Jumat, 13 September 2013

Bunga Lavender

Foto dari Google
Selama ini yg aku tahu lavender adalah tumbuhan semak yg berbunga indah, berwarna unggu dan berbau wangi yg khas....yg membuat aku suka...sampai2 produk apapun yg beraroma lavender pasti aku suka...
Yaps.. okelah kita bahas mengenai semak cantik berbunga unggu ini...



Lavender berasal dari kata Latin 'lava', yang berarti untuk mencuci. Herbal aromatik ini dikenal oleh orang Yunani kuno sebagai Nardus, diambil dari Naarda sebuah kota Suriah, mereka juga biasa menyebutnya Nard. Sebutan bunga lavender bagi orang roma adalah lavare yang artinya menyegarkan.


Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah sebuah genus tumbuhan berbunga dalam suku Lamiaceae yang memiliki 25-30 spesies. Asal tumbuhan ini dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai India. Genus ini termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek, dan semak kecil. Tanaman ini juga menyebar di Kepulauan CanariaAfrika Utara dan Timur, Eropa selatan (terutama Perancis selatan), Arabia, dan India. Karena telah ditanam dan dikembangkan di taman-taman di seluruh dunia, tumbuhan ini sering ditemukan tumbuh liar di daerah di luar daerah asalnya.Selama beberapa dekade terakhir popularitas tanaman ini bahkan telah membentang ke Australia di mana ditanam sebagai tanaman parfum.


Umumnya Lavender / Lavendula  dapat tumbuh lebih dari 3 meter (1m) . Tumbuh baik di ketinggian 600 –1.350 m dpl di mana semakin tinggi tempat tumbuhnya, semakin baik kualitas minyak yang dihasilkannya. 


Selama masa Romawi bunga yang dijual untuk 100 dinar per pon, yang hampir sama dengan upah bulan untuk buruh tani atau 50 potong rambut untuk barber lokal! 
Bangsa Romawi mengunakan lavender dalam air mandi mereka dan mencampurnya dengan banyak rempah2 lainnya, kemudian mereka perkenalkan di Inggris.


Pengembangbiakan tanaman lavender biasanya dengan menggunakan bijinya. Biji- biji yang tua dan bagus disemai, bila sudah tumbuh dipindahkan ke polibeg, dan ketika tingginya mencapai 15 - 20 cm, dapat dipindahkan ke dalam pot atau ditanam di pekarangan rumah. 

Bunganya dapat digosokkan ke kulit, selain aromanya wangi, anda pun akan terhindar dari gigitan nyamuk.

Selain mengusir nyamuk lavender juga bisa untuk mengusir kutu dan serangga kecil lainnya.

Sedangkan komposisi utama dalam minyak lavender adalah linalool asetat yang mampu mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat syaraf dan otot-otot yang tegang. 

Sehingga sering dijadikan minyak essencial aroma terapi untuk relaxasi.

Selain itu  bunga lavender sering digunakan sebagai bahan lotion antinyamuk, parfum, minyak gosok, ramuan untuk mandi dan obat-obatan.



(Sumber : Wikipedia, dan beberapa sumber lainnya )

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus