Jumat, 12 September 2014

Abon Laos

Tadi pagi kebetulan si anak wedok minta dikirimi ayam goreng, tapi minta yang ada gurih-gurihnya, "seperti kapan hari itu lho bu..." katanya. Jadilah si emak ini mengingat-ingat dan taraaa, baru ingat beberapa waktu lalu masak Ayam Jahe, dan kemudian endapan bumbunya saya goreng dan rasanya gurih banget. Tapi endapannya ini sedikit sekali jadi setelah digoreng jadi makin sedikit.

Kemudian saya ingat ayam laos, wah gimana kalau gurih-gurihnya itu dari laos saja ya. Dan setelah klontang klunting di dapur jadilah Abon Laos seperti ini, dan rasanyapun gurih banget kalau dicampur dengan nasi.

Begini penampakannya... rasanya asin gurih enakkkk..
Caranya gimana...gimana..., let's go....

Bahan :
  • 1/4 kg Ayam ( boleh ayam apa saja )
  • 1/4 kg Laos ( kupas, cuci, bersihkan )

Bumbu halus :
  • 4 siung Bawang putih
  • 1/2 sdm Ketumbar
  • 1/2 sdm Merica
  • 3 ruas Kunyit
  • 4 butir Kemiri
  • 3 ruas Jahe
  • 3 sdm makan garam ( secukupnya )
  • 2 helai daun salam
  • 1 bh Serai
  • 2 helai daun jeruk purut 
Bahan tambahan :
  • 3 gelas air ( secukupnya untuk mengungkep ayam )
  • 250 ml Minyak goreng
  • 3 lembar Tissue

Cara memasaknya :
  1. Ungkep ayam dengan bumbu halus dan air, sampai ayam empuk dan bumbu menyusut.
  2. Sementara itu parut laos, sisihkan
  3. Bila sudah empuk, ambil ayam dari panci / wajan ungkepan, masukkan parutan laos, aduk sampai bumbu menyusut. Matikan kompor.
  4. Panaskan minyak, dengan api kecil, bila sudah panas masukkan ungkepan laos sedikit-sedikit, aduk rata, bila warnanya agak kuning, besarkan sedikit apinya, sambil terus diaduk. Bila sudah berwarna kuning keemasan, angkat dengan serok.
  5. Lakukan seperti itu sampai ungkepan laos habis.
  6. Bila sudah dingin, ambil 1-2 sendok makan ( sesuai kemampuan tangan untuk mengenggamnya ) letakkan diatas tissue, telangkupkan tissue hingga menutup semua.
  7. Remas dan peras hingga keluar minyak gorengnya.
  8. Buka tissue ambil bulatan abon laos
  9. Lakukan sampai habis.
  10. Pisah-pisahkan gumpalan laos tadi dengan bantuan sendok garpu atau tangan yang bersih, hingga bulatan tadi berbentuk seperti serundeng. 
  11. Siap disajikan dengan ayamnya yang sudah digoreng.
Nah mudah kan, rasa jangan ditanya pasti jawab saya "enyak enyak enyak"... hehe
Selain itu laos juga bisa bermanfaat untuk rematik, sakit lambung, bronkitis, anti jamur dan lain- lain.
Jadi tunggu apa lagi, yuks bikin.....selamat mencoba!


Semoga bermanfaat

Barrakallahufikum


42 komentar:

  1. Maturnuwun Mba. Langsung saya save resepnya. Huehehehe.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan.... semoga bermanfaat...

      Hapus
  2. Ada resepnya pun aku gk bisa masak... Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.... minta dimasakan saja.... hihi

      Hapus
  3. Saya juga suka abon. . . :)
    Bahannya mudah dicari nih. . .

