Rabu, 24 Desember 2014

Siomay Lezat Nan Simple

Beberapa waktu ini saya umek alias ribut di dapur melulu, masak ini dan itu. Padahal cuma berdua, akhirnya minta tolong tetangga untuk membantu makan. Seperti saat saya membuat siomay, karena jadinya banyak maka saya minta tolong teman dan tetangga untuk membantu menghabiskan, hehe. Alhasil bukannya makanan dirumah berkurang malah bertambah-tambah, karena para tetangga mengirimi saya segala macam, ada yang mengirim mangga, pisang susu yang gede ampun-ampunan, pisang ambon, kecambah sampai hampir 1 kg, sambel pecel dan lain sebagainya.Alhamdulillah...bingung habisinya.

Siomay yang saya buat hari itu, seperti biasa pakai resep yang simple praktis dan gak pakai susah. Dan tralala hasilnya seperti ini :

Siomay, tahu dan kentang..telurnya lupa gak ikutan
setelah disiram bumbu, kecap dan si telur rebus ikutan.... nyummiii..
Bahan-bahan siomay :
  • 1/4 kg Ikan Tenggiri ( fillet dan cincang halus )
  • 2 butir Putih telur
  • 100 gr Tepung sagu tani / kanji / tapioka
  • 100-150 ml Air 
  • 15-20 lbr Kulit pangsit ( saya beli dipasar tradisional dengan harga 2.500 )
Bumbu halus :
  • 3-4 siung Bawang putih
  • 2 sdt Merica / lada bubuk
  • 1-2 sdt garam ( sesuai selera )
Bumbu saos kacang :
  • 100-150 gr Kacang tanah goreng 
  • 1 bh Tomat uk. sedang
  • 3 bh Cabe Merah 
  • 5-10 bh Cabe Rawit ( bila suka pedas )
  • 1,5 sdt Garam ( sesuai selera )
  • 4 sdm Gula putih ( sesuai selera )
  • 1-1,5 gelas Air ( secukupnya )
Bahan Pelengkap :
  • 2 bh Kentang cuci bersih
  • 4 btr Telur 
  • 4 ptg Tahu belah dua berbentuk segitiga
  • Kecap manis secukupnya
  • Jeruk limau secukupnya
Cara memasak :
  1. Masukkan ikan tenggiri yang sudah dicincang dalam wadah ( baskom atau mangkok ), tambahkan bumbu halus, aduk rata
  2. Masukkan putih telur dan tepung sagu/ kanji / tapioka, terakhir air.
  3. Aduk sampai benar-benar rata dan menyatu. 
  4. Siapkan dandang ukuran sedang, beri air, dan oles saringannya dengan minyak ( agar siomay tidak lengket )
  5. Ambil satu sendok dan letakkan ditengah-tengah kulit pangsit, satukan masing-masing ujungnya ke tengah sedemikian rupa sehingga membentuk siomay. 
  6. Letakkan satu persatu dalam dandang.
  7. Ambil tahu yang sudah dipotong segitiga, belah pingirnya, beri adonan ikan tadi sedikit, letakkan dalam dandang sampai adonan habis.
  8. Atur kentang dan telur juga didalam dandang.
  9. Masukkan bumbu saos kacang selain kacang, gula dan garam dalam plastik dan letakkan pula dalam dandang.
  10. Tutup dan kukus kurang lebih 30 menit.
Setelah 30 menit matikan api, saatnya membuat Saos kacang, caranya :
  1. Ambil cabe dan tomat yang dikukus bersama siomay tadi, blender sampai halus bersama air dan kacang tanah goreng ( bila terlalu kental bisa ditambah airnya lagi saat merebusnya ).
  2. Tuang dalam panci, tambahkan gula dan garam. 
  3. Rebus dengan api sedang sambil diaduk-aduk agar tidak gosong, sampai mendidih dan kental.
Penyajian :
  • Ambil dan atur beberapa siomay dan tahu diatas piring ( boleh dipotong / utuh )
  • Tambahkan juga potongan kentang rebus dan telur.
  • Siram dengan bumbu, tambahkan kecap manis diatasnya.
  • Terakhir peras jeruk limau diatasnya sedikit saja.
  • Siomay siap di nikmati.
Tips : 
  • Saat mengoreng kacang tanah, sebaiknya dengan api yang kecil dan dengan sedikit minyak. Aduk-aduk terus sampai bunyi meletup-letupnya berhenti ( pertanda kacang sudah matang ), angkat dan tiriskan
  • Penggunaan putih telur pada adonan berguna untuk menguatkan rasa ( resep rahasia dari abang bakso hihi... jadi tidak perlu menggunakan MSG, dan memang terbukti bumbu dan ikannya terasa banget )
  • Sesaat sebelum dihidangkan siram siomay didalam dandang dengan air panas, tujuannya supaya siomay mudah diambil ( tidak lengket ) dan kulit siomay menjadi lebih lembut.

