Sabtu, 02 November 2013

Ketika Sakit menyapa

Sakit….suatu keadaan yang dimana semua makhluk di bumi ini tidak dan tidak akan mau mengalaminya.
Tapi bagaimana bila sakit itu datang ??...pertanyaan yang simple tapi me"lakoninya" yang harus belajar….lo kok belajar???...xixixi...

Disini aku hanya ingin berbagi pengalaman bagaimana menghadapi sakit... karena pengalaman hidup aku dengan si ‘sakit’ ini sering berlanjut….padahal dengan sungguh – sungguh aku mengatakan aku tidak menginginkannya…tapi harus iklas menjalaninya...

Sedari kecil tubuh ini memang sering bermain dengan si “sakit” ini…Kata ibu tubuhku memang ringkih, tidak seperti anak – anak yang lain, karena keseringan sakit…sampai badanku kurus selalu waktu itu….sampai – sampai pamanku memanggilku dengan sebutan “ Menying “…
Menying dalam bahasa jawa itu ibarat kucing kurus yang suka ber-ngeong – ngeong…xixixi…
Disini aku ceritakan tentang sakitku yang aku anggap parah….xixixi…
Pernah suatu ketika aku sakit sariawan….waktu itu aku masih kelas 2 atau 3 SD. tetapi sariawan yang akut, dimana seluruh mulutku ditumbuhi ( seperti tanaman saja ), si sariawan ini…dari bibir sampai lidah semua tumbuh dengan subur….Celakanya lagi bibir bawah dan atas sampai lengket ( bayangin ), sehingga selama 3 hari aku tidak bisa makan sesuapun….walhasil kelaparan boo…( hik hik )…
Tak kalah akal bapakku memberikan aku susu formula ( waaahhhh padahal jaman itu susu adalah sesuatu yang mewah bagiku )….seneng….tapi gimana minumnya mulut lengket gini….dengan kesabaran Bapak dibuka mulut dikit – dikit dengan air hangat sampai terbuka sedikit dan susu bisa masuk….
Timbul masalah baru setiap mulut kesenggol sendok dikit saja…darah mengucur deras dari bibirku….dan parahnya sulit dihentikan…dia berhenti sdri bila darah yang menempel di bibir mengental…akibatnya bibirku penuh darah mengental sampai akirnya mengering….parahnya bila sudah mongering tidak bisa kita mengelupasnya begitu saja, karena darah segarpun menyusul kemudian….so biarlah nrembel – nrembel gt…( nempel – nempel seperti tambalan kain…….xixixi )….bisa dibayangkan kan bagaimana kondisi bibirku saat itu….
Tiap hari aku harus ke dokter untuk diinjeksi….wowwww….
Aku tidak tahu kenapa harus begitu ( mungkin aku kena virus tertentu ya… )  
Mungkin karena injeksi tiap hari ( aku sakit hampir 1 bulan) …lama kelamaan kaki aku lemas untuk berjalan…sehingga jika ingin kemana – mana aku berpenggangan pada tembok atau sesuatu….
Alhamdulillah akirnya pelan tapi pasti aku sembuh…walaupun pada waktu itu bibirku masih ada beberapa darah kering yang menempel dan bibirku merah plus JONTOR boo  !… mengharuskan diriku menutupinya dengan saputangan karena malu… ( hik..).. sampai kondisi bibirku benar – benar tidak menyakitkan pandangan orang lain.. (xiixii)…
Diawal aku memasuki SMK pada saat itu SMEA namanya...Masih terbayang waktu itu aku hendak berangkat sekolah siang hari ( karena sekolahnya masuk siang pulang sore )….aku kebelet pup….tetapi aku sudah terlanjut menyalakan seterikaan…ah ga apalah sebentar gini….
Setelah pup pasti tangan sama kaki basah semua kan ?? dan aku tidak menyadarinya akirnya pas pegang seterika….jreeeeettttjreeeeettttt….diriku roboh pingsan menghantam pinggiran pintu…hasilnya tulang pundakku patah….
Dioperasi….itu operasi pertama kali yang aku alami….
The next….operasi ke dua adalah saat pengambilan pen- nya….
Sewaktu aku sudah bekerja di Surabaya, jauh dari orang tua….Sewaktu dikantor tiba – tiba saja tenggorokanku panas dan terbatuk – batuk, seperti ada riak (lender) yang mau keluar, aku beranjak ke toilet, begitu terbatuk – batuk lagi ternyata darah segar banyak sekali memenuhi toilet…aku lemas tak tahu harus bagaimana karena tidak mengerti kenapa begini…segera aku bersihkan darah yang begitu banyak dengan air…aku kembali ke kantor dengan suara parau dan lirih aku bercerita dengan temanku….
Setelah ke dokter dan diperiksa semuanya dokter mengatakan aku mengidap TBC ( what ????? )….padahal aku tidak pernah sekalipun batuk ataupun menunjukan gejala yang disebutkan oleh dokter…tapi semua aku terima dengan iklas, dan pengobatan bersambung hingga tujuh bulanpun aku lakukan sampai dokter mengatakan sudah sembuh…..Dalam masa penyembuhan aku menikah, sebenarnya dokter melarang tapi tanggal sudah ditetapkan oleh keluarga…
Mungkin karena kecapaian tubuhku gampang sekali terkena penyakit, waktu itu pagi kerja, sore kuliah sampai jam 9 malam, ditambah hamil lagi….tubuhku protes….
Keluar masuk RS…sakit Hepatitislah, typuslah, DBD lah…bergantian menemaniku….entah berapa uang yang harus keluarkan waktu itu, aku hanya merasa kasian kepada suami dan keluargaku….tapi akupun tidak berdaya semua sudah ditakdirkan seperti oleh Allah….padahal aku merasa sudah sangat berhati – hati dalam hal makan dan sebagainya, karena untuk bisa hamilpun aku harus mengikuti program dari dokter kandungan….hingga Allah memberikan keberhasilan….
Alhamdulillah anakku lahir…..suatu anugrah yang luar biasa…walaupun badan kurus kering tidak mengapa asalkan anakku sehat….tetapi dokter melarangku menyusui ( duh sedihnya, padahal waktu itu asi aku melimpah ruah ) karena takut dia akan tertular hepatitis yang waktu itu aku derita….yah digantilah dengan susu formula….
Waktu berlalu sampai anakku berusia setahun lebih, perut ini rasanya sakit banget menjelang mentruasi dan sesudah mentruasi, berlanjut dengan keputihan yang aneh…aneh????....ya karena keputihan itu serupa air ketuban yang pecah, bening berlendir dan banyak sekali sampai – sampai aku harus memakai pembalut wanita…
Setelah diperiksa dokter dengan seksama, dokter mengatakan bahwa ada kista di indung telur sebelah kanan dan harus cepat diangkat karena akan menimbulkan sakit yang sangat apabila akan mentruasi dan sesudahnya…
Dengan berat hati aku merelakan satu indung telurku diangkat….tetapi kembali lagi semua sudah diatur oleh sang Khaliq….manusia hanya bisa berusaha dan berdoa semua keputusan adalah Hak-NYA mutlak….tak bisa kita tawar – tawar…

