Jumat, 02 Januari 2015

Lontong Mie


Beberapa waktu lalu saya dikirimi tetangga kecambah yang banyak, padahal persediaan di kulkas juga masih ada, maklum saya suka banget sama kecambah. Karena bisa dimasak apa saja, bahkan dimakan mentahpun seperti kecambah pendek untuk rawon itu juga enak. Cuma satu yang saya kurang suka yaitu dibuat pecel, jadi seringnya saya tidak memakainya. Tapi untuk yang lainnya hemmm suka banget. Apalagi kalau dibuat lontong mie atau lontong balap ( bumbunya sama cuma beda yang satu ada mienya yang satu tidak ). Nah makanya saya membuatnya mumpung kecambah melimpah..hehe
mak nyussss...

Bahan :
  • 2 bh Lontong
  • 1 keping Mie kering
  • 3-4 genggam Kecambah cuci bersih
  • 2 bh Tahu goreng
  • 2 batang seledri potong besar-besar
  • Bawang goreng secukupnya
Bumbu :
  • 2 siung Bawang putih cincang halus
  • 2 siung Bawang merah iris tipis-tipis
  • 1 sdt Lada / merica
  • 2 gelas Air ( secukupnya )
  • Seujung sendok teh Kaldu bubuk 
  • Garam secukupnya
  • Sedikit minyak untuk menumis
Sambal :
  • 5 bh Cabe rawit iris tipis-tipis ( sesuai selera )
  • 1 bh Bawang putih cincang halus ( boleh dihaluskan )
  • 3 sdm Petis 
  • Air secukupnya
  • Sedikit minyak untuk menumis
Cara memasak :
  1. Rebus mie dengan sesendok minyak agar tidak lengket waktu ditiriskan. sisihkan
  2. Tumis bawang putih, bawang merah hingga harum, masukkan lada, beri air, biarkan sampai air mendidih. 
  3. Masukkan garam dan kaldu bubuk
  4. Terakhir masukkan kecambah dan seledri, tunggu beberapa saat hingga kecambah layu. 
  5. Angkat dan sisihkan.
Membuat sambal :
  1. Tumis cabe hingga layu, beri air sedikit, masukkan petis dan bawang putih, aduk rata.
  2. Biarkan sampai sedikit mengental, baru angkat dan sisihkan.
Penyajian :
  • Potong lontong dipiring secukupnya
  • Beri mie rebus diatasnya sesuai selera.
  • Siram dengan sayur kecambah 
  • Beri sambal 
  • Taburi dengan bawang goren
  • Siap dinikmati.
Mudah dan nikmat, apalagi dinikmati hangat saat hujan-hujan begini, hemmm tambah mak nyuss..
Selamat mencoba...

Semoga bermanfaat,...

Barrakallahufikum....

26 komentar:

  1. Haduuuuh. Jadi kangen lontong balap dan lontong mie Surabaya deh. Sssllrrrpp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera sj meluncur ke Surabaya mas... atau bikin sendiri.. hehe

      Hapus
  2. toge, dibuat isian tahu isi juga enak ya mak.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mak... bisa utk aneka kue dan masakan... sehat pula..

      Hapus
  3. Mie kering itu yang gimana ya
    Hmm bole juga di coba nih heiheiheieiheihiehie

    Sekalian saya sekeluarga mau mengucapkan "Selamat Tahun Baru 2015" ya
    Semoga di tahun 2015 ini kita semuanya diberikan kemudahan dari Allah SWT dalam mencapai cita cita dan asa yang belum terealisasi di tahun sebelumnya. Amin Amin Ya Robbal Alamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mie telor biasa itu lo pak Asep, silahkan dicoba...enak lho..
      Sama-sama... Aamiin ya robbal alamiin

      Hapus
  4. wah,ide bagusss...mi keringnya yg warna putih apa kuning mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mie kuning biasanya mbak... hayuk nyalain hot wajannya mbak... hehe

      Hapus
  5. Kecambah mentah disambal enak mbak. Suegeeerrr bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Ika... mak krius-krius... saya juga suka...

      Hapus
  6. wah mbak Irowati ini baik banget.. lama tak mampir langsung disuguhin lontong mie.. asyik

    BalasHapus
  7. kayanya enak tapi saya engga suka kecambah mentah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ini kecambahnya kan dimasak mbak... ^_^

      Hapus
  8. Balasan
    1. Bukan kayaknya lagi mak...tp memang henakkk.... hihihi

      Hapus
  9. Tauge itu banyak manfaatnya ya mak, sayangnya saya gak terlalu doyan2 amat :p
    Mak Irowati setia ya sama warna ungu untuk background blognya :) Btw, apa kabar mak? mudah2an sehat selalu yaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mak Arifah, hehe... setia apa males ganti-ganti ya... beda tipis hihi...
      Alhamdulillah baik mak... terimakasih

      Hapus
  10. mana coba lontong mie nya ,,, kok blm nyampe jg yah ,,, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kemana tuh si kurir, apa masih ngopi dulu atau jgn2 dihabisin sm dia......qiqiqi...

      Hapus
  11. Sepertinya seger nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mak Lusi ...seger plus sehat...hehe

      Hapus
  12. Seger mbak, aku biasane buat sarapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...saya juga... bisa utk diet... hehe

      Hapus
  13. Saya juga suja kecambah, Mbak. Samaan. Aku lbih suka kalau dibuat karedok. Segeer. Kalau lontong gini blm nyobain. ;)

    Met tahun baru ya, Mbak Iro. Lama bgtt nggak ke sini.hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...kecambah bisa utk aneka masakan... nyem nyem...
      Sama-sama.... sy jg lama gak nengok ke mbak Idah... hihi

      Hapus