Bagaimana pemirsa, mudah bukan ?, memang penjelasannya banyak tapi bila dilakukan sangat simple dan cepat kok. Coba deh.. hehe 

Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum....



24 komentar:

  1. Ya Allah enak banget sih makkk,,,itu mah ujan2 makan begituan tersa lengkap hidup ini :) pengen juga mamak e :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk yuk mampir ke rumahku mbak Dwi.... ( hihi nama blognya mbak Dwi ya...)
      Ntar aku bikinin deh.... hehe

      Hapus
    2. Saya mau donk dibikinin hiheiheihiee
      1 porsi aja ya. Telur nda dipake. Soalnya nda doyan hihiehiee

      Hapus
    3. Siap pak Asep... dibungkussss tanpa telur... hehehehe

      Hapus
  2. lagi laper begini, liat makanan, jadi penyen nyaplok *eh* hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... silahkan makkkk... tp gambarnya doang... hehe

      Hapus
  3. Wah saya juga nulis soal kuliner Pempek Palembang. Eh ke sini malah ada Siomay juga. Weahahahahaha kita memang FOOD LOVERS sejati. Heiheihee Kulineran memang mengasyikan,. Siomay termasuk yang saya sukai. Hanya saja untuk ITEM dalam siomay saya nda suka ada TELUR nya. Soalnya nda doyan hiheiheiheiheihiee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Telurnya diskip sj pak asep.... tp utk adonan tetap dkasih putih telurnya... kan gak akan terasa yah spt kue2 kan jg ada telurnya.... hehe
      Wah Pempek saya juga suka banget.... apalagi pkai kuah yg pedas... nyummmiiiii....

      Hapus
  4. Pingiiiin biking siomay sendiri mbak... Sayangnya di sini blom ada yg jual kulit siomaynya huhuhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya di pasar tradisional ada mbak... ditempat orang yang jual mie basah..
      Atau klo tidak ya ke supermarket terdekat.... hehe

      Hapus
  5. Uenak mbak. Mau nyoba resepnya aaah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak... semoga sukses yaaa

      Hapus
  6. Saya suka makan siomay juga
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  7. uwaaa,kangen siomay.di siak belum ada yg jual huhuhuhu..makasih resepnya mak^^

    BalasHapus
  8. Maaaaaaaaaakkk minta somaynya doooong, sukaa banget aku mak sama somay, tapi belum pernah sekalipun bikin,,,, next time pengen coba bikin aaaaahhh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk mak Tina... mari sini ke sidoarjo.... hihi...
      Iya mak makanan satu ini memang gak boseni, dan byk yg suka...
      Harus bikin mak.... krn klo beli terus tekor deh... hehe *emak irit...

      Hapus
  9. Cuma sekali2nya sy bikin siomay mak...enak sih bikin sendiri...cuma ga mau repot...Emak males hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... sy jg sekali-kali kok mak... sesuai permintaan suami/ anak sj...

      Hapus
  10. Saya bookmark ya Mbak Ir. Siapa tahu nanti saya pengen buat. Asli ngiler nih. Tapi di sini ikan tenggiri susah Mbak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak... semoga bisa bertemu dengan si ikan hehe...

      Hapus
  11. wah la ini saya jadi enak..terus ajdi laper mbak Iro hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... yuk mari-mari mampir sini... sy siapkan satu porsi... hehe

      Hapus