Hampir setahun kemudian aku merasakan kalau aku hamil lagi….alhamdulillah walaupun dengan satu indung telur aku bisa hamil lagi…tapi terjadi keanehan kenapa kalau aku hamil tetapi mengalami keputihan ?...
Malam itu aku meminta suami untuk esok hari mengantar aku ke dokter kandungan langgananku…tetapi belum sampai pagi menjelang perutku terasa sakit dan mulas…seperti hendak melahirkan…sampai akirnya aku pingsan….
Entah berapa kali aku sadar dan pingsan lagi berkali – kali , tiap sadar aku muntah….yang terakir aku ingat aku tersadar sudah dimeja operasi….dokter memberitahu bahwa aku akan dioperasi….aku hanya menjawab “ya” dengan lirih dan pingsan lagi…padahal aku merasa dokter anestesi belum menginjeksiku….
Ketika aku sadar aku mengigil dan merasa sangat kedinginan…suster menyelimuti dengan beberapa lembar selimut dan memasang lampu – lampu besar disekelilingku untuk menghangatkanku…..ketika aku melihat lewat jendela kaca ruang ICU …saudara – saudara menangis….. aku berfikir mungkinkah aku sudah mati??....Subhanallah keadaanku semakin baik esok harinya, pagi itu dokter menemui aku duduk di dekat bad tempat aku berbaring…memegang tanganku…” Ibu harus bersyukur telah melewati semuanya, ibu tidak sadar di ruangan ini sudah hampir 2 hari, ibu harus juga bersyukur masih bisa mempunyai kesempatan memiliki seorang anak walaupun hanya seorang” aku hanya mengiyakan saja karena aku tidak tahu apa – apa…” kenapa dok”…”Ibu ingat… ibu baru saja menjalani operasi, operasi ini dilakukan karena ibu mengalami keguguran….bukan seperti keguguran biasa, kami harus melakukan operasi besar untuk menghentikan pendarahan, karena  saluran idung telur  ibu pecah”….” karena janin ibu ada disitu dia tidak bertempat sebagaimana mestinya”…..
Aku hanya bisa menghela nafas dalam …innalillahi wa’innailaihi rojiun….
Aku harus merelakan janinku yang berusia 2,5bulan kembali ke sang Penciptanya.
Hidup terus berlanjut....kata orang engres "Life Must Go on"....

Mungkin karena sering mengkonsumsi anti biotik, gigiku menjadi imbasnya…gigiku menjadi cepat keropos…anyway it’s ok….alhamdulillah masih bisa mengunyah...

