Sabtu, 19 Desember 2015

Sambal Teri Lombok Ijo


Sudah berkali-kali saya membuat sambal ini, dan alhamdulillah selalu habis. Namanya sambal ya pasti rasanya pedas, karena ini ada terinya jadi ada krenyes-krenyes asin-asin gimana gitu,,, nyummiii... Dimakan dengan nasi anget saja sudah huenakkk puwol, apalagi ditambahi sayuran.

Kalau menurut saya sih, sayur yang paling cocok untuk sambal ini adalah daun singkong atau daun pepaya muda yang di rebus. Terus dibiarin lebar-lebar gak usah dipotong-potong, trus dicocolin ke sambal ini...beuuuuuhhhh nikmat sekali pemirsa, bisa-bisa nasi sebakul habis tak bersisa...haha.

Penampakannya seperti ini pemirsa... masih panas difoto, jadi berasap deh *alesan terus

Baiklah kita menuju sang resep yaa...

Bahan :
  • 100 gr Teri ( pilih yang teri yang kecil-kecil karena lebih gurih )
Bumbu :
  • 20 biji Cabe rawit hijau ( saya pilih yang cabe hijau karena lebih sedap )
  • 10 biji Cabe Hijau besar ( jumlah cabe disesuaikan selera saja yaa )
  • 5 buah Bawang putih
  • 3 buah Bawang merah
  • 1/2 sdm Gula pasir
  • 1/2 sdt Kaldu bubuk ( boleh pakai boleh tidak, sesuai selera )
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm Minyak goreng untuk menumis
Cara memasak :
  1. Cuci bersih teri, tiriskan kemudian goreng dengan api sedang hingga matang, sisihkan
  2. Rebus cabe, bawang putih dan bawang merah kurang lebih 3 menit ( agar tidak langu ).
  3. Tiriskan kemudian haluskan ( bisa diblender kasar atau diulek, suka-suka yaa )
  4. Panaskan minyak goreng, lalu masukkan semua bumbu beserta garam, gula dan kaldu bubuk, sampai harum, beri air sedikit saja ( kurang lebih 2-3 sdm ).
  5. Terakhir masukkan teri goreng, aduk - aduk sebentar, matikan api. Dan siap dihidangkan.

Mudah sekali bukan ?, siapa mau coba ?, hemmm dijamin diet gagal deh... qiqiqi.

Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum..

15 komentar:

  1. Harga cabe lagi mahal ya, Mbak. Wkwkkw
    Aku dulu kalau ada sambal teri ini cukuplah. Nasi plus sambal saja. Yummmi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...tapi gak mahal-mahal amat seperti dulu..
      Iya sy jg ga pkai lauk lain, cuma sayuran yg direbus sj mbak

      Hapus
  2. Hmmm...malam2 baca ini jadi pengen cepet pagi, biar bisa beli teri:)

    BalasHapus
  3. Hmmm...malam2 baca ini jadi pengen cepet pagi, biar bisa beli teri:)

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaykum... ini adalah sambel buat nasi kucing. Afwan, anaknya masih di icbb mba? tgl 7 besok mau jemput ndak? (Ibunya Daffa)

    BalasHapus
  5. Kesukaan anakku banget nih

    BalasHapus
  6. Aku gak pernah nyambal mak... di rumahku ga ada yang suka pedas soale hahaha

    BalasHapus
  7. ewwwwww.... ngiler.. enyak kayaknyaaa.... ^^

    BalasHapus
  8. Mak Irowati... Apa kabarnya??? Lama tak bersua mak... kangeeeenn ih sama mak irowati

    BalasHapus
  9. Mak Irowati... Apa kabarnya??? Lama tak bersua mak... kangeeeenn ih sama mak irowati

    BalasHapus
  10. Menggugah selera ni sambal terinya

    BalasHapus
  11. wah lama gak mampir ke sini mbak lama gak denger ceramah di mari hehe mantap mabk resepnya hehe

    BalasHapus
  12. Enak makanannya niiih, salam kenal ya

    BalasHapus