Rabu, 06 November 2013

Es Buah Cooktail

Panas - panas gini palaing enak minum yang dingin dan seger - seger ya...

Hemmm gimana kalo Es Buah Cooktail ?....selain  segar juga berserat, baik untuk pencernaan dan kesehatan khan..


buatanku hari ini tanpa agar-agar...slurupppp segerrr...
Yuk langsung di pratekin ya...

Bahan :

  • 1 Buah Pepaya mengkal ukuran kecil
  • 1 Buah Nanas ukuran besar
  • 1 Kg Rambutan ( bila tidak ada bisa diganti dg Buah Lechy Kaleng ) bila di skip pakailah pepaya uk.besar
  • 1 Bks Agar - agar warna Merah / Kuning
  • 1 Bks Agar - agar warna Hijau
  • 1/2 ltr Nata decoco ( kemasan )
  • 1 gelas kolang kaling 
  • 1- 1 1/2 kg Gula putih (sesuai selera )
  • 2-3 sdm Telasih rendam dalam dalam air
  • 4 sdm  Kapur sirih
  • 1- 2 sdm Citric acid / Sitrun / Garam asam (keasaman sesuai selera ) 

Bila tidak suka memakai citrid acid bisa diganti dengan air perasan jeruk nipis sebanyak 3 - 4 buah.

Cara Membuat :
  1. Kupas semua buah pepaya dan nanas,bersihkan, potong dadu kecil semuanya, masukkan ke dalam baskom beri air sampai terendam, masukkan 2 sdm kapur sirih, aduk rata...biarkan sampai 1-1 1/2 jam, kemudian cuci sampai benar - benar bersih.
  2. Kupas rambutan buang isinya dengan bantuan pisau yang runcing ujungnya ( jadi buah masih kelihatan utuh pdhl bijinya sdh dibuang ). rendam seperti  cara no.1
  3. Masak air kurang lebih 3 - 4 liter sampai mendidih, masukkan gula sampai mendidih lagi terakhir masukkan buah Nanas, pepaya, rambutan dan kolang kaling. sampai airnya mendidih lagi, matikan kompor, masukkan 1-2 sdm citric acid ( keasaman sesuai selera ), tutup panci, biarkan sampai dingin.
  4. Masak agar - agar merah sendiri, kuning sendiri, dinginkan dan potong dadu kecil
  5. Bila Campuran air dan buah tadi sudah benar - benar dingin masukkan agar-agar, nata de coco dan telasih...aduk rata.. 
  6. Siap disajikan dengan es batu...atau bisa juga disimpan dalam kulkas sampai dingin baru dinikmati.
Note :

  • 1 Resep adalah porsi besar, jadi cukup untuk satu keluarga besar atau untuk berjualan....
  • Jika anda menginginkan porsi kecil tinggal menguranginya menjadi setengah atau seperempatnya saja...


Selamat mencoba...

Semoga bermanfaat...

Barrakallahufikum....

12 komentar:

  1. Balasan
    1. mak nyesss pula ya mak...hehe...thank you...

      Hapus
  2. segerrr ya mak.. selama ini kalo di rumah, saya bikinnya sop buah mak.. yg praktis, hihi *emak2 malas*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sop buah memang praktis....cm beda tipis mak...klo cooktail yg dimasak gni klo dikulkas bs tahan lama...trims...

      Hapus
  3. Slurup, seger...cocok nih di sini lagi panas banget..minum yang seger dan dingin paling jos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiip....trimakasih sdh mampir menikmati es cooktail ( hihi...cm resepx sj)...

      Hapus
  4. biar gak bau kapur gmana mak...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn kelamaan merendamnya ckp 1- 1,5jam sj...dan dicuci berkali2 sp bener2 bersih...trims sdh mampir

      Hapus
  5. Mantappp.... Dari dulu hingga kini coktail ini tetap juara bagiku...segerrr...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbak Rita...disegala suasana dan cuaca tetap mantaffff....

      Hapus