Minggu, 29 Juni 2014

Donut Isi Rogurt Praktis

Kemarin siang rasanya pingin ngemil saja, tapi sudah bosan dengan jajanan yang dijual di toko tetangga. Mau keluar ke Mini market terdekat, eee ban sepeda othel kesayanganku kempes. Dan pompanya tiba-tiba rusak pula. Yah sudahlah demi memuaskan kehendak hati yang menggelora... buka-buka penyimpanan bahan-bahan kue. Ternyata masih ada tepung, fermipan, tepung panir/panko dan mentega putih/ shortening. 

Periksa kulkas, wah masih ada ayam sedikit sisa membuat nugged beberapa hari kemarin. Ada wortel tapi dikit banget. Alhamdulillah ada Pak sayur, tapi cuma ada kentang karena sudah siang. well well orapopo....mulai dieksekusi....
Dan Taraa....Donut isi rogust praktis sudah menampakan wujudnya, siap dinyam nyammmmm....



hasilnya endut-endut kayak yang bikin...hihihi
Bahan Donut :
  • 500 gr Tepung Terigu ( biasanya memakai tepung protein tinggi karena gak ada pakai tepung terigu biasa )
  • 1 bks Saft instan /Fermipan ( karena memakai tepung biasa / protein rendah, jaga-jaga kalau gak mekar )
  • 2 btr Telur
  • 75 gr Gula
  • 1/2 sdt Garam
  • 50 gr Shortening / mentega putih bisa diganti margarin
  • 200 ml Air

Bahan rogurt :
  • 50 gr Daging ayam yang sudah direbus, suwir-suwir
  • 1 bh Wortel kupas cuci potong kotak-kotak kecil
  • 1 bh Kentang kupas cuci potong kotak-kotak kecil

Bumbu :
  • 2 siung Bawang Merah iris tipis
  • 2 siung Bawang Putih cincang
  • 1 sdt Merica
  • 1 sdm Tepung terigu
  • Garam dan gula secukupnya
  • Air sedikit
  • Minyak goreng sedikit untuk menumis

Bahan tambahan :
  • Minyak goreng untuk mengoreng donut
  • Tepung panir/ tepung panko
  • Air satu mangkok

Cara membuat :
  • Isian rogurt :
  1. Tumis bawang sampai harum, masukkan merica aduk sebentar, 
  2. Masukkan wortel, kentang, ayam, sampai sayuran layu.
  3. Beri air sedikit ( untuk melunakkan sayuran )
  4. Tambahkan garam dan gula, incip bila sudah pas taburi dengan tepung terigu
  5. Bila sudah kental angkat, sisihkan
  • Donut :
  1. Campur bahan-bahan kering, terigu, fermipan, gula dan garam aduk rata
  2. Siapkan baskom, masukkan telur, air, dan mentega aduk rata.
  3. Masukkan bahan kering kedalam adonan, uleni hingga kalis.
  4. Istirahatkan selama 15 menit 
  5. Ambil sedikit adonan ( krg lbh 20-40 gr ), lebarkan isi dengan rogurt, bulatkan lagi, celupkan dalam air dalam mangkok, gulingkan di atas tepung panir. sisihkan biarkan kurang lebih 15 menit.
  6. Goreng dengan api sedang. goreng sampai kekuningan angkat dan sajikan.
adonan yang sudah diisi dan dilapisi tepung panir /pamgko

Satu resep ini bisa menjadi 18-20 Donut rogurt ukuran diameter 7cm...banyak lho, tetangga dibagi ya....hihi..

Tips :
  • Gunakan air saja untuk melapisi donut dengan tepung panir / tepung panko, selain rasanya tidak pahit setelah matang juga tidak alot. ( karena biasanya bila memakai putih telur ada rasa getir dan agak alot )
  • Mengunakan metode mencampur bahan cair dahulu kemudian semua dicampur ini lebih mudah dari mencampur adonan satu persatu. Selain menghemat waktu, adonan cepat kalis dan juga cepat mengembang. ( di pabrik-pabrik roti besar biasanya menggunakan teknik seperti ini )
  • Bila sudah dingin segera bungkus dengan plastik / simpan dalam wadah kedap udara agar donut tidak kering dan keras.