    BalasHapus
  4. Hmm kayaknya enak Mak .... :) makasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mak Niar.... semoga bermanfaat

      Hapus
  5. Balasan
    1. Bikin mbak.... utk ngilangi ngecesnya hehe

      Hapus
  6. sluurptt....aku jd penasaran pingin buat ayam laos kayak yg di warung2,enak banget,dulu kirain jahe ternyata laos hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Hanna...dulu aku ngira juga jahe....tp enak jg kok pkai jahe cm msh ada rasa pedesnya...klo laos gak ada...cobain yuks

      Hapus
  7. Wuuuaah emang enak banget ini mak, suami saya aja sukaaaa bangetttt, masih g menyangka kalau itu laos, dia kira itu kelapa parut hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak Tina....oh iya mak Tina juga pernah posting ayam goreng laos ya.... memang mirip kelapa ya makkk.... enyakkk... hehe

      Hapus
  8. Cita rasa laos (lengkuas) memang enak ya dipadu dengan bumbu dapur lainnya... Aku juga suka dengan goreng ayam bumbu laos tapi cuma diungkep doang lalu digoreng... Kalau laosnya diolah seperti serundeng/abon aku belum pernah mencobanya... Makasih ya Mak sudah berbagi resep...ntar deh aku coba praktekkan di dapur mungilku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Rita...senang bisa berbagi ilmu bila bermanfaat...

      Hapus
  9. Wahhh ... kalo emak2 sudah tentu ahli donk dan pasti makyusss ... anak tersayang pasti puass :)
    ooo iya .. di blog saya sedang tayang Teh Telor dan cara membuat dan menyajikannya :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya anak saya seneng banget... ok deh ntar meluncur ke sana....thankyu

      Hapus
  10. wah .... ini yg jadi anaknya mbak irowati enak bangt nih ,,,, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg enak gak anak sj kok, suami jg, tetangga jg, sodara jg.... hehe *PD.com
      Mau daftar jd adek ? hehe...

      Hapus
  11. boleh dah boleh ,,,biar saya bisa ikut makan yg enak2 .....xixixixixixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. skrg mana makanan baru lg enaknya mbak ,,,, :D

      Hapus
  12. Nyontek resep abonnya ya, kebetulan suka sama abon :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan makk...semoga sukses ya

      Hapus
  13. sy biasa nyebut'y "bubuk" mak...:D,asik skrg udh pya resep'y,tinggal dipraktekin,mksih resep'y mak... cussss ke pasar.....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya mak ?.... hehe pdhal gak mirip bubuk ya...hehe
      Sama-sama mak.....

      Hapus
  14. Kedua anak saya , yang salah satunya masih balita fans berat yang namanay Ayam krispi ini. Selama ini sih selalu gagal goreng ayam ala restoran cepat saji. DUh duh jadi kepengen coba masak sendiri. Makasih resepnya ya, Izin sedot dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah selain dari Ayam Krispi, anak anak juga fans berat ABON. Kadang abOn Sapi. Kadang juag Abon IKAN. Yang saya sebut terakhri ini agak susah ketemu sama yang namanya abon IKAN. Makasih atas resep ABON LAOS nya. Kapan kapan saya coba di dapur di rumah. Izin sedot dulu

      Hapus
    2. Silahkan pak Asep.... semoga sukses... wah yg rajin masak pak Asep apa bu Asep masak nih... hehe... semoga bermanfaat....

      Hapus
  15. wah,,,pasti enak ya,,,wangi laosnya pasti berasa,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak....enyak enyak enyak..... hehe

      Hapus
  16. aku sukaaa banget makan ayam laos ini mba iroo... tapi males bikinnya..hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... paling enak memang tinggal makan ya mbak... hehe... gak ribet....

      Hapus
  17. trimksh mak sharingnya....weekend aku buat deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan makkk... semoga sukses..

      Hapus
  18. Mbak saya tinggal makan aja boleh?? hehe kayaknya menggoda selera nih kalo saya poto wwkwkw pizz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bolehlah...tapi mampir ke Sidoarjo dulu ya.... hehe...

      Hapus
  19. langsung lari ke Sidoarjo bawa toples gede :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk maks... saya gelarin tikar.... hehe

      Hapus
  20. Wah, belum pernah nyoba abon ayam. jadi penasaran nih. Pengen coba. Catet resepnya ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan.... semoga bermanfaat,,,

      Hapus