Mengalami operasi berkali – kali dan mengkonsumsi berbagai macam obat membuat tubuh ini menjadi ringkih…sering sekali tubuhku lemas tanpa sebab, terkadang pusing yang amat sangat dengan tiba – tiba…semuanya aku hadapi dengan tetap bersyukur….

Aku bukanlah orang yang mudah menyerah dengan keadaan….jika aku sehat aku membuat atau berkreasi dengan apapun yang aku suka….aku suka handycraf, aku  suka memasak….itu semua bisa mendatangkan rejeki untukku….

Walau silih berganti sakit menyapa aku tetap berkarya, terus belajar dan berusaha memperbaiki ibadah disela – sela waktu sehatku….

Aku selalu berusaha sabar untuk menghadapi semua itu, aku mengingat ayat berikut  :
“  Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan,kelaparan,kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan berilah kabar gembira kepada orang – orang yang sabar “ ( Al – Baqarah : 155 )

Dalam sebuah hadist dikatakan :
Dari Abu Sa’id dan Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu. dari Rosulullah, beliau bersabda : “Seorang muslim dan ditimpa oleh rasa letih, penyakit, gelisah, sedih, gangguan ataupun kegundahan, hingga duri yang tertancap padanya melainkan Allah menebus dengannya sebagian dari kesalahan-kesalahannya ( dosa-dosanya ). ( HR.Bukhari – Muslim )
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dia berkata : “ Rosulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda “ Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka Dia ( Allah ) menimpakan (musibah ) kepadanya  (HR. Bukhari)
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dia berkata : “ Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda : “ Bala ( kesusahan atau penyakit ) itu selalu ada pada orang mukmin dan mukminah dalam dirinya, anaknya dan hartanya, hingga dia bertemu dengan Allah Ta’ala tanpa membawa dosa.” (HR. At – Timirdzi )
Dan banyak lagi ayat Al – quran dan Hadist yang bermakna sama….

Makna dalam semua hadist diatas adalah ujian tersebut  untuk menguji kesabaran dan membersihkan dosa-dosa hamba-NYA. sehingga kelak saat menghadap Allah, hamba ini dalam keadaan bersih tanpa dosa.

Jadi walaupun tertimpa sakit setiap waktu yang akupun tidak bisa mengatakan pagi ini aku sehat siang nanti aku tetap sehat….karena pada kenyataannya…pagi ini aku sehat beberapa jam lagi aku tidak bisa bangun karena sakit kepala atau karena lemas tanpa tenaga atau karena badanku mendadak panas….

Semuanya aku jalani dengan rasa syukur dan iklas dan hanya mengharap ampunan-NYA dan pahala dari-NYA…dan selalu ucapkan… Alhamdulillah ala kulli hal…( Segala puji bagi Allah atas segala sesuatu )….
Laa ba’tsa….( tidak mengapa ) Innalillahi wa inna ilaihi rojiun …(Kita milik Allah semata dan sesungguhnya hanya kepada-NYA semata kita kembali (QS.Albaqorah :156 ))
Allahumma jurni fii musyibati wa akhliflii khoiron minha ( Ya allah berilah aku pahala dari musibah ini dan gantilah dengan yang lebih baik  (HR. Muslim ))

So Reader jika saat ini sakit atau mendapat musibah…bersabarlah, iklaskanlah semuanya…harapkanlah yang terbaik dari Allah….Dan terus berusaha untuk mencari kesembuhan dengan cara yang tidak menyalahi syariat agama dan yang terpenting selalu berdoa......
Mengutip kata - kata dalam artikel muslim.or.id :
- Jika Allah cepat mengabulkan doamu, maka Allah menyayangimu...
- Jika Allah lambat mengabulkan doamu, maka Allah ingin mengujimu...
- Jika Allah tidak mengabulkan doamu, maka Allah merancang sesuatu yang lebih baik untukmu... 
Ingat “ yang terbaik menurut kita belum tentu itu terbaik menurut Allah “ jadi anggap semua itu tanda kasih sayang Allah untuk membuat kita lebih baik dikemudian hari…Dan semua akan indah pada waktunya.
Jangan selalu melihat ke atas…lihatlah sekeliling kita dan dibawah kita, masih banyak dari mereka yang lebih menderita dari kita….
Don’t be sad…Don’t be worry…Allah love Us….Keep Smile reader….
Barrakallahufikum

4 komentar:

  1. kisah nyatanya...mak bikin terharu...jadinya merasa sakit yang kualami belum apa-apa...luar bisa mak...
    Don’t be sad…Don’t be worry…Allah love Us….setujuu

    BalasHapus
  2. pembelajaran diri mak....dan msh hrs terus belajar tentang kehidupan...makasih dah mampir....

    BalasHapus
  3. kl sy yg ngalamin kyknya gak tau gimana. thx udh berbagi, ya, Mak. Jd sy bisa ambil hikmahnya :)

    BalasHapus
  4. Sama2 mak....setiap orang ujiannya berbeda...disesuaikan kesanggupannya mak...mudah2an sy tetep sabar dan istiqomah....

    BalasHapus