Rabu, 30 Oktober 2013

Teman yang baik ????

.
Teman...kata yang sudah biasa kita dengar..
Teman…sapaan yang biasa tapi sangat bermakna…
Dalam hidup tidak bisa dipungkiri kalau kita membutuhkan teman…

Tulisan ini aku buat juga karena teman, aku menulis blog juga karena teman, aku menyukai menulis juga karena teman….

Suatu ketika seorang teman menelponku dari jauh…Dia berkata aku sudah membuatnya menangis mengharu biru….nah lo…kenapa ???
Berlanjut cerita karena dia membaca blog ini…pasalnya banyak isinya yang menyentuh hatinya ( KENA DECH ) hihihi…

Maafin aku teman bukan aku ingin membuatmu termehek – mehek….kebetulan saja pengalamanku bersama dirimu menjadi bahan inspirasiku…
Tetapi dari situ aku berharap dia mengerti apa yang aku tulis…
Aku berharap yang membaca tulisanku mengambil manfaatnya…

Bergabung dengan KEB pun juga menjalin pertemanan…
Dari sini aku melihat betapa teman – teman sesama blogger walaupun rata-rata mereka ibu- ibu tapi pandai menulis…
Membuat aku terpacu untuk belajar menulis dari mereka…teman – teman nge-blogger…

Berteman juga tidak boleh sembarangan…
Dalam hadistpun disebutkan :
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang peran dan dampak seorang teman, sabda beliau : “ Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi, penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR.Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Dan juga hadist berikut :
“ Agama seseorang sesuai dengan agama teman dekatnya (baik buruk iman temannya ), hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya ( HR. Abu Daud dan Tirmidzi )

Di sini kita diperintahkan untuk mencari teman yang baik dan menjauhi teman yang buruk…
Kebanyakan apabila teman kita berbuat buruk dan terkadang karena tidak bisa menolak ajakan teman, akirnya kita ikut melakukannya juga…
Atau terkadang saat kita berteman dengan teman yang buruk, kalau kita berbuat salah sedikit saja pasti orang berkata “ lha dia temannya si…”
Bukan berarti orang yang buruk peranggainya kalau ingin berteman dengan kita, kemudian kita tolak, bukan…tetapi tidak menjadikan mereka teman dekat kita….ya waspada gitu sis…

Memang sudah seharusnya kita selektif mencari teman….
Dalam artian teman yang baik budi pekertinya, teman yang bisa membuat kita lebih baik, teman yang selalu memberi semangat kita, selalu berada disisi kita dalam keadaan apapun.

Teman yang baik tidak hanya selalu memuji kita, tetapi teman yang baik adalah teman yang selalu mengkritik  kita tatkala kita salah, mengingatkan kita tatkala kita teledor/lalai…
So jangan menganggap teman seperti itu tidak mendukung atau mensupport kita ya…
Itu semua dia lakukan agar kita lebih baik…

Setua gini masih salah berteman ?...wow jangan salah…banyak lo diluar sana dah umur dah punya mantupun salah bergaul…jadi melenceng….nah khan…

Ini berlaku juga untuk anak – anak kita, carikan teman yang baik untuk mereka agar mereka tidak salah berteman….
Karena survey membuktikan tingkah laku  anak 50% lebih  tergantung dari lingkungan luar…
Lingkungan luar ?? ya pasti pergaulan…

Jadi reader semua sudahkah anda selektif dalam berteman dan memilihkan teman untuk anak anda ??

Barrakallahufikum…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar