Selasa, 27 Januari 2015

Cara Praktis Membuat Susu Kedelai


Alhamdulillah bisa ngisi blog hari ini, setelah beberapa hari ribet tapi bahagia menemani anak yang pulang dari pesantren karena liburan. So otomatis selama dua minggu disibukkan dengannya, mulai menemaninya ke toko buku, dan kegiatan lainnya. Maklum kita bisa bersama-sama cuma setiap akhir semester saja, jadi dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Nah untuk kali ini saya posting tentang cara praktis membuat susu kedelai, yang kapan hari saya dan anak gadis lakukan dan hasilnya sangat memuaskan. Dulu saya membuat susu kedelai dengan cara direbus dulu sampai empuk baru diblender, nah kali ini cukup direndam saja, sesuai anjuran dari adek yang sekarang berjualan susu kedelai di desa.

Susu kedelai siap diseruputtttt... sehat dan segarrr...

Baiklah segera kita mulai yaaa..

Bahan :

  • 250 gram Kedelai bersihkan dan rendam dalam air bersih selama kurang lebih 4-5jam
  • 500 gram Gula pasir ( sesuai selera )
  • 3-5 lembar Daun pandan
  • 5-6 liter Air
Kedelai yang sudah direndam akan menjadi lebih besar dari ukuran aslinya dan lebih empuk


Cara membuat :

  1. Setelah direndam, buang kulit ari kedelai yang sudah mengelupas ( bila ada yang belum, tidak mengapa biarkan saja )
  2. Blender sedikit-sedikit kedelai dengan air secukupnya.
  3. Siapkan panci, letakkan saringan yang diatasnya juga sudah diletakkan kain bersih ( sebaiknya kain khusus untuk menyaring bisa dari kain hero / pelapis untuk baju yang bisa dibeli ditoko kain ).
  4. Tuang kedelai yang sudah diblender diatasnya sedikit-sedikit, satukan kain dan peras kain yang sudah berisi ampas kedelai sampai air sari kedelainya benar-benar keluar semua.
  5. Ulangi sampai habis.
  6. Saring lagi air sari kedelai tadi dengan saringan biasa, kemudian rebus bersama gula dan daun pandan.
  7. Aduk sesekali agar susu kedelai tidak pecah sampai susu mendidih, aduk terus sebentar baru matikan kompor. 
  8. Bisa disajikan / dikemas saat dingin atau hangat.
  9. Bila suka bisa ditambah perasa pasta coklat, orange, strawberry atau yang lainnya. (pencampurannya saat susu sudah masak yaa.. )

Mudah sekali bukan membuat minuman yang sehat untuk keluarga ini, asal telaten dan niat yang kuat pasti semua akan bisa. Selamat mencoba....

Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum....

26 komentar:

  1. asik banget nih susu kedelai,dulu pernah bikin,g pake takaran asal cemplang cemplung,hasilya bayak bangett...botol kulkas penuh hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak aku dulu juga jg gitu, bikin langsung 1 kg ehh jadinya berbotol-botol... hehe

      Hapus
  2. mak iro bikin sendiri? wah ini mah sehat banget, udah bikin sendiri tanpa bahan yg aneh2 pula...khasiatnya ngena banget ke tubuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bikin sendiri... enak, sehat dan segar....
      Hayuk coba bikin mbak kalau pas libur... lumayan bisa awet 3-4 hari kok dikulkas...

      Hapus
  3. segeeer.dulu sih masih telaten mbak bikin sendiri, sekarang pilih beli langsung srupuuut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. beli lebih praktis lagi ya mbak...

      Hapus
  4. boleh lah nyruput banyak .... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bolehlah... sepanci juga boleh, tp pancinya mas fiu sdri... hahaha

      Hapus
  5. bener nih praktis. Aku dulu kalo bikin juga direbus dulu kedelainya. Thanks mega tuk resepnya. Kapan-kapan dicontek yah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok... silahkan mbak...semoga sukses

      Hapus
  6. ampasnya gimana mak? bisa dipakai apa?? saya suka bikin jus wortel, suka sayaang banget ampasnya kebuang, mau dikin ini itu bingung dan kadang ga sempet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ampasnya dibuang mak...dibikin pupuk sj... kr pernah sy masak sy bikin perkedel, pkai telur jg tp rasanya aneh, seret di tenggorokan... hihi...

      Hapus
  7. Wah... kalo bikinnya emang mudah begini, jadi pengen bikin sendiri aja ^^ TFS ya Mak Ir... :)){}

    BalasHapus
  8. kunjingan pertama kali ke blog ini mbak, salam kenal
    oh iya izin follow blognya kalau berkenan bisa followback blog saya

    BalasHapus
  9. Daripada beli mendig mbuat sendiri ya Jeng
    Lebih sehat dan bersih tentunya

    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya PakDhe... lebih josss..
      Sama-sama Dhe...

      Hapus
  10. Wah manteb ni mak, bisa bikin sendiri nih besok2, mkasih yak

    BalasHapus
  11. wah, disini dapat resep yang oke nih, dulu bikin tanpa ukuran, makasih mba sharingnya

    BalasHapus
  12. Kebayang segernya.... suka banget sama Sule ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak seger dan sehat... favorit deh... hehe

      Hapus
  13. roaming

    ternyata lumayan mudah untuk buat susu kedelai y .. baru tau caranya :)
    kirain susu kedelai hasil sisa olahan tempe ...

    *manakutau*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... tempe gak ada sisa olahannya mbak,,,
      Kalau tahu ada biasanya dibuat tempe gembus...

      *sekarang tau*

      Hapus