan atau mungkin anak yang masih kecil, vcd ini sangat membantu sekali dalam mengasah kecerdasan dan kemampuan otak anak, serta bagus untuk membangun karakter dan moral anak sejak usia dini, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila tdk berkenan, trm kasih ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jg....terimakasih infonya...insyaallah nanti BW kesna...thankyu...

      Hapus
  12. Kerennn!!

    MAu coba ah dirumah ^^

    BalasHapus
  13. wihhh,,keren,,patutu di coba juga nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak...semoga suksese ya...

      Hapus