Jumat, 26 Juli 2013

Mawar Biru


Mawar biru pada awalnya hanyalah sebuah mawar putih yang dicelupkan kedalam cairan berwarna biru sehingga menghasilkan bunga yang berwarna biru. 
Sebagaimana diketahui, tidak ada pigmen warna biru alami di dalam bunga-bunga mawar ketika direproduksi dari bunga mawar biru yang sebenarnya dengan cara metode pembiakan tradisional. 

Foto diambil dari Google
Pada kenyataannya, fakta tentang mawar-mawar biru bukanlah sesuatu yang baru. Mawar biru diciptakan secara tradisional dengan pewenteran (pewarnaan) pada mawar-mawar putih. Ada juga mawar-mawar imitasi yang diproduksi dengan jalan pencampuran turunan secara tradisional. Tetapi para peneliti berkata bahwa warnanya lebih mirip pada warna magenta. 

Mawar adalah bunga yang benar-benar menakjubkan. Apapun warna bunga itu sendiri adalah suatu visi kerapuhan dan perasaan halus. Mawar juga merupakan bunga yang luar biasa yang memiliki begitu banyak nuansa, sebagian alami, dan beberapa buatan manusia. Tapi tiap warna memiliki makna tersendiri. 

Anda pasti pernah bertanya-tanya bagaimana mawar biru bisa diproduksi?, Bernard Mehrnj, seorang peneliti bunga berkata bahwasanya mawar biru telah diproduksi olehnya pada sembilan puluhan tahun lalu di Jerman. Dia telah menamakannya ‘Veilchenblau’, tetapi mawar tersebut lebih mirip ungu keabu-abuan, dan juga tidak berbunga kecuali hanya sekali. Wah lama ya nunggunya... hihi

Makna mawar biru 

Mawar biru telah susah payah dibuat dan dijiwai dengan makna khusus. Sama seperti warna asalnya biru yang misterius, mawar biru bermakna misteri. Sebuah teka-teki, yang hanya bisa dijelaskan dan diungkapkan oleh mawar biru. Sebuah visi menggoda yang tidak bisa sepenuhnya diungkapkan,dan juga merupakan sebuah misteri yang tidak dapat sepenuhnya terurai. 


Seseorang yang menerima mawar biru adalah sosok yang misterius dan imajinatif. Sebuah kepribadian yang kompleks yang tidak memungkinkan diinterpretasikan dan ditunjukkan dengan mudah. 

Arti lain dari biru adalah hal yang melambangkan sesuatu yang tidak mungkin, atau tidak tercapai. Sejak mawar biru itu sendiri jarang ditemukan di alam, ia adalah untuk sesuatu yang tidak selalu bisa dalam genggaman seseorang, bisa dikatakan objek yang tampaknya terlalu sulit untuk dicapai. 

Melambangkan suatu misteri dan rasa kekaguman tersendiri dan juga mengekspresikan kesempurnaan dalam diri. Jadi mawar biru dikagumi dan dihormati sebagai sebuah mimpi terwujud. 

Mawar Biru juga mewakili pengungkapan yang sangat luar biasa tentang perasaan, sepertinya dia mewakili kalimat,  "Kau sangat indah", "kau menakjubkan". Kepribadian benar-benar indah, seperti khayalan yang menceritakan tentang si penerima. Sesuatu yang mewah, imajinasi yang tanpa batas.  

Biru dan ungu yang teduh, melambangkan misteri panjang, merupakan apresiasi untuk sesuatu yang tidak dapat dipahami sepenuhnya. Pengungkapan dari cinta, yang mengambarkan perasaan yang benar-benar terpesona seperti pandangan cinta pertama yang menyenangkan .

Lavender dan lilac keduanya telah dikaitkan dengan cinta sejak jaman dahulu. Mawar biru juga digunakan sebagai simbol hati-hati. Perlu penjabaran tersendiri. 

Sekali lagi, ada bau kerahasiaan dan misteri yang diungkapkan oleh warna biru. Peluang baru dan kemungkinan baru juga beberapa makna lain dari mawar biru. warna biru juga menunjukkan kegembiraan dan kemungkinan yang baru . Awal misterius tentang hal-hal baru dan kegembiraan di dalamnya sangat baik diungkapkan oleh bunga ini.

Mawar biru adalah bunga yang berusaha untuk menyampaikan pesan misteri, pesona dan rasa yang mustahil. Seakan orang diingatkan untuk tidak boleh lupa bahwa sebagai bunga, mawar biru ini tidak bisa ditemukan bebas di alam, memiliki pesona tertentu dan misteri unik yang tidak mengungkapkan dirinya secara bebas. Fantasi dan ketidakmungkinan. Berharap untuk suatu keajaiban dan kemungkinan baru. Banyak orang memiliki pencarian atau daya tarik untuk mawar biru.

Pada tahun 2004 Para Ilmuwan-ilmuwan holtikultura mulai mengalihkan pandangannya kepada mawar biru karena mahkota bunganya yang indah di dalam dunia pembiakan tanaman. Dan sekarang, pasar-pasar Jepang sedang bersiap untuk menyambut apa yang disebut para ilmuwan ‘bunga mawar biru rekayasa genetika pertama.’ Perusahaan Jepang telah mengumumkan dirinya sebagai perusahaan pertama yang menawarkan dan menjual bunga langka ini di pasar-pasar dengan harga kisaran antara 2000 – 3000 yen (sekitar USD $22 – USD $33) untuk tiap tumbuhannya, sekitar 10 kali lebih mahal dari harga normal. walaupun warna bunga tersebut tidak seperti warna biru pada umumnya, tetapi lebih kepada warna lavender yang katanya mendekati warna biru. 

Tapi sepertinya sekarang sudah banyak yang jual, walaupun mungkin agak sulit, tapi harganyapun tidak semahal waktu pertama bunga ini dipasarkan. Yah mungkin sekitar 50-65 ribu per tangkai, dan minim pembelian 5 tangkai... eaaaa masih mahal juga jadi sekitar 250 ribu - 325 ribu hanya untuk 5 tangkai. Padahal pingin banget dapat bunga ini, boleh dari sapa saja deh, apalagi kalau dari suami... yeee... romantis banget....! 


Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum...



sumber: bunga nusantara dan wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar