Senin, 24 Maret 2014

Dua Status Sejuta Makna

Tidak setiap hari saya Update status di Fb, hanya kadang-kadang saja pas ada yang ingin diungkapkan, bukan apa-apa , tetapi karena takut status saya tanpa saya sadari bisa menyakiti atau menyinggung orang lain, jadi setiap update saya mencoba berhati-hati...takut juga nanti diminta pertanggungjawaban sama Allah. Jadi seringnya update status yang mempunyai banyak nilai pembelajaran dan makna yang mendalam. Sekalinya update status kadang panjanggggg,...update status apa curhat? Dua- duanya mungkin ya....(dasar emak-emak).....Dua Status Fb saya seperti di bawah ini :  


1. Status tanggal 18 Desember 2013 :


Jika melakukan sesuatu pekerjaan dan menemui kesulitan ataupun masalah, jangan menggerutu, mengumpat, marah ataupun mengeluh terus-menerus...
Karena dengan begitu energi kita akan terkuras lebih banyak lagi...

Menurut penelitian marah dan kesal dapat menguras vit c sebanyak 2.500 mg, , atau sebanyak kandungan vit c dalam 5 buah jeruk...

Dan menggerutu, mengumpat, marah dsb tersebut mempunyai dampak yg sangat buruk bg kesehatan, jantung akan berdetak lbh kencang, tekanan darah akan meningkat, tubuh akan memanas, keringat akan mengucur deras, hati menjadi sakit, kepala menjadi pening dan yg lebih fatal adalah serangan jantung mendadak dan stroke..!!

Maukah anda spt itu, pada akhirnya akan merugikan diri sendiri...
Selain itu marah itu dari syetan ? 

RASULULLAH SAW bersabda: "Marah itu datangnya daripada syaitan dan syaitan itu diciptakan daripada api, sedangkan api itu hanya dipadamkan dengan air. Oleh itu apabila salah seorang di antara kamu marah, maka hendaklah ia berwudhu" (Hadis Riwayat Abu Daud) .

Diriwayatkan pula dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ada seorang lelaki berkata kepada Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam, “Berilah saya nasihat.” Beliau shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan marah.” Lelaki itu terus mengulang-ulang permintaannya dan beliau tetap menjawab, “Jangan marah.” (HR. Bukhari).

Jadi tersenyum dan bersabarlah walaupun beribu masalah mendera, memintalah pertolongan kepada-NYA karena Allahpun menyukai dan bersama sama dg orang yang sabar...
Dalam Surat Al-Baqarah :153 Allah berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.”
Dengan senyuman dan kesabaran, otak akan berfikir lebih positif dan tentu saja akan lebih bisa berpikir dengan tenang sehingga masalahpun akan cepat bisa diselesaikan..
Keep smiling and be patient please...!


Mendapat tanggapan dari beberapa teman dan salah satunya adalah mak Enci Harmonisri shobat blogger dari KEB,  sebagai berikut :
"Setuju.. aku lagi terus belajar mengekspresikan marah dengan benar mak..."

Status itu saya buat ketika menjumpai seorang kerabat yang setiap hari mengeluh dan marah bila ujian atau kesulitan hidup menimpannya, saya menulis dan menjabarkannya sehati-hati mungkin agar apabila dia membacanya tidak terlihat saya menasehati, mengurui atau menyindirnya. Yang pada dasarnya saya memang tidak menyindirnya hanya berusaha mengingatkan. Dan alhamdulillah dia tidak tersinggung dan merasa disindir.

Sedangkan dari komentar mak Enci Harmonisri, bahwa beliau setuju dan masih selalu terus belajar mengekspresikan marah dengan benar, karena pada status saya, kita membicarakan tentang kemarahan, dari sini kita tahu setiap orang masih dan harus terus belajar dalam mengekpresikan kemarahan dengan benar, agar kedepannya bisa mengendalikan diri dengan baik. 
Karena kemarahan bila sudah menerpa kita, terkadang kita akan lupa mana yang benar dan mana yang salah, jadi mengendalikan diri terhadap kemarahan adalah sangat penting. Agar kita tidak menyesal dikemudian hari setelah melihat akibat dari kemarahan kita.
Singkatnya Kemarahan itu bisa menimbulkan :

  • Kelelahan jiwa dan raga
  • Penyesalan yang mendalam dari akibat kemarahannya sebagai contoh, marah piring dilempar-lempar, pecah...pasti deh menyesal, duh gak punya piring lagi nih...
  • Dosa, karena marah dari Syetan yang mengajak keburukan, bisa menyakiti orang disekitarnya...kalau cuma dapat omelan kemarahan, kalau kena piring terbang...mak gedebug...pingsan kan...
  • Terkena penyakit darah tinggi, atau stroke...yah kalau stroke ringan kalau sampai lumpuh dan gak bisa ngapain-ngapain, yang rugi siapa?....kalau sampai kena serangan jantung...yah yah yah...ambulance datang pastinya. Naudzubillah min dzalik...
  • Bila marah itu datang, cepat-cepatlah beristiqfar, bila berdiri, duduklah, bila duduk masih marah maka berwudhulah dan meminta pertolongan kepada Sang Pencipta. Karena Dia-lah sebaik-baik penolong.

