Sabtu, 14 November 2015

Sambal Pindang


Pindang adalah ikan yang sudah dimasak dan diawetkan dengan cara digarami dengan kadar garam rendah. Di beberapa tempat ada yang menyebutnya ikan cue, tapi yang khas di jawa disebut ikan pindang. Pindang memiliki arti ikan yang digarami dan dibumbui lalu diasapi atau direbus agar kering sehingga tahan lama. Bahan ikan pindang biasanya ikan tongkol, tuna, salem, cakalang, kembung dan sejenisnya. 
Ikan pindang mempunyai rasa khas yaitu asin gurih, ada pula yang asin banget, tergantung jenisnya sih. Saya lebih suka pindang dari ikan salem, karena teksturnya lebih lembut dibanding ikan yang lain. Bisa dimasak apa saja di goreng biasa, digoreng dengan tepung, di pepes dan sebagainya. Nah kali ini saya akan membagikan resep sambal pindang. 

Rasanyaa hemmm mak nyus deh kalau kata pak Bondan, kalau kata Benu Bolo lazizzzz, gak tau tuh apa artinya laziz, katanya sih enak dalam bahasa arab. Padahal setahu saya kalau bahasa arabnya enak itu ladzidz atau ladzidzun, pakai dz bukan z... ya elah malah membahas bahasa *salah fokus. Langsung ke resep saja ya...

Foto seadanya... keburu dilahap ^_^
Bahan :
  • 2 ekor Ikan pindang salem ukuran sedang ( sesuai selera ), cuci bersih buang durinya, potong sesuai selera.
Bumbu :
  • 5 buah Cabe Merah buang isinya  
  • 5 buah Cabe kecil ( sesuai selera )
  • 3 siung Bawang putih
  • 2 siung Bawang merah
  • 1 buah Tomat kecil
  • 1 sdt Terasi
  • 1 sdm Gula pasir 
  • Garam secukupnya
Bahan lainnya :
  • 2 sdm Minyak goreng untuk menumis
  • 100 ml Air ( secukupnya )
  • Bawang merah goreng secukupnya
  • Kemangi secukupnya
Cara memasak :
  1. Haluskan semua bumbu sampai halus ( saya pakai mixer ).
  2. Tuang dalam wajan, masak sampai air yang terkandung dalam bumbu kering sambil terus diaduk-aduk.
  3. Beri minyak goreng, tumis sampai bumbu benar-benar matang sempurna ( tandanya bau langu bawang dan cabe menghilang berganti aroma wangi masakan ).
  4. Beri air biarkan sampai mendidih.
  5. Masukkan pindang, aduk perlahan sampai bumbu menyusut dan mengental.
  6. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng dan daun kemangi.
Nah bagaimana mudah bukan ?, lauk ini bisa di sajikan dengan sayur asam, tumis ataupun sayur lainnya sesuai selera. Kebetulan pas bikin gak ada kemangi juga gak ada bahan untuk bikin sayur asam. Maka dengan tumis sawipun rasanya tetep endhesssss. Resep ini juga bisa untuk ikan segar lainnya lho teman. Selamat mencoba !.

Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum...

10 komentar:

  1. klo bikin sambal pindang lg, bilng2 juga ow mb ke sy ,,, biar sy datang buat icip2 ,,,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beyesss ntar dimiscall yaa... Hihi

      Hapus
  2. Wah, ada tambahan kemanginya. Hmm.... sedep tuh mbak. saya kurang suka langunya kemangi mentah, tapi kalo matang itu rasanya sedep banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo sy suka semua mba... Hihi kyk embek suka dedaunan...

      Hapus
  3. dulu pas nyampe Batam,g nemu iwak pindang...soalnya disini banyak ikan seger,pindah ke Siak juga nggak nemu..ternyata baru mudeng kl ikan tongkol yang di kukus itu namanya ikan pindang hehehe...enak bangetttt dibumbu bali,favorut^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hemmmm diet bs gagal nih diriku...hihi...

      Hapus
  4. ngilerrrrrr (ketambahan di sini ga ada ikan pindang! huhuhu)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya ya... Pakai ikan tuna segar sj mak...rasanya jg enak kok... :-D

      Hapus
  5. wah kalo udah kayak gini saya bsia tepat waktu nih mbak hehhe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...tepat waktu makannya... hehe

      Hapus