Sabtu, 22 Maret 2014

Ikan Laut Masak Acar Kuning


Pagi yang cerah ceria, beberapa hari ini Adek perempuan saya menginap di rumah, dan seperti biasa, kalau lagi ada saudara dirumah saya suka masak memasak, hehe....Karena dirumah saya dan suami berdua, paling-paling suami sarapan atau kadang-kadang makan malam dirumah, selebihnya makan diluar. Jadi saya jarang masak yang macam-macam, hanya kesukaan suami saja. Suami tidak suka sayur, tentu masaknya ya paling goreng tempe, tahu, telur, ikan atau ayam pakai sambal, itu saja. Kalau masak yang sayur-sayur ya saya makan sendiri. Gak enak banget kan masak sendiri, makan sendiri. 


Makanya kalau anak pulang dari Pesantren atau ada saudara datang, itu moment yang menyenangkan buat saya untuk memasak, karena pasti laris manis masak apa saja. Seperti hari ini, karena Adek dirumah dan kemarin saya beli ikan laut yang belum sempat saya masak. So saya berpikir mengolahnya dengan bumbu Acar Kuning saja, slurupppp pasti segerrr...Let's go...

Foto ala kadarnya ....pagi-pagi...hihi

Bahan :
  • 1/2 kg Ikan Laut ( semua boleh, Tenggiri, Kakap atau apa saja yang penting Ikan ), bersihkan dan potong sesuai selera.
  • 1 ikat kecil kacang panjang, potong-potong seukuran korek api
  • 1 bh Wortel, kupas potong-potong panjang seukuran korek api
  • 1 bh Mentimun, kupas buang isinya potong sama dengan wortel
  • 1 gengam Cabe rawit, buang tangkainya

Bumbu halus :
  • 4 siung Bawang Merah
  • 3 siung Bawang Putih
  • 4 bh Cabe Rawit ( jika suka )
  • 2 ruas jari Kunyit, kupas
  • 3-4 bj Kemiri
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Bumbu Pelengkap :
  • 2 ruas jari Jahe geprak
  • 2 ruas jari Lengkuas geprak
  • 2 lmbr Daun Jeruk Purut
  • 2 lmbr Daun Salam
  • 1 bh Sereh geprak
  • 4 ptg Asam Kandis ( bila tidak ada bisa diganti belimbing atau cuka )
  • 1 sdt Kaldu bubuk ( bila suka )

Cara memasak :
  1. Goreng ikan laut yang sudah disiangi dan dibersihkan sampai matang, angkat sisihkan
  2. Tumis bumbu halus dan bumbu pelengkap, sampai harum, masukkan wortel, cabe rawit utuh dan kacang panjang, tumis lagi, beri sedikit air, biarkan sebentar sampai sayuran setengah matang.
  3. Tambahkan air kira-kira 1- 2 gelas, masukkan pula mentimun, Asam Kandis, Kaldu bubuk dan Ikan, biarkan sampai mendidih dan bumbu meresap.
  4. Test dulu, bila sudah pas. Angkat dan sajikan.
Asam kandis...

Mudah bukan?...Semoga bermanfaat dan selamat mencoba....

Barrakallahufikum



18 komentar:

  1. hmmm...,mengundang selera banget nih Mbak. Mana lagi saya paling suka ikan laut. Mbak asli mana nih? Jarang di pulau Jawa ini mengenal asam kandis apalagi yang asam potong. Di pasar Bogor sini aja susah nyarinya....Ijin disimpan ya resepnya buat dipraktekkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya asli jawa dr Nganjuk mbak...sy pesan khusus asam kandisnya dr adik sy di Bekasi dan kdg dikirimi ponakan dr Lampung...skrg tgal diSidoarjo yg dkt pantai...jd banyak ikan laut disini...silahkan dipraktekan mak....seger plus nyammiii...

      Hapus
    2. Maaf mak Rebbelina br ngecek bumbu halusnya krg 1 Kemiri,skrg sdh diedit ulang...

      Hapus
  2. sebenernya saya agak alergi ikan laut, tapi kayaknya patut dicoba nih, mak. sayurannya bisa dipadukan dan tampak cantik, :)
    --
    Punten, sekalian mau ngajak ikut Trilogi Giveaway “Action for Pesantren” ya, mak. Klik disini -> http://damai.malhikdua.com/2014/03/20/trilogi-giveaway-action-for-pesantren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba Mak...sekali dayung 2 pulau terlampaui...msk ikan plus sayurnya...hehe...siiip meluncur kesana mak...

      Hapus
  3. Jadi ketemu kuncinya yaak...kalau mengolah ikan laut,harus kaya bumbu. Makasih Mak Irowati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mak Astin...yg penting jgn lupa dg si Jahe....ini kunci satu-satunya agar ikan laut tdk amis...dibakarpun biasanya bumbu kecapnya sy parutin jahe...rasanya jg lbh nikmat...

      Hapus
  4. Wah wah pagi pagi sudah disuguhi hidangan yang khas berselera. Ahayyyyyyyyyyy tau aja kalau saya suka sama Ikan Hiheiheiheihee. Terima kasih atas artikel resepnya ya. Insya Allah kami sekeluarga akan mencobanya. Izin di save dulu informasinya. Salam kami sekeluarga di Pontianak. Kalimantan Barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Pak Asep...senang ni pak asep berkunjung...Salam hangat juga dari Sidoarjo pak,,,

      Hapus
    2. Maaf pak Asep br ngecek bumbu halusnya krg 1 Kemiri,skrg sdh diedit ulang...terimakasih

      Hapus
  5. Kayaknya patut dicoba deeh..hemmm super yummy. Pastinya anak2ku di rumah doyan masakan ikan laut yang bervariasi ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mak Cristanty...mudah banget kok...sy masak gak sp stgh jam sdh selesai...Ikan laut bagus u anak-anak kan...terimakasih sdh mampir....

      Hapus
  6. Pernah nyoba sekali masak kayak gini, anak2 and suami sukaaa...sayang resepnya ngilang. Eeehhh ada postingan ini, suka bangeeet ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak.....memang nyummi bgt ini mbak...terimakasih sdh berkunjung

      Hapus
  7. Waahhh bener banget mak. Paling enak kalau makan ada yg nemanin.. semuanya pasti habis dan pasti enak... nyuummmmm nyuummm nyuumm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyummm nyummm nyumm...iya mak...klo sendirian rasa gmn gt ya...hehe...

      Hapus
  8. hmmmmmm yummmmiiiiiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. yummmiiii pakai banget mak...dicobain bikin mak Icha...

      Hapus