2.  Status tanggal 01 Januari 2014 :

Piro yo duit sing wis diobong mau bengi gae kembang api?....hemm nek diklumpukne duite, ditukoke beras ge fakir miskin wis oleh pirang ton yo...mubadzir banget duit cuma digae koyo ngunu..,padahal jre sambatan jaman susah tapi yo iso tuku.... wingi karo saiki ora bedo jumlah jame opo detike....kudune direnungi wingi kesalahane opo, mben kudu pie kanggo iso luwih apik maneh...wis melekan sampek bengi...iling subuhan gak yo?, lewat perumahan lampu teras yo isik akeh sing nyala...iki mau nang pasar wae yo sepi mampring, sing dodol karo sing tuku cuma siji loro...Masyallah...Astaqfirllah...

Dalam bahasa Indonesia seperti ini :

Berapa uang yang sudah dibakar tadi malam untuk kembang api ?...hemm kalau dikumpulkan uangnya, bisa dibelikan beras untuk fakir miskin, dapat berapa ton ya...Mubadzir sekali, uang cuma untuk hal begitu..., padahal katanya jaman susah tapi ya bisa beli...kemarin dengan hari ini hanya beda jam atau detiknya saja...harusnya direnungi kemarin kesalahannya apa, nanti harus bagaimana supaya bisa lebih baik lagi...sudah begadang sampai malam...ingat sholat shubuh gak ya?...lewat perumahan lampu teras banyak yang masih nyala...tadi kepasar saja sepi sekali, yang jualan dan yang beli hanya satu dua...

Status saya ditanggapi seorang sahabat saya yang ada di Semarang, mbak Lista Tisna...
" Akeh sing mikir donya thok. jerene urip pisan lek ga digawe seneng-seneng mengko gak komanan, lali lek neng donya mung mampir ngombe, tujuan utamane dilalekne."
Dalam Bahasa Indonesia : Banyak yang berpikir harta saja, katanya hidup cuma sekali kalau gak dipakai senang-senang nanti gak kebagian, lupa kalau hidup di dunia hanya mampir minum, tujuannya dilupakan.

Status itu saya buat ketika pagi di awal tahun baru, karena semalaman kembang api tiada henti sampai jam 02.00 WIB, dimana-mana kembang api, saya merasa sangat miris, begitu banyak uang yang terbuang sia-sia, mubadzir hanya untuk kesenangan sesaat. Padahal banyak disekitar kita yang hari ini bisa makan, besok entah masih ada beras atau tidak di Dapurnya.  Pagi itupun lampu-lampu teras dan jalan di Perumahan banyak yang masih nyala. Saya bertanya dalam hati, tadi pagi mereka sholat shubuh gak ya....yah mudah-mudahan tidak lupa.

Mbak Lita Tisna sahabatku yang cantik ini memberikan komentar yang berisi pesan sekaligus, penjelasan bahwa banyak orang hidup didunia ini yang dipikirkan hanya dunia / harta. Hingga dia lupa hakekad manusia diciptakan itu untuk apa. Manusia diciptakan untuk beribadah sebanyak-banyaknya atas nama Allah untuk bekalnya dikelak kemudian hari di kehidupan yang abadi yang namanya kampung akherat, bukan sebaliknya didunia mengumpulkan harta padahal didunia ini hidup tidak abadi, diibaratkan seperti pengembara yang mampir untuk mengambil minuman jadi bisa dibayangkan sedikitnya waktu didunia itu kan?. Dan minuman itu diibaratkan bekal yang harus dibawa untuk perjalanan selanjutnya. Dimana minuman inilah amal perbuatan manusia. Jika perbekalan kita cukup insyaallah perjalanan selanjutnya akan mudah dan selamat...
Untuk kedepannya bila berjumpa tahun baru lagi...Insyaallah...hendaknya kita :

  • Menyisihkan uang kembang api untuk infaq saudara-saudara kita yang tidak mampu, atau uangnya bisa digunakan makan-makan bersama mereka. Hemmm ramai-ramai enak kan...perut kenyang hati bahagia...perpahala pula...Mak Joss kalau kata Pak Dhe-ku Cholik...hihi..
  • Instropeksi diri, setahun yang lalu kita sudah berbuat apa saja, bikin daftar kebaikan dan keburukan yang telah kita buat, yang buruk-buruk dicoba dibuang dan ditinggalkan kalau perlu hapus dalam hidup kita selamanya dan kejar ketinggalan kita. Yang baik-baik tingkatkan agar lebih baik lagi.
  • Jangan begadang sampai larut malam, ntar lupa sholat shubuh ya...seperlunya saja. Seperti kata Bang Haji Rhoma Irama itu lho...."Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya...begadang boleh sajaaaa asal ada perlunya..." Ada perlunya itu mungkin waktunya ronda malam, sholat malam atau pas dapat kerja shift malam...Jadi jangan begadang kalau gak ada manfaatnya...kata bang Haji lagi...Terrrrlalu..!