Nah bagaimana mau membuat Donut yang praktis ini, rasanya juga joss gandos....hehe...
Selamat mencoba...


Semoga bermanfaat...

Barakallahufikum.....

29 komentar:

  1. Resep dan tipsnya mantap banget Mbak.. Ngiler dan bikun lapar menatap donatnya.. Perlu dipraktekan nih.. Makasih sdh berbagi resep..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Rita....kue delapan jamnya jg sungguh menggoda, tp mikir 20 telur bebek dan 8 jam mengukusnya...wah bisa seharian ya...hehe

      Hapus
  2. Balasan
    1. Iya mak Niar...juga gampang kok...yuks bikin makkk...

      Hapus
  3. enak ini untuk buka puasa, plus teh panas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak...selamat mencoba....hihi

      Hapus
  4. emmmmmm........... pgi2 gini dah liat makanan...xixixixixixixix...... kayaknya maknyus tuh buat ngemil malam2..... hahahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak nyus banget mas....hehehe...

      Hapus
    2. lempar satu sni mbak buat ntar sore ..... hehe

      Hapus
  5. siipp catet resepnya mak... aku suka nih donat yang ada isiannya gini... tapi kalau beli biasanya g ada suiran ayamnya... :) makasih ya maaak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mak Tinaa....memang mak....maklum dijual mgkn biar untungnya lbh banyak mak....yuks dieksekusi mak Tinaa....hehe

      Hapus
  6. wah..donutnya bikin ngiler....bagus untuk disantap saat berbuka puasa nich....
    selamat berpuasa ya...mohon maaf lahir batin bila ada salah khilaf kata selama nge-blog..
    keep happy blogging always...salam dari makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Om...
      Selamat berpuasa jg...Sama-sama, maafkan jg bila ada salah-salah dari saya...
      Terimakasih

      Hapus
  7. Kudapan yang cantik, Bu. Guriiih. . . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betull mbak...apalagi klo masih anget hemm kres diluar lembut didalam...mak nyusss...hihi

      Hapus
  8. duh... jam segini sudah ngomongin makanan aja, bikin ngiler nih, hmm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kudu malamkah ngomonginnya ? hihi....silahkan ngiler dulu ya...ntar habis magrib baru nyam nyam...hihi

      Hapus
  9. makkkkk,,ini mah gurih banget kali,,,udah ngelihatnya pas puasa lagi,,,hahaha,,bikin aku nafsu makkkktapi Alhamdulillah masih kuat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi....memang mbak Dwi...renyah diluar lembut didalam...sabar ya....
      Harus kuat dong.... Semangat !!! hehe

      Hapus
  10. mbk, salam kenal ya..
    Q jg dr nganjuk lho.. Hehehe..
    Jualan dmn mbk, tumcel ibunya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga saya Kertosono mbak Atika....tepatnya di desa Bangsri...
      Mbak Atika, Nganjuk mana ?...

      Hapus
    2. Q nganjuk kota mbk, tapi lmyan sering k kertosono..
      Biasanya klo pecel d barat terowongan kreta api atau klo gak d dkat perempatan (p. Jan). Ibunya jual dmn mbk? Pngen nyoba, kapan2... :-)

      Hapus
    3. Di desa Bangsri mbak...perempatan Kertosono belok kanan klo kt dr arah Surabaya...klo dr arah Nganjuk belok kiri.....jualan tiap pagi jam 06-00 sp jam 09.00 saja....klo puasa gini libur....monggo silahkan mampir mbak.. hehe ^_^....

      Hapus
  11. Tepung panir dijual di supermarket ga ya, mak? Aku belum pernah bikin sendiri. Biasanya beli yang udah matengan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mak...nama lainnya bread crumb...ada yg warna putih ada yg kuning, tp fungsinya sama..di mini market / toko bahan kue juga ada kok mak....selamat mencoba... ^_^

      Hapus
  12. Ini makanan kesukaanku mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ayo bikin sendiri mbak Nunu.... gampang banget kok...
      Tp mgkn mbak Nunu dah sering bikin nih.... hehe

      Hapus
  13. bookmark ah... kpn2 nyontek resepnya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Mak....semoga sukses ya...

      Hapus