Rabu, 03 September 2014

Step by Step Pembuatan Extrak Temulawak

Kebetulan kemarin saya sedang membuat ektrak temulawak ( temulawak instant ), jadi saya abadikan saja disini, mungkin ada yang sudah membaca resep dan caranya pada tulisan saya di sini. Jadi sekarang tinggal step by stepnya saja ya.... yuk mari :


Nih si Temulawak ya...
Sesudah di kupas dan dicuci..
Blender, caranya :
1. Ambil satu genggam beri setengah air (100-150 ml), blender.
2. Saring, buang ampasnya, ambil sarinya
3. Ambil dua genggam, beri sari yang tadi disaring ( no.2)
blender lagi.
4. Saring, peras lagi, ambil sarinya, blender lagi seperti proses
no. 3, jadi tidak perlu ditambah air lagi. 
Sari temulawak, biarkan 1-3jam sampai patinya
mengendap
Bila sudah 1-3 jam, ambil airnya saja, endapannya buang
( tampak endapan pati yang kental dan lengket )
Masak setengah dari sari temulawak yang dihasilkan,
dengan api sedang setelah mendidih masukkan gula, aduk terus
sampai mendidih dan kecoklatan, kental dan berbusa seperti gambar, kemudian
masukkan sisa sari temulawak, sedikit demi sedikit sambil
terus diaduk ( api jangan terlalu besar ya...karena busa bisa
meluber )
Bila sudah mengental dan tua ( tandanya aroma temulawak dan gula
semakin kuat serta panasnya meningkat ) matikan kompor dan terus aduk
Ada baiknya memakai sarung tangan kain yang tebal
agar tidak kepanasan
Pindah panci dibawah ( dilantai ) dengan dialasi kain ,
Aduk terus sampai menjadi kristal-kristal serbuk
( maaf pada saat begini suhu si temulawak sangat panas,
walaupun sudah tidak diatas kompor lagi,
jadi fotonya terkena kepulan asap )
Dan setelah diaduk terus akan menjadi serbuk seperti gambar,
tuang diatas nampan yang sudah di alasi kertas putih ( HVS )/
kertas roti (jgn koran ya , berbahaya )
agar saat berkeringat tidak basah serbuknya.
Bila sudah agar dingin, blender dengan blender kering sedikit -sedikit 
Kemudian ayak dengan ayak yang agak besar
( saringan untuk jus buah )
Ektrak temulawak halus...setelah diayak
Sudah di packing dan siap dikirim... atau disimpan ( bisa tahan beberapa bulan )
Siap diseruputtttt.... bisa memakai air biasa, air hangat
atau ditambah es batu... mantaffff,....
Note :

  • Saat mengupas dan memeras lebih baik memakai sarung tangan plastik / latek ya.., supaya tangan tetap cantik dan lebih higienis. Tapi dari mengupas ke memeras harus ganti sarung tangan baru lho...kalau gak ganti sama juga bohong dong...hihi
  • Sebaiknya memakai sarung tangan kain yang tebal waktu mengaduk, karena uap temulawak ini sangat panas, apalagi waktu mau menjadi kristal.
  • Sebaiknya memakai panci yang agak tebal, agar tidak cepat gosong dan panasnya stabil.


Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum....

18 komentar:

  1. Waaah.. Makasih informasinya. Bisa banget dijadikan usaha rumahan ya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sippp betul banget.... sama-sama..

      Hapus
  2. Mak bikinnya kalau dilihat2 ternyata mudah ya, tapi sebenarnya pegel g itu pas ngaduk2nya hehehe, dari pada beli mending bikin sendiri ya mak, homemade is the best laaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak kok mak Tina....Sy bkinnya 1kg, 1kg gitu....jd gak pegel, ngaduknya juga paling 15-30 mnt sudah jd kristal...yang penting cm kdu telaten mak...
      Tapi sy yakin mak Tina pasti bisa....yuks bikin makkkk....! homemade is the best !

      Hapus
  3. Kreatif mak, perlu dicoba nih biar lebih sehat & alami :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk yuk dibikin mbak Zakia... terimakasih ya

      Hapus
  4. mak Irowati memang telaten sekali, memang temulawak ini manfaatnya juga banyak sekali, terutama menjaga kesehatan hati. kalau saya beli yang dikeringkan dan digodok sampai menjadi setengah panci , diminum dan gak pahit, makanya aku suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mak...
      Iya betul mak...makanya sy suka sekali minum jamu satu ini... klo sdh diextrak gini dah gak pahit kok mak Tira... manis semanis yg bkin...narsis.com... hihihi...

      Hapus
  5. wahh mak mantep, langsung bookmark hehe :D

    btw jalan"ke blogku kalau sempat mak :D

    XOXO
    leeviahan.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Ada extrak yg lain nih. Biasanya kan extrak kulit manggis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas....tp kulit manggis biasanya cm dikeringkan dan dihaluskan dimasukkan dlm kapsul...

      Hapus
  7. Mbak minta resep jamu macan kerah donk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf ya mba sy gak tahu...sering bli di pasar tp ga ngerti apa sj masing2 nama bhnnya..

      Hapus
  8. mau coba ah... mksih sharing nya mak.. :)

    BalasHapus
  9. bookmarrrrrkkkkkk..
    tengkiu mak irooooo

    BalasHapus