Begitulah dua status Fb-ku yang sepertinya hanya dua, tapi kan maknanya banyakkk...(menurutku...hehe)...kan bisa sampai ke masalah kesehatan bahkan sampai bang Haji Rhoma Irama...( menguatkan argumentasi.. hehe...)....Wallahu 'alam bishawab.



26 komentar:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera didaftar
    Keep blogging
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama PakDhe....Salam hangat pula dari Sidoarjo...

      Hapus
  2. yg bahasa Jawa kurang paham mbak, ehehehe...tapi pesannya tersampaikan sih, emm...kita semua memang hrs belajar terus apalgi mengontrol status yg bikin orang ternyata ga suka alias "ganggu" :) makasih ilmunya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada terjemahannya kan Mak Dame...hehe...Sama2 mak...terimakasih sdh berkunjung..

      Hapus
  3. hehe, jarang update status tetapi sekalinya update panjaaang bener mbak.. eh tapi gpp yang penting kan kaya makna.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...hihi...jd malu...jarang update sekali update di rapel...terimakasih sdh mampir mbak...

      Hapus
  4. Waks, ini sih bukan status tp postingan, h-haa... tp isinya bener semua kok.

    tp kl di wall saya nulisnya pendek2 doang, drpd mubazir... sbb biasanya org males kl baca yg panjang2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul jg ya mas Pri...hehe...sdh spt postingan....biasanya sih kalau memang isinya bermanfaat dan bagus...insyaallah dibaca mas...saya salah satu yg suka status yg bermanfaat walaupun panjangggg...(menghibur diri)

      Hapus
  5. Benar Mak .. indahnya Islam, mengatur hal ini ... bagaimana mengendalikan diri
    Sukses GAnya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mak Niar...makanya kita harus menyampaikan sedikit2 ttg indahnya Islam ini...walaupun cm lwt status...Terimakasih mak Niar...

      Hapus
  6. Iya tuh yg suka pesta kembang api, duitnya kayak gak ada nomor serialnya ya hihihiii... Terima kasih sudah diingatkan Mak Irowati :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mak Uniek....hihihi...benar ya spt gak ada nomor serinya...dibakar-bakar tanpa penyesalan...terimakasih sdh berkunjung...

      Hapus
  7. betul mak.. emosi hanya membuat hati kita terbakar panas. Kita harus bisa bagaimana mengelola emosi dgn baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak...apalagi kita sbg emak-emak gni, kalau pagi pasti rempong...si adek minta susu...si kakak minta dimandiin...si bapak minta kopinya...simasakan di dapur gosongg...wehhh...hihi...jd hrs belajar mengelola emosi dg baik...(kok curhat...)

      Hapus
  8. semoga sukses dengan give awanya sobat

    BalasHapus
  9. Weeiissss,,, sukses mak GAnya,,,, Iya mak, emang harus hati2 ya kalau bikin status,,, duuuhh saya suka banget kroscek status2 lama hahah,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. weeisss...terimakasih mak Tina...kenapa gak ikutan mak...hihi...sy ikutan ni pingin ngasah kemampuan menulis mak....hihi...tp sok PD aja...pdhl msh minimmm bgt...

      Hapus
  10. status memang bisa jadi ladang amal, ya, mbak ...
    sukses dengan GA nya, yaaa
    semoga mbak jadi salah satu pemenangnya
    aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak betul banget...terimakasih...amiiinn

      Hapus
  11. selamat berpartisipasi, eh itu status panjang banget kayak postingan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...status plus berbagi ilmu mas...satu kali dayung 2 pulau terlampoi..

      Hapus
  12. menginspirasi banget statusnya, apalagi status pertama...suka, soalnya saya sering marah2 gak jelas, ternyata udah ngabisin lima jeruk, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...kalau sering marah2, yg laris pedagang jeruk ya...hehe...

      Hapus
  13. Mak Irowati status FB nya panjang, udah kaya postingan blog :) hehe..
    Sukses mak GA nyaa.. Status FBnya inspiratif mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...iya mak Arifah...byk yg bilang bgt...hehe...sekalian berbagi Ilmu...Terimakasih mak...

